IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK YOGYAKARTA SERTA PENINGKATAN PELAYANAN PENDIDIKAN

-

  • Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh

Abstract

 

Abstrak

Penelitian ini difokuskan di SMP Muhammadiyah 1 Depok, ketika tahun 2009 SMP ini mengalami keterpurukan. Jika sekolah tidak mampu menerima anak-anak lebih dari 10 siswa maka SMP ini terancam akan ditutup. Faktor keterpurukan SMP ini disebabkan oleh marketing yang gagal dan pelayanan jasa pendidikan yang menurun. Dengan menerapkan implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan, SMP Muhammadiyah 1 Depok ini mampu bangkit dari keterpurukan. Sehingga konsumen, orang tua, dan masyarakat kembali yakin dan percaya untuk menyekolahkan anaknya di SMP ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan pelayanan pendidikan SMP Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan teori strategi pemasaran jasa pendidikan. Data dikumpulkan melalui: (1) observasi, (2) dokumentasi, dan (3) wawancara mendalam kepada kepala sekolah, waka humas, waka kesiswaan, orang tua siswa dan siswa. Teknik validasi dan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan pelayanan pendidikan SMP Muhammadiyah 1 Depok yaitu: (1) melakukan strategi pemilihan pasar dengan melakukan segmentasi pasar, targeting dan positioning. (2) menetapkan marketing mix dengan cara menerapkan produk-produk yang berkualitas dari SMP ini, menonjolkan letak geografisnya yang cukup strategis, menerapkan harga yang bersaing, dan juga melakukan langkah-langkah promosi serta langkah-langkah lainnya.

Kata Kunci: Implementasi Strategi Pemasaran, Pelayanan Pendidikan, Marketing mix.

Abstract

This research focused on SMP 1 Muhammadiyah Depok Sleman Yogyakarta, in 2009 this junior high school experienced adversity. If the school was unable to receive more than 10 students, this school would be closed. This SMP downturn is caused by failed marketing and declined educational services. By applied implementation the marketing strategy of educational services, SMP 1 Muhammadiyah Depok able to rise from adversity. So that consumers, parents and the community would trust and believe in sending their children to this junior high school. This study was aimed at determining the implementation of educational services marketing strategies in improving educational services in SMP 1 Muhammadiyah Depok Yogyakarta. This research was a qualitative research used the marketing strategy theory approach to educational services. Data were collected through: (1) observation, (2) documentation, and (3) in-depth interviews with principals, public relations staff, student affairs, parents of students, and students. Data validation and validity techniques were undertaken by using source triangulation and technical triangulation. The results of the study indicated the implementation of marketing services marketing strategies in improving education services in SMP 1 Muhammadiyah Depok, namely: (1) implementing market selection strategies by segmenting the market, targeting and positioning. (2) establishing the marketing mix by applying quality products from this junior high school, highlighting its geographical location that is quite strategic, applying competitive prices, and also taking promotional steps and other steps.

Keywords: Marketing Strategy Implementation, Educational Services, Marketing mix.

Published
2021-08-04
Section
Articles