HAKIKAT PENGEMBANGAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ( MANAGEMENT DEVELOPMENT OF ISLAMIC EDUCATION )

  • Aini Safitri STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
Keywords: Manajemen, Pendidikan Islam, Kepemimpinan

Abstract

Hakikat pengembangan manajemen pendidikan Islam menjadi fokus utama dalam memastikan bahwa pendidikan Islam tidak hanya relevan dengan kebutuhan kontemporer, tetapi juga tetap setia pada nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang mendasarinya. Penulis melakukan penelitian kualitatif yang termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan. Berbagai sumber yang berkaitan dengan hakikat perkembangan manajemen pendidikan Islam, antara lain buku, jurnal, artikel, majalah, dan literatur terkait lainnya digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang terkumpul kemudian diperiksa dan dilakukan analisis metode deskriptif kualitatif, khususnya model interaktif Miles dan Huberman (1994), yang melibatkan pengumpulan, menghubungkan, mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan/verifikasi dari data. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengertian Manajemen Pendidikan Islam, hakikat pengembangan Manajemen Pendidikan Islam, kepemimpinan dalam pengembangan Manajemen Pendidikan Islam, dan pendidikan Islam dalam konteks pendidikan nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen adalah serangkaian aktivitas terstruktur yang bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan berbagai elemen penting yang ada dalam sebuah organisasi atau lembaga guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan, manajemen pendidikan Islam sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas proses pembelajaran, pengelolaan sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia pada lembaga pendidikan Islam. Masih banyak lembaga pendidikan Islam yang belum memahami konsep dan praktik manajemen pendidikan Islam secara menyeluruh. Pengembangan manajemen pendidikan Islam secara holistik mengacu pada pendekatan komprehensif yang mempertimbangkan semua aspek yang terkait dengan pendidikan Islam, baik dari segi spiritual, intelektual, sosial, maupun fisik. Pemimpin dalam pendidikan Islam adalah teladan bagi seluruh komunitas pendidikan, baik siswa maupun staf, dalam menjalankan tugas-tugas mereka sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Pendidikan Islam dalam konteks pendidikan nasional merupakan bagian integral dari sistem pendidikan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam serta mengintegrasikannya dengan nilai-nilai universal yang diakui dalam konteks nasional.

References

Achmad Harristhana Mauldfi Sastraatmadja, dkk. 2023. Manajemen Pendidikan Islam. Banten: Penerbit PT Sada Kurnia Pustaka.
Ahmad Fauzi, 2016. Model Manajemen Pendidikan Islam: Telaah atas Pemikiran dan Tindakan Sosial. https://ejournal.unzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/179
Candra Wijaya, 2021. Kapita Selekta Manajemen Pendidikan.Isu-Isu Strategik Manajemen Pendidikan. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.
Candra Wijaya, dkk. 2023.Manajemen Pendidikan Karakter. Medan: Umsu Press
George, R. Terry, dan Leslie W Rul. 1999. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Husein Umar. 2003. Business And Introduction. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Ibnu Sholeh. 2023. Manajemen Pendidikan Islam. Indramayu: Penerbit Adab Cv. Adanu Abimarta.
Marno dan Triyo Supriyatno “Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam” (Bandung: PT Refika Aditama, 2008)
Mesiono, Mursal Aziz, Manajemen Dalam Persfektif Ayat Ayat Alquran, Medan: Perdana Publishing 2020.
Mesiono. (2019). Islam dan Manajemen. Medan: Perdana Publishing.
Nanang Fattah, 2009. Landasan Manajemen Pendidikan. Penerbit: Remaja Rosdakarya
S.P. Siagian, Manajemen, Yogyakarta: Liberty, 1978.
Simbolon, M.M, 2003, Dasar-dasar Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Syafaruddin. 2015. Manajemen Organisasi Pendidikan: Perspektif Sains dan Islam. Medan: Perdana Publishing.
Uswatun Hasanah, 2019. Kepemimpinan Transformasional Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: Jakad Publishing.
Published
2025-01-08