PENERAPAN MEDIA MULTIPLICATION STICK BOX DENGAN METODE JARIMAGIC UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  • Puja Sukma Ismul Karomah Puja IAIN KUDUS

Abstrak

Banyak siswa SD Negeri 5 Ngembalrejo Kudus mengalami kesulitan dalam materi operasi hitung perkalian. Oleh karena itu, peneliti melakukan penerapan pengajaran dengan menggunakan metode jarimatika yang disebut dengan jarimagic dengan media pembelajaran berupa multiplication stick box. Tujuannya yaitu untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas III SD Negeri 5 Ngembalrejo Kudus pada mata pelajaran matematika dengan penerapan media multiplication stick box menggunakan metode jarimagic dan mengatasi masalah kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas III SD Negeri 5 Ngembalrejo. Metode yang digunakan dalam pennelitian ini berupa kuantitatif yang dalam pengambilan datanya mengguanakn wawancara, observasi, dan dokumentasi serta hasil prosentase dari siklus I dan II. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa. Siklus I pada hasil observasi keaktifan belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 62,72% dikatergorikan cukup aktif. sedangkan pada siklus ke II, hasil penelitian keaktifan siswa memperoleh nilai rata-rata 75% dikategorikan siswa sudah cukup aktif dalam materi operasi hitung perkalian.

 

Kata Kunci : metode jarimatika dengan media multiplication stick box, keaktifan siswa, operasi hitung perkalian

 

Referensi

Ahsani, Nusroh. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya Siti. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2). https://doi.org/10.29240/belajea.v4i2.891
Arima, N., & Indrawati, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multiplication Stick Box Pada Materi. Jpgsd, 06, 1242–1251. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/24024
Awwaliyah, B. (2016). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(1), 103. https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i1.370
Farkanim, M. F. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Menulis Jawa Dengan Aksara Murda. 1(1), 76–85.
Lukas, S., Widowati, S., Erna, T., & Fita M, Y. (2022). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Berbasis E-Learning Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VB SD Strada Bhakti Nusa. JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(12), 3685–3700.
Mahmudah. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multiplication Stick Board Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Untuk Siswa Kelas Iii Sd Annur Tumpang Malang. Bitkom Research, 63(2), 1–3. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom
Masruni, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Fun Teaching Mengguanakan Jarimatika Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Perkalian 1-10 Siswa Kelas Iv Sdn 42 Ampenan Tahun Pelajaran 2018/2019. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2). https://doi.org/10.33394/realita.v5i2.4105
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Muhson, A. (2017). Pengertian dan Karakteristik Penelitian tindakan kelas. Physics Education, 23(4), 1–10. https://www.proquest.com/scholarly-journals/discerns-special-education-teachers-about-access/docview/2477168620/se-2?accountid=17260%0Ahttp://lenketjener.uit.no/?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&genre=article&sid=ProQ:ProQ%3Aed
Netriwati, & Lena, M. S. (2017). Media Pembelajaran Matematika. May, 5.
Nurbani, N., & Puspitasari, H. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1908–1913. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2357
Pardede, S., & Pasaribu,Laowo, S. (2022). Perbedaan Metode Pembelajaran Tatap Muka Menulis Cerpen Oleh Siswa Asas : Jurnal Sastra. Asas: Jurnal Sastra, 11(1), 74–89. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ajs/article/view/31856
Qomaruddin, A. (2013). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufadat. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.
Soegijanti. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dengan Menerapkan Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas II SD Negeri Kemijen 02 Semarang. 3(2), 223–232.
Vinarahmah, A. R. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Drill And Practice Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(4), 298–316.
Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023
Diterbitkan
2023-06-30