IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI PONDOK AL-QUR’AN AL-MAJIDIYAH BAGAN BATU, RIAU

  • Rina Rahmi STAIN Teungku Dirundeng
  • Indah Hari Utami STAI Rokan Bagan Batu Riau
Keywords: Ekstrakurikuler Pramuka, Nilai-Nilai Karakter, Pondok Pesantren

Abstract

Nilai-nilai karakter merupakan nilai yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Untuk itu, salah satu upaya pemerintah dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter ialah melalui ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penanaman nilai karakter melalui kegiatan pramuka di Pondok Al-Quran Al-Majidiyah Bagan Batu, Riau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian terdiri dari: kepala sekolah, pembina, dewan pembina, dewan ambalan, dan anggota pramuka penggalang dan penegak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan triangulasi data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang dilaksanakan Pondok Al-Qur’an Al-Majidiyah, merupakan tindak lanjut dari Permendikbud 63 Tahun 2014 sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib; 2) Implementasi kegiatan program ekstakurikuler pramuka di Pondok Al-Qur’an Al-Majidiyah terdiri dari tiga tahapan meliputi, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 3) Nilai-nilai  karakter pada kegiatan pramuka meliputi nilai-nilai mandiri, disiplin, tanggung jawab, jujur, amanah, berkata baik, hormat santun dan pendengar yang baik, dermawan suka menolong, kerja sama, percaya diri dan kreatif.

References

Aji, Anggatra Herucakra. 2016. “Pendidikan Karakter Dalam Ekstrakurikuler Pramuka Di Smp Negeri 1 Yogyakarta.” Jurnal Kebijakan Pendidikan Vol. 5 No.: 82.
Amreta, Midya Yuli. 2018. “Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Era Digital.” Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam 3 (1): 26–38. https://doi.org/10.32665/ulya.v3i1.694.
Daryanto, Suryatri Darmiatun. 2013. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Yogyakarta: Gava Media.
Hudiyono. 2012. Membangun Karakter Siswa Melalui Profesionalisme Guru Dan Gerakan Pramuka. Jakarta: Erlangga Group.
Isma, Cut Nelga, Rina Rahmi, Iba Elisa, and Nasruddin. 2022. “‪PROGRAM REMEDIAL MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA DI MIN 13 NAGAN RAYA‬.” Lpen: Jurnal Pendidikan Dasar 06 (02). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=LtbY4ZUAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=LtbY4ZUAAAAJ:KlAtU1dfN6UC.
Kemendikbud. 2010. “Lampiran Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Keputusan Munas Gerakan Pramuka, Hari. 2018. “ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA GERAKAN PRAMUKA.” Kendari.
Kurniawan, Syamsul. 2016. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lesilolo, Herly Janet. 2018. “Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah.” Jurnal Kenosis Vol. 4 No.
Majid, Abdul. 2011. “Dian Andayani.” Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2004).
Narmoatmojo, Winamo. 2014. “Ekstra Kurikuler Di Sekolah: Dasar Kebijakan Dan Aktualisasinya.” 2014.
Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014. n.d. “Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.”
Rahmi, Rina. 2020. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Guru Di MI Ma’rif Bego’ Yogyakarta.” PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN 9 (1). https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7148.
———. 2021. “Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Pokok Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Buku Tematik Kelas IV SD/MI Tema ‘Peduli Terhadap Makhluk Hidup.’” Al-Ihtirafiah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol.1 Nomo: 89–101.
Rahmi, Rina, and Ismuhul Fadhil. 2022. “Learning From Home: School and Parents Collaboration in Mi Ma’Arif Darussalam Prambanan, Yogyakarta.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 14 (2): 133–39. https://doi.org/10.17509/eh.v14i2.43314.
Rahmi, Rina, Aswatun Hasanah, and Septika Laily Anti. 2020. “Konsep Pendidikan Karakter Pada Sekolah Inklusi Tingkat Usia Dasar.” Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 4 No.: 155–72.
Ramdhoni, Siti. 2019. “Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Karakter Siswa.” Edulead 1 (1): 71–82.
Riyanti, Dwi, Sabit Irfani, and Danang Prasetyo. n.d. “Pendidikan Berbasis Budaya Nasional Warisan Ki Hajar Dewantara.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (1): 345–54.
Sujana, I. Wayan Cong. 2019. “FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4 (1): 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Syah, Muhibbin. 2016. Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Pers.
Published
2024-12-30
Section
Articles