PROSES PENGAJUAN TAGIHAN MELALUI APLIKASI ESPM PADA MASA COVID DI KPPN MEULABOH

  • Zaida Mutia Universitas Teuku Umar
  • Rusma Setiyana Universitas Teuku Umar
Keywords: Pengajuan Tagihan, eSPM, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)

Abstract

eSPM sebagai aplikasi yang berbasis web menjadi salah satu aplikasi yang dapat membantu proses pengiriman SPM pada masa pandemi Covid-19 di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Meulaboh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengajuan  tagihan melalui aplikasi eSPM pada masa pandemi Covid-19, penilaian satuan kerja dan kendala yang dihadapi baik dari pihak operator maupun satuan kerja terkait aplikasi eSPM, dan menganalisis penggunaan aplikasi eSPM. Populasi penelitian yang digunakan adalah satuan kerja yang berada di 4 kabupaten wilayah Aceh. Metode penelitian yang diimplementasikan adalah metode deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan hitungan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengajuan tagihan melalui aplikasi eSPM dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di dalam aplikasi eSPM. Berdasarkan dari segi manfaatnya, aplikasi eSPM dapat mempermudah pekerjaan satuan kerja, dapat memangkas waktu dan biaya perjalanan satuan kerja. Meskipun telah dikategorikan baik namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh responden baik dari petugas KPPN maupun satuan kerja dalam penggunaan aplikasi eSPM, yakni adanya ketidakstabilan jaringan, gangguan pada server aplikasi dan terjadinya penambahan tugas pada petugas KPPN. Terakhir, jumlah SPM yang diusulkan lebih sedikit, namun jumlah SPM yang ditolak lebih besar.

 

References

DAFTAR PUSTAKA
Hassanudin, M.H. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Yang Diterima Daring (Pesq) Terhadap E-Satisficatoni Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Daring Atas Layanan Daring Pada Implementasi Espm. Indonesian Treasury Review. 5(2020), 343–354.

Karianga, H. 2011. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah. Bandung: PT. Alumni. 15(2), 204–210.

Kemenkeu. (2016). Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 262/PMK.01/2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal DJPb. https://jdih.kemenkeu.go.id. Diakses pada tanggal 18 September 2021.

…….., (2020). Petunjuk Teknis Aplikasi eSPM. https://espm.kemenkeu.go.id. Diakses pada tanggal 24 Agustus 2021.

…….., (2020). Penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D ) Pihak Terkait Langkah - langkah Teknis.
https://www.kemenkeu.go.id. Diakses pada tanggal 18 Agustus 2021.

Kurnia, N. (2020). Analisis System Layanan Mobile Banking Dalam Menarik Minat Nasabah Di Pt Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Yogyakarta Kaliurung. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. 75-77.

Mukhtaromin. (2018). Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (Sakti) Pada Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan (BPPK).Simposium Nasional Keuangan Negara. 1, 588–602.

Ratnasari, D, & Tawakal, H. (2017). Analisis Dan Perencanaan Aplikasi Sistem Informasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat LPPM STT Terpadu Nurul Fikri. Teknik Informatika STT Terpadu Nurul Fikri. Computer Science. 3 (1), 4-6
Sugiyono. (2013). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 9, 22–34.
Syafira, J.A., Harijanto, S., & Prisillia, W. (2020) Evaluasi Penerapan Dan Prosedur Penerbitan Surat Perintah Membayar Uang Persediaan Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bitung. Jurnal Riset Akuntansi. 15 (2), 204-210. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Yudha, F., Muryadi, T., & Panji, M,A. (2018). Perancangan Aplikasi Pengujian Celah Keamanan Pada Aplikasi Berbasis Web. CyberSecurity dan Foresik Digital. 1 (1), 1-6 Universitas Islam Indonesia.
Zebua, A. M. (2020). Aplikasi Eletronik Manajemen Keuangan DIPA pada Lembaga Pendidikan Islam Negeri di Tengah Pandemi Covid-19 Sebagai Upaya WFH. Fikrotuna, 12(02). 1681-1697.
Published
2022-01-18
How to Cite
Mutia, Z., & Setiyana, R. (2022). PROSES PENGAJUAN TAGIHAN MELALUI APLIKASI ESPM PADA MASA COVID DI KPPN MEULABOH. AT-TASYRI’: JURNAL ILMIAH PRODI MUAMALAH, 13(2), 103-113. https://doi.org/10.47498/tasyri.v13i2.655