PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI LANDASAN SPIRITUALISTIK
Abstract
Di era millenium sekarang ini, masa dimana globalisai tidak bisa dibendung lagi, perkembangan zaman terus memuncak atau bisa dikatakan sebagai masa peralihan, itulah yang harus diterima, membekali peserta didik dengan strategi atau siyasah apa saja yang harus dipilih untuk kebaikan dan kepantingan bersama. Di zaman modern yang serba canggih ini, serta bisa di qiyaskan bahwa banyak tipe lembaga pendidikan formal yang tidak beres, realitas pada saat ini banyak di temukan di kota-kota besar atau metropolitan. Dalam bidang keilmuan non religi serta spiritualnya bisa dikatakan unggul, akan tetapi nilai-nilai spiritual yang ada belum mencerminkan, sebagai seorang muslim. Makhluk ciptaan Tuhan yang sempurna yang berketerampilan cerdik serta lincah dan pandai. Dan oleh karena itu semua orang bisa dilatih melalui lembaga pendidikan. Pendidikan Islam dalam garis besarnya mengajarkan setiap manusia dan umat Islam khusunya untuk mencapai suatu target dan mewujudkan sebuah tujuan yang sesungguhnya yaitu untuk selalu taat dan patuh kepada Allah SWT. Sifat membangkang, sombong dan lainnnya adalah salah satunya sifat dan karakter manusia yang tidak memiliki dan dilandasi pondasi pendidikan Islami. Allah memberikan potensi fitrah kepada manusia sejak ia lahir kedunia dan perlu ada bimbingan dan pendidikan yang dibebankan kepada kedua orang tua sebagai guru atau pendidik awal anaknya.
References
Abuddin Nata, Studi Islam Komprehensif, Cettakan ke-1, (PRENADA MEDIA GROUP, Jakarta, 2011)
Abdul Munir M, Nalar Spiritual Pendidikan Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2012)
Abû al-Qâsim ‘Abd al-Karîm Ibn Hawâzin al-Qusyairî, al-Risâlah al-Qusyairiyah fî ‘Ilm al- Tashawwuf (Jakarta: Dâr al-Kutub al-Islâmiyah, 2011)
Abdurrahman An Nahlawi, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah, dan di Masyarakat, (Bandung:Diponegoro, 2014)
Abû Abdillâh Muhammad Ibn Ismâ‘îl al-Bukhârî, al-Jâmi‘ al-Shahîh, Juz I (Kairo: Maktabah al-Salafiyah, 1400 H)
Ajang Kusmana, Landasan Profetik Pendidikan Islam, Suara Muhammadyah, No. 08, 16-30 April, 2008
Abû Abdillâh Muhammad Ibn Yazîd al-Qazwînî Ibn Mâjah, Sunan Ibn Mâjah (Riyadh: Maktabah al-Ma‘ârif, t.t.)
Ahmad Rivauzi, Pendidikan Berbasis Spiritual (Yogyakarta : Bigraf Publising, 2017)
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Prespektif Islam (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016)
Alî ‘Abd al-Halîm Mahmûd, al-Tarbiyah al-Rûhiyah (Kairo: Dâr al-Tauzî‘ wa al-Nasyr al-Islâmiyyah, 1995)
Ayatullah Husayn Tabataba’i, Ayatullah Rohullah Khomeini dan Murthadha Mutahhari, Perjalanan Ruhani Para Kekasih Allah, terj. M. Khoirul Anam (Depok: Inisiasi Press, 2005)
Azhari Aziz Samudra, Eksistensi Rohani Manusia,( Jakarta: yayasan Majelis Taklim HDH, 2004)
Azyumardi Azra, Esai-Esai Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998)
Charles H. Zastrow, The Practice Work, (t.t: an International Thompson Publishing Company, Whiter Water, 1999)
Dean Hamer, Gen Tuhan: Iman Sudah Tertanam dalam Gen Kita, terj. T. Hermaya (Jakarta: Gramedia, 2006)
Donald B. Calne, Batas Nalar: Rasionalitas dan Perilaku Manusia, terj. Parakitri T. Simbolon (Jakarta: KPG, 2004)
Hasyim Syah Nasution, Filsafat Islam (Jakarta : Gaya Media Pratama, 2018)
J.Darminta,SJ, Praktis Pendidikan Rohani,(Yogyakarta: Penerbit Kanisius 2006)
Komaruddin Hidayat, Psikologi Kematian: Mengubah Ketakutan Menjadi Optimisme (Jakarta: Penerbit Hikmah, 2006)
Ma‘rûf Zarîq dan ‘Alî ‘Abd al-Hamîd (ed.) dalam Abû al-Qâsim ‘Abd al-Karîm Ibn Hawâzin al-Qusyairî, al-Risâlah al-Qusyairiyah fî ‘Ilm al-Tashawwuf (t.t.p.: Dâr al-Khair, t.t.)
Mimi Doe dan Marsha Walch, 10 Prinsip Spritual Parenting: Bagaimana Menumbuhkan dan Merawat Sukma Anak-anak Anda, (Bandung: Kaifa, 2001)
Muhammad Quthb, Manhaj al-Tarbiyah al-Islâmiyyah (Mesir: Dâr al-Syurûq, 1993)
Mulyadhi Kartanegara, Menyelami Lubuk Tasawuf (Jakarta: Erlangga, 2006)
Nata, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2010)
Nurcholish Madjid, Islam Doktrin dan Peradaban (Jakarta: Paramadina, 2000)
Nurla Isna Ainullah, Panduan Menerapkan Pendidikan, (Yogyakarta: Laksana, 2011)
Qodri Azizy, Pendidikan (Agama) untuk Membangun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Masa Depan: Pandai dan Bermanfaat), (Semarang: Aneka Ilmu, 2003)
Quraish Shihab, Membumikan Al-Quran, Fungsi dan Peran Wahyu dalamm Kehidupan Masyarakat, Cet. Ke-III, (PT. Mizan Pustaka, Bandung: 2009)
Sa‘îd Hawwâ, Tarbiyatunâ al-Rûhiyah (Beirut: Dâr ‘Ammâr, 1989)
Said Hawa, Jalan Ruhaniah, alih bahasa: Khairul Rafi’e M dan Ibnu Tha Ali, (Bandung: Mizan, 1995)
------------, Pendidikan Spiritual (Bandung: Refilika Aditama, 2016)
Sukidi, Rahasia Sukses Hidup Bahagia: Kecerdasan Spiritual (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004)
Said Aqil Siroj, Tasawuf Sebagai Kritik Sosial: Mengedepankan Islam sebagai Inspirasi, Bukan Aspirasi (Jakarta: Yayasan KHAS, 2009)
Toto Tasmara, Keceerdasan Ruhaniya (Transendental Intellegence) Membentuk Kepribadian yang Bertanggung Jawab, Profesional, dan Berakhlak (Jakarta : Bina Insani Press,2016)
Yahya Jaya, Spiritualitas Islam: dalam menumbuhkembangkan kepribadian dan Kesehatan mental,(Jakarta:Ruhama,2014)
Copyright (c) 2025 BIDAYAH: STUDI ILMU-ILMU KEISLAMAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.