MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK KELAS IV(Studi kasus SDN 23 Koto Tuo)E
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK KELAS IV(Studi kasus SDN 23 Koto Tuo)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi kerena adanya kesulitan yang dialami siswa kelas IV SDN 23 Koto Tuo terutama pada pembelajaran IPS.Penyebabnya karena siswa pada saat pembelajaran mudah bosan,kelas tidak bisa dikondisikan dengan baik, dengan pembelajaran yang kurang keefektifisannya di dalam kelas dan kurangnya kreativitas wali kelas dalam penyampaian materi.Pada umumnya yang sering digunakan yaitu hanya metode cermah.Maksud dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar untuk siswa kelas IV SDN 23 Sungai Tarab .Sipeneliti menggunakan dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua.Metode untuk mengumpukan data yaitu menggunakan tes dan observasi.Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode penelitian tindaan kelas.
References
Afwan Alfan Nur. 2020. Penerapan moswl pembelajaran Tipe TPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV Pembelajaran PKn SDN Jombang 02 Jember. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jember:Universitas Jember.
Atikah Nur, dkk. Analisis Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Peran Orang Tua. (Online), Vol. 5, No. 1 (https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1223/1090, diakses tanggal 31 januari 2022).
Fahrozi, Marwan. 2018. Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI DI MI Al-Khairiyah Kaliwai Bandar Lampung. Skripsi Tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri.
Agung, A. A. G. (2016). Metodologi Penelitian. Singaraja: Undiksha.
Anjani, N. K. D. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Peta Konsep terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas IV SD Gugus III Abiansemal Tahun Ajaran 2018/2019. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Paramita, N. M. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Semester II Gugus I Airlangga Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2016/2017. Singaraja: Universitas Pendidikan Genesha.
Raditya, D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Mimbar PGSD Undiksha.
Abustang, Perawati Bte. "Pengaruh Lingkungan Sosial dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Inpres Perumnas Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar." PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar 3.2 (2018). 76-84.
Gunawan, Rudy. (2016). Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta
Nurhidayah, Abustang, Amaliyah. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban Siswa Di Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar. Selecta Education Jurnal, 2(1), 61. (diakses pada tanggal 17 Februari 2020).
Thobroni. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.
Abustang,Perawati Bte. "Pengaruh Lingkungan Sosial dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Inpres Perumnas Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar." PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar 3.2 (2018). 76-84
Gunawan, Rudy. (2016). Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
Hardiyan, Hary. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Gabungan Antara Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair Sare (TPS) Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK 2 Yogyakarta (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Copyright (c) 2023 AL-IHTIRAFIAH: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.