PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 1 IDI MATERI PERILAKU TERPUJI

PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 1 IDI MATERI PERILAKU TERPUJI

  • SMP NEGERI 1 SIMPANG ULIM
Keywords: Model kooperatif jigsaw, perilaku terpuji, motivasi dan hasil belajar

Abstract

Penelitian dilakukan adalah untuk memperbaiki pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Idi pada materi zuhud dan tawakal, dengan tujuan: (1) melakukan perbaikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan (3) menumbuhkan respon positif siswa terhadap strategi kooperatif Jigsaw. Subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Idi. Tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus satu kali pertemuan, dan beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pembelajaran didesain dengan penerapan strategi kooperatif Jigsaw. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan wawancara bebas mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada kondisi awal menunjukkan 60% tuntas dan 40% tidak tuntas. siklus I motivasi kategori baik 83,3%, hasil belajar 80%, aktivitas siswa rata-rata baik yaitu 3,88% sedangkan aktivitas guru yaitu 68,6%. Hipotesis penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam materi zuhud dan tawakal di kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Idi. siklus II menunjukkan hasil motivasi siswa 96,7%, hasil belajar 96,7%, aktivitas siswa rata-rata 4,3%, respon siswa yang menyatakan sangat setuju sebesar 82,2%. Peningkatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran dari 68,8% menjadi 88,6%, naik sekitar 19,8%. Berdasarkan hasil yang dicapai pada siklus II, maka hipotesis diterima dan pembelajaran dengan penerapan strategi kooperatif Jigsaw, efektif untuk materi zuhud dan tawakal.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet ke 9, Jakarta: Balai Pustaka, 1997
Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, cet ke III, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar: Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, cet 2, Bandung: PT. Refika Aditama, 2007
Ibrahim, M. et, al, Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press, 2000
Mujib, Abdul, Kepribadian Dalam Psikologi Islam, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2007
Nasution, S, Didaktik Azas-Azas Mengajar, Bandung: Jermnas, 1989
Rusman, Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesional Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010
Sudjana, Nana, Model-Model Mengajar CBSA, Bandung: Sinar baru, 1991
Tabrani, Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994
Published
2021-08-04
Section
Articles