MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN
Abstract
Sarana dan prasarana pendidikan merupakan sumber daya penting dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Pemenuhan dan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai perlu ditopang dengan manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang tepat. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan library research. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai literatur yang bersumber dari buku, artikel atau jurnal, dan hasil penelitian terdahulu. Sarana dan prasana pendidikan dibutuhkan untuk mendukung proses belajar mengajar secara langsung maupun tidak langsung. Kegiatan-kegiatan dalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan meliputi; perencanaan, pengadaan, penyaluran, penyimpanan, penginventarisasian, pendayagunaan, pemeliharaan, dan penghapusan. Peran pemerintah daerah, masyarakat dan stakeholders sangat diharapkan pada era desentraslisasi dan otonomi pendidikan untuk memenuhi sarana dan prasarana pendidikan yang memadai baik pada sekolah yang berstatus negeri maupun swasta, khususnya di daerah-daerah terdepan, terluar dan tertinggal
References
AlHaq, A. B. S., Martha, A., & Fitria, H. (2021). Analysis of Facilities And Infrastructure Management In Supporting Student Learning Outcomes At SMPN 1 Mesuji Ogan Komering Ilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4977–4981.
Aristo, T. J. V. (2019). Analisis permasalahan pemerataan pendidikan di Kabupaten Sintang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 25–34.
Asmanto, P., Suprihardjo, R., & Satiawan, P. R. (2017). Ermasalahan Optimalisasi Spasial Pada Pelayanan Fasilitas Pendiikan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Kabupaten Mojokerto. Jurnal Penataan Ruang, 4(1).
Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen pembiayaan pendidikan, fasilitas pembelajaran, dan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2).
Bafadal, I. (2014). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Damanik, J. (2015). Upaya dan Strategi Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 8(3), 151–160.
Dewi, C., Windoro, D., & Pura, D. N. (2021). Management of Physical Education Facilities and Infrastructure. Journal of Education Technology, 5(2), 291–297.
Hasnadi, H. (2021). The Importance of Supervision Implementation in Educational Institution. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 1–10. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/1294
Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(1), 63–70.
Ma’arif, S. (2013). Manajeman Lembaga Pendidikan Islam. Surabaya: Mitra Media Nusantara.
Marmoah, S., Adela, D., & Fauziah, M. (2019). Implementation Of Facilities And Infrastructure Management In Public Elementary Schools. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 102–134.
Marzuqi, A., & Julaiha, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengelola Sarana dan Prasarana Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 2(1), 45.
Matin, F. N. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Megasari, R. (2020). Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636–648.
Miski, R. (2017). Pengaruh Sarana dan Prasarana terhadap Hasil Belajar Siswa. Tadbir Muwahhid, 4(2).
Muslimin, E., Fajrussalam, H., Syah, M., & Erihadiana, M. (2021). The Implementation of Educational Facilities and Infrastructure Management in Supporting Learning Process during Pandemic Covid-19 (Study at SMA Plus As-Salaam Bandung). Bulletin of Science Education, 1(2), 116–123.
Muslimin, T. A., & Kartiko, A. (2020). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 75–87.
Nurbaiti, N. (2015). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Manajer Pendidikan, 9(4).
Pasaribu, I. M., Gultom, A., & Pasaribu, N. M. (2020). School Facilities and Infrastructure Management System to Comply the National Standar for Education. The 5th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2020), 447–453.
Safitri, S., Mulyati, S., Wahyudi, W., Maftuhah, M., & Zahruddin, Z. (2021). Madrasah Infrastructure Management Before Face-To-Face Learning In The Pandemic. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 40–51.
Sholihah, N. K. (2019). Management of Education Facilities and Infrastructure. 3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019), 183–186.
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 77–92.
Siswanto, E., & Hidayati, D. (2020). Management Indicators of Good Infrastructure Facilities to Improve School Quality. International Journal on Education, Management and Innovation (IJEMI), 1(1).
Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1).
Tersiana, I. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Starup.
Vito, B., & Krisnani, H. (2015). Kesenjangan pendidikan desa dan kota. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Ya’cub, M., & Ga’a, D. S. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 60–69.
Zakiyawati, S. W., & Trihantoyo, S. (2021). Urgensi Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Universitas, 5, 73.