TANTANGAN JURNALIS EKONOMI DALAM PEMBERITAAN E-COMMERCE (Studi Analisa Nilai Berita Kompas.Com Periode Mei 2019)
Abstract
This study examines the issueof the challenge of e-commerce reporting among economic journalists. The author reviews the challenge of selecting e-commerce news values by description analysis method with qualitative approach for the periode of May 2019 news articles according to e-commerce keyword search. The author found 28 articles discussing e-commerce on rubric mony with the sub-categories whats new, spend smart, earn smart, and work smart on http://money.kompas.id/. The results of this study showed only three news values selected by the Kompas news portal journalists, namely timeliness, consequence, and proximity. Journalist use an e-commerce perspective in describing articles that are published online. The main challenge of portal journalists is the length of articles written by incompatible with the effective read duration.
- Hak publikasi atas semua materi informasi yang tercantum dalam situs jurnal ini dipegang oleh dewan redaksi/editor dengan sepengetahuan penulis. Pengelola Jurnal akan menjunjung tinggi hak moral penulis.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Atribusi-Non Commercial-No Derivative (CC BY-NC-ND), yang berarti bahwa hanya dengan izin penulis, informasi dan artikel Jurnal AT-TASYRI' dapat didistribusikan ke pihak lain dengan tanpa merubah bentuk aslinya untuk tujuan non-komersial.
- Setiap terbitan Jurnal AT-TASYRI', baik cetak maupun elektronik, bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, penerbit atau pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas terjadinya pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh pembaca atau pengakses.