PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD IT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO

  • Dina Ayu Lestari STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta
  • Lastari STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia
  • Isna Ari Rahmawati STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia
  • M. Rofi Fauzi STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia
Kata Kunci: Bruner, Pembelajaran Matematika, Konkret

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika di SD IT Salsabila 8 Pandowoharjo menggunakan penerapan teori belajar Bruner dengan menggunakan benda-benda konkret sebagai media untuk mempermudah peserta didik dalam memahami konsep-konsep matematika. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian observasi dan wawancara untuk mengetahui cara penerapan pembelajaran matematika di SD IT Salsabila 8 Pandowoharjo. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru yang mengajar matematika kelas VI SD ITSalsabila 8 Pandowoharjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan teori belajar Bruner terdapat peningkatan kemampuan belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran dengan menggunakan benda konkret membuat peserta didik jadi lebih tertarik dalam pembelajaran, dengan adanya benda konkret ini juga membuat peserta didik menjadi lebih aktif. Penggunaan media konkret ini dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat memberi semangat motivasi belajar terhadap peserta didik. Sistem pembelajaran dengan menggunakan media lebih efektif diterapkan kepada peserta didik karena penggunaan benda-benda konkret dapat menjebatani konsep-konsep matematika yang abstrak menjadi konkret.

Referensi

Amalin Khayati, W. N. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Benda Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD N Kalijambe Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Kalam Cendekia, 186.
Anwar. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menghitung Luas Bangun Ruang Melalui Benda Konkret Sekitar Siswa Kelas VI SDN Talabiu Tahun Pelajaran 2011/2012. JIME, 147.
Azra, F., Deni, S., & Syahrir. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Mandala Education, 148.
Billy, S. (2017). Bukti Informal dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar, 24.
Dewi, L. (2015). Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 141.
Fahmi, A. M. (2020). KESULITAN BELAJAR SISWA DAN PENANGANANNYA PADA PEMBELAJARAN. Jurnal Inovasi Penelitian, 1000.
Hatip Ahmad, S. W. (2021). Teori Kognitif Bruner dalam Pembelajaran Matematika. PHI Jurnal Pendidikan Matematika, 97.
Husna Amalia, N. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika Mengenal Nilai dan Angka Melalui Bermain dan Benda-Benda Konkret pada Anak Usia Dini. Pedagogi, 33.
Khairunnisa Firda Gusti, I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret5 Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 140.
Kristiani Novi, P. K. (2016). Keefektifan Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Media Benda Konkret pada Kelas V SD Timuran. Jurnal Prima Edukasia, 175.
Lira, A. D. (2015). Pemgaruh Penerapan Teori Belajar Bruner Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Khatulistiwa, 12.
rani, N. p., Syahrifuddin, & Lazim, N. (2020). PENERAPAN TEORI JEROME BRUNER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. PRIMARY, 10.
Sadana, D. A., & Jayanti, P. P. (2020). Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. Jurnal Pendidikan Matematika, 14.
Siti, A. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 15.
Sufri, M. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Yogyakarta: 72.
Suparni. (2015). Demonstrasi Benda Konkrit dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma, 141.
Susilawati. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada KD 3.6 Menjelaskan dan Menemukan Jaringan-Jaringan Bangun Ruang Sederhana (Kubus dan Balok) Melalui Penggunaan Media Benda Konkret di Kelas V SD Negeri V Madurejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Hadratul Madaniyah, 49.
Syahraini, T. (2014). Metode ceramah: Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 401.
Syamsur, R. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika Siswa Melalui Penerapan Teori Belajar Bruner. Prosiding Seminar Nasional, 495.
Diterbitkan
2023-06-30