MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

  • lisnawiza STAIN Teungku Dirundeng
  • Tengku Hafinda STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • Samsuar A. Rani STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran Make A Match dengan memberikan reward. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Desain Pra-Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Desain Pra-Eksperimen One Group Pre-test Post-test, di mana terdapat Pre-test sebelum dan Post-test setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62,825% berhasil mengimplementasikan model pembelajaran Make A Match dengan memberikan reward, dan 56,45% memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa. Sementara itu, hasil Pre-test dan Post-test didasarkan pada uji t dengan tingkat signifikansi ∝= 0,05, diperoleh t-test = 6,66 dan t-tabel = 1,72. Karena t-test > t-tabel, yaitu 6,66 > 1,72, H0 ditolak, sehingga H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada dampak dari model pembelajaran Make A Match dengan memberikan reward terhadap minat belajar siswa. Hasil ini dapat dilihat dari prestasi siswa berdasarkan penelitian yang dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data baik dari hasil kuesioner maupun hasil Pre-test Post-test.

Kata kunci: Make A Match; model pembelajaran; reward

Referensi

A’idah, L. N. (2020). Pengaruh Model Make a Match Terhadap Minat dan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III di MI Tarbiyatul Islamiyah Rejotangan Tulungagung. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14633
Ari, N. L. P. M., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/19389
Fathanah, F. (2022). Penerapan Metode “Make A Match” untuk Meningkatkan Minat Belajar dalam Kemampuan Menulis (Kitabah) Mata Kuliah Qowaidul Imla PBA UNHASY Jombang. Jurnal Mahasantri, 3(1), 567–585. https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/mahasantri/article/view/206
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/10080
Fauzi, A., Muttaqin, A. I., & Aminah, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Make A Match Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Tajwid Kelas V Di Sd Islam Kebunrejo Genteng Banyuwangi. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(5), 405–420. http://ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/181
Hadijah, S., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Model Make A Match terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Muatan Materi PPKn Kelas IV SDN 26 Cakranegara Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 103–112. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/56
Hafinda, T. (2021). KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS: UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. AL-IHTIRAFIAH: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH, 167–182.
Hoerunnisa, A., A diSucipto, T. L., & Tamrin, A. G. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Desain Multimedia Kelas XI SMK Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 13(1), 37–43. https://jurnal.uns.ac.id/jptk/article/view/24206
Juniantari, I. G. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Kelas I Semester I di SD Negeri 4 Pertima Tahun Pembelajaran 2017/2018. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 18–28. https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/926
Magfirah, A., Syarif, I., & Rahmat, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 9–18. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/2592/789
Muhammad, M. (2019). Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Quran Hadist Kelas IV di MI Darul Ulum Lemah Putih Wringinanom Gresik. Fikroh, 12(2), 20–40. https://scholar.archive.org/work/k7mbty6k5bdizaisma2c4oqznq/access/wayback/http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/download/50/47
Mulyana, D., Inayah, I., & Ningsih, A. F. (2022). Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Polinomial. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 2, 35–44. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1095
Prasetyo, A. H., Prasetyo, S. A., & Agustini, F. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 402–409. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/19332
Purnama, D. C., & Sylvia, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X IPS 3 SMAN 6 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 198–208. https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/43
Rahmah, F. D. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperative tipe make a match untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa SMP [PhD Thesis, Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/277109/
Rahmawati, T., Djono, D., & Pelu, M. (n.d.). Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar. Jurnal Candi, 19(2), 100–118. Retrieved December 8, 2023, from https://jurnal.uns.ac.id/candi/article/view/35598
Rahmi, F., & Hafinda, T. (2023). Implementasi Model Blended Learning: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa SMP Negeri 2 Aceh Jaya. ISTIFHAM: Journal Of Islamic Studies, 11–22. https://jurnal.seutiahukamaa.org/index.php/istifham/article/view/12
Ramadhani, M. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2237–2244. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1159
Samirah, S., & Kuswardi, Y. (2019). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIK. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika SOLUSI, 3(3), 275–285. https://jurnal.uns.ac.id/JMMS/article/view/38331
Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(01), 210–219. https://jurnal.itscience.org/index.php/educendikia/article/view/1596
Sari, R. D. K., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Kraton pada Tema 6. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 208–220. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1206
Uciatun, U., Japar, M., & Sapriati, A. (2022). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 384–397. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12592
Widiastuti, A. (2021). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Jaringan Mata Pelajaran Biologi Lintas Minat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Make a Match. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(1), 17–23. https://jurnalp4i.com/index.php/educational/article/view/51
Diterbitkan
2023-12-19
Bagian
Articles