A PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF “KOTAK PINTAR” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SKI DI MADRASAH IBTIDAIYAH

PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF “KOTAK PINTAR” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SKI DI MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Dwi Maya Meilina Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Kata Kunci: Kata Kunci: Media Pembelajaran 1, Kotak Pintar 2, Pembelajaran SKI 3

Abstrak

Pembelajaran mononton merupakan sebuah pembelajaran yang disampaikan oleh seorang pendidik tanpa melalui alat peraga apapun. Namun, peserta didik biasanya kurang memahami dalam penyampaian tersebut. Ditambah dengan adanya pembelajaran SKI yang mencangkup tentang sejarah islam pada masa dahulu yang penjelasannya cukup membuat peserta didik menjadi abstrak. Hal ini akan membuat pembelajaran yang tidak dapat ditangkap oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pendidik dalam menyampaikan sebuah penjelasan dan untuk meningkatkan pemahaman atau kompetensi peserta didik dalam suatu konsep yang baru dengan membutuhkannya sebuah alat peraga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi pustaka. Hasil dari pembahasan ini mencangkup tentang alat kotak pintar yang dimana alat tersebut merupakan sebuah media pembelajaran yang akan membuat peserta didik menjadi lebih memahami pembelajaran SKI di kelas III. Dengan ini pembelajaran di kelas III dapat menjadi pembelajaran yang efektif.

 

Referensi

Amin, M. nasrul. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran SKI MI. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 115–127.
Elyanti, S. (2013). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Media Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP Negeri Se-Kecamatan Pasir Penyu. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
Hasanah, U., Kisno, K., Aneka, A., Rizqiyani, R., Sari, E. M. R., Ansory, A. L., & Indriyani, F. (2022). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Berbasis Bahan Bekas Bagi Guru. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 106–115. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i2.213
Hodriyani, dkk. (2023). Media Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Sutabaya, 1–129.
M. Fadillah. (2017). Buku Ajar Bermain & Permainan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Muammar. (2022). Prosiding Konferensi Nasional PD-PGMI Se Indonesia Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Yogyakarta. PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI, September, 43–56.
Muhammad Mustofa, D. (2023). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Get Press Indonesia.
Nasarudin, N. (Prodi T. M. F. I. P. (2015). MEDIA DAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 21–30.
Rahmawati, H., Afifah, R., & Inayah, R. A. (2022). Alat Peraga Edukatif Ular Tangga Fiqih (ULTAFI) Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Sekolah Dasar. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 46. http://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/107/106
Sapriyah, Sosiologi, P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.
Septi Nur Fadillah. (2021). Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Suryadi, A. (2020). Tekonologi dan Media Pembelajaran (1st ed.). Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 2(4), 297. https://doi.org/10.36722/sh.v2i4.177
Teni Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Diterbitkan
2024-06-30