Author Guidelines

Pedoman Penulisan At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam:

  1. Naskah berupa hasil penelitian maupun pemikiran/konseptual dan belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang dalam proses pengajuan untuk publikasi ke media lain dan tidak mengandung unsur plagiat.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris/Arab, Font-size: Time New Roman 12, ukuran kertas A4, margin atas: 3 cm, bawah: 2.5 cm, kiri: 2.5 cm, dan kanan: 2 cm. Spasi 1.15 pt.
  3. Naskah ditulis berurutan terdiri dari: Judul, Nama Penulis (tanpa gelar), Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci, Isi, dan Daftar Pustaka.
  4. Judul harus ringkas dan spesifik tidak melebihi 15 kata yang menggunakan Bahasa Indonesia, dan 10 kata yang menggunakan Bahasa Inggris/Arab.
  5. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang terdiri dari 100-150 kata. Yang memuat latar belakang masalah, tujuan, metode, dan hasil penelitian/kesimpulan.
  6. Kata kunci/Keywords terdiri dari 2 – 4 kata atau frase yang mencerminkan isi naskah.
  7. Sistematika penulisan: a) Hasil penelitian, terdiri dari: Judul, Nama Penulis, Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka; dan b) Hasil pemikiran/Konseptual: Judul, Nama Penulis, Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Isi, Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka.
  8. Isi naskah antara 10-15 halaman, rujukan ditulis dengan sistem sitasi American Psychological Association (APA) 6th Edition.
  9. Daftar Pustaka ditulis secara alfabetis dengan memuat: nama penulis, tahun penerbitan, judul buku/jurnal/majalah diketik miring, kota tempat penerbitan, dan nama penerbit.
  1. Naskah dikirim melalui online submission Jurnal At-Ta’dib dengan alamat http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/about/submissions (langsung klik daftar/register).
  2. Semua naskah yang masuk ke redaksi akan melalui proses blind review oleh mitra bestari setelah review oleh redaksi. Naskah yang dimuat akan disunting kembali oleh redaksi tanpa mengubah substansi isi