Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Pedoman Penulisan At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam:

At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, terbit dua kali setahun dan menerbitkan hasil penelitian dan studi teori tentang Pendidikan agama Islam. Ruang Lingkup Jurnal At-Ta'dib adalah: 1) Konsep Pendidikan Islam, 2) Kurikulum Pendidikan Islam, 3) Pembelajaran Pendidikan Islam, 4) Filsafat Pendidikan Islam, serta 5) Tafsir ayat dan Hadis Pendidikan. Naskah yang dikirimkan ke editor At-Ta’dib akan dipertimbangkan untuk dimuat jika memenuhi kriteria berikut:

  1. Naskah berupa hasil penelitian maupun pemikiran/konseptual dan belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang dalam proses pengajuan untuk publikasi ke media lain dan tidak mengandung unsur plagiat.
  2. Batas toleransi plagiarisme untuk artikel maksimal 30 %
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris/Arab, dengan isi naskah antara 14-18 halaman (termasuk teks, semua tabel, dan gambar, catatan, referensi, dan lampiran yang dimaksudkan untuk publikasi). Naskah ditulis sesuai template jurnal At-Ta’dib dengan menggunakan Font-size: Time New Roman 12, ukuran kertas A4, margin atas: 3 cm, bawah: 2.5 cm, kiri: 2.5 cm, dan kanan: 2 cm. Spasi 1.15 pt.
  4. Naskah ditulis berurutan terdiri dari: Judul, Nama Penulis (tanpa gelar), Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci, Isi, dan Daftar Pustaka.
  5. Judul harus ringkas dan spesifik tidak melebihi 15 kata yang menggunakan Bahasa Indonesia, dan 10 kata yang menggunakan Bahasa Inggris/Arab.
  6. Cantumkan nama penulis, afiliasi kelembagaan, dan alamat email di bawah judul artikel, dan Penulis tidak perlu mencantumkan gelar akademik;
  7. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang terdiri dari 100-150 kata. Yang memuat latar belakang masalah, tujuan, metode, dan hasil penelitian/kesimpulan. Abstrak seringkali disajikan terpisah dari artikel, sehingga harus bisa berdiri sendiri. Oleh karena itu, referensi dan singkatan yang tidak standar atau tidak umum harus dihindari;
  8. Kata kunci/Keywords terdiri dari 2 – 4 kata atau frase yang mencerminkan isi naskah.
  9. At-Ta’dib hanya menerima pengiriman elektronik (online). Oleh karena itu, penulis harus masuk sebelum mengirimkan artikel mereka. Naskah dikirim melalui online submission Jurnal At-Ta’dib dengan alamat http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/about/submissions (langsung klik daftar/register).
  10. Sistematika penulisan:
    a.  Hasil penelitian, terdiri dari: Judul, Nama Penulis, Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci,
         Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka;
    b.  Hasil pemikiran/Konseptual: Judul, Nama Penulis, Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci,
         Pendahuluan, Isi, Kesimpulan, Daftar Pustaka.
  11. Kutipan biasanya hanya membutuhkan nama belakang penulis, tahun terbit, dan (terkadang) nomor halaman. Semua karya yang dikutip harus muncul dalam daftar referensi di akhir artikel dan disusun menurut abjad. Semua catatan harus muncul dalam teks sebagai kutipan (innote). Pengutipan rujukan disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti  Mendeley atau Zotero dan lain-lain serta ditulis dengan sistem sitasi American Psychological Association (APA) 6th Edition.
  12. Daftar Pustaka ditulis secara alfabetis dengan memuat: nama penulis, tahun penerbitan, judul buku/jurnal/majalah diketik miring, kota tempat penerbitan, dan nama penerbit. Daftar rujukan dan referensi adalah daftar kepustakaan terbaru dengan rujukan minimum 60% dari jurnal atau penelitian ilmiah yang saling terkait, di atas tahun 2013. Jumlah rujukan di daftar pustaka minimal 15 pustaka acuan.
  13. Semua naskah yang masuk ke redaksi akan melalui proses blind review oleh mitra bestari setelah review oleh redaksi. Naskah yang dimuat akan disunting kembali oleh redaksi tanpa mengubah substansi isi.