PENERAPAN MODEL READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MIN 2 ACEH BARAT

  • Asfi Mujiati Asfi STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh
  • Maya Agustina STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • Abidah STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
Kata Kunci: pemahaman bacaan siswa, reading guide, pembelajaran IPS

Abstrak

Penerapan model pembelajaran reading guide dalam proses belajar mengajar pada pembelajaran IPS merupakan salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas V MIN 2 Aceh Barat, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model reading guide dalam pemahaman membaca siswa kelas V MIN 2 Aceh Barat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 2 Aceh Barat yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus adalah 12,12%, pada siklus I meningkat menjadi 57,57% dan pada siklus II lebih meningkat menjadi 90,90%. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori cukup dengan nilai 76,92% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 94,23% dengan kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reading guide dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa kelas V MIN 2 Aceh Barat pada pembelajaran IPS.

Referensi

Bibit Laeli Febriani, Nurhidayah. “Penerapan Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa MI Ma’arif Surotrunan.” Other, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen), 2023. http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1162/.

Harianto, Erwin. “Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 9, no. 1 (February 9, 2020): 1–8. https://doi.org/10.58230/27454312.2.

Hidayah, Nurul, and Fiki Hermansyah. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017.” Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 3, no. 2 (October 24, 2018): 87–93. https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1190.

Kartini, Tien. “Pendekatan Tematik Dalam Pembelajaran IPS.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 2, no. 2 (July 26, 2016). https://doi.org/10.17509/eh.v2i2.2767.

Kusmayanti, Siska. “Membaca Permulaan Dengan Metode Multisensori.” Jurnal Pendidikan UNIGA 13, no. 1 (October 10, 2019): 222–27. https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.832.

Lompoliuw, Boby A., Romi J. Mongdong, and Jasin Taher. “Penerapan Metode Pembelajaran Reading Guide Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Freire Elementary Education Journal 1, no. 02 (November 11, 2022): 1–7.

Maslamah, Siti. “PROGRAM STUDY PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO,” 2018.

Monika, Marina Selfia, Sonya Arvita Sari, Syahrial Syahrial, and Silvina Noviyanti. “Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Berbasis Pembelajaran Tematik.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 3 (May 25, 2022): 565–74. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4382.
M.Pd, Dr Ambar Sri Lestari. Narasi dan Literasi Media. PT. RajaGrafindo Persada - Rajawali Pers, 2023.

Muluk, Hj Masitah. “Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Menerapkan model Reading Guide Berbasis PAIKEM Bagi Peserta Didik kelas II di SD Negeri 40 Ampenan Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 2, no. 3 (November 11, 2018). https://doi.org/10.58258/jisip.v2i3.488.

Muslihin, Heri Yusuf, Aini Loita, and Dea Siti Nurjanah. “Instrumen Penelitian Tindakan Kelas Untuk Peningkatan Motorik Halus Anak.” JURNAL PAUD AGAPEDIA 6, no. 1 (June 30, 2022): 99–106. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.51341.

Nappu, Syamsiarna, and Ratna Dewi. “Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas.” DEDIKASI 21, no. 1 (June 23, 2019). https://doi.org/10.26858/dedikasi.v21i1.9431.

Panjaitan, Wilda Agnesia, Ester Julinda Simarmata, Regina Sipayung, and Patri Janson Silaban. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (October 17, 2020): 1350–57. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.549.

Rita Sugiarto, -. “Penerapan Strategi Readig Guide Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Tema Indahnya Keragaman Di Nege Riku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Keranji Guguh Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak.” Skripsi, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU, 2020. http://repository.uin-suska.ac.id/29460/.
Diterbitkan
2025-08-20