JIDAL ILMIAH : DEBAT AL-GHAZALI DAN IBNU RUSYD TENTANG FILSAFAT

  • Aulia Rahman STAIN Mandailing Natal
Keywords: al-Ghazali, Ibnu Rusyd, Filsafat

Abstract

Artikel ini ingin mendeskripsikan perdebatan al-Ghazali dan Ibnu Rusyd. Pemilihan perdebatan al-Ghazali dan Ibnu Rusyd. Metode riset yang dipakai pada artikel ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif dipakai karena salah satu tugasnya yang bersifat deskriptif mengacu pada paradigma historis dengan bersumber pada perdebatan al-Ghazali dan Ibnu Rusyd. Data-data didapatkan dari jurnal-jurnal dan sumber lain yang berkenaan dengan perdebatan al-Ghazali dan Ibnu Rusyd. Adapun hasil dari riset ini ditemukan bahwa tema yang menjadi pokok dalam dialektika perdebatan adalah kerancuan dan pengkafiran para filosof oleh al-Ghazali dengan hasil karya yaitu kitab Maqashid al-Falasifah dan kitab Tahafut al-Falasifah. Sedangkan Ibnu Rusyd melakukan pembelaan terhadap apa yang dituduhkan al-Ghazali dengan hasil karya yaitu kitab Tahafut at-Tahafut dan kitab Fashlul Maqal fii ma bainal Hikmati was Syari'ati minal ittishal. Implikasi dari jidal ilmiah tersebut menimbulkan kemunduran kajian filsafat di dunia Islam dan menguatnya kekuatan aliran Sunni dan ortodoksinya, serta menimbulkan gerakan renaissance pada dunia Barat dengan doktrin “Latin Averroisme” dan menguatkan kajian filsafat di golongan Syiah.

References

Assyabani, R. (2020). Naturalisasi Filsafat Islam Dalam Pemikiran Al-Ghazali. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 18(2), 243. https://doi.org/10.18592/khazanah.v18i2.3563
Atabik, A. (2014). Telaah pemikiran Al-Ghazali tentang filsafat. Fikrah, 2(1), 19–40.
Bakar, A. (2022). KONTRIBUSI ISLAM TERHDAP PERKEMBANGAN RENAISSANCE DI EROPA. Taushiah FAI UISU, 12(2), 1–7.
Fitrianah, R. D. (2018). Ibnu Rusyd (Averroisme) Dan Pengaruhnya Dibarat. EL-AFKAR : Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 7(1), 15. https://doi.org/10.29300/jpkth.v7i1.1584
Hamka, Z. (2018). Ibnu rusyd: (pembelaan terhadap para filosof). Ash Shahabah, 4, 49–54. http://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/ASH/article/view/147
Kholis, N. (2017). Rasionalisme Islam Klasik Dalam Pemikiran Ibnu Rusyd. International Journal Ihya’ ’Ulum Al-Din, 19(1), 1. https://doi.org/10.21580/ihya.18.1.1740
Maulida, R., & Fandriansyah, M. (2022). Teologi Mu’tazilah Dan Pengaruhnya Di Bidang Sosial, Politik, dan Ekonomi. Al-Mufassir, 4(1), 84–91. https://doi.org/10.32534/amf.v4i1.2674
Ngazizah, D., & Mawardi, K. (2022). Integrasi Filsafat Dan Agama Dalam Perspektif Ibnu Rusyd. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 588–595. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2746
Nurdin, M. A. (2018). Islam Di Eropa: Mendayung Di Antara Debat dan Negosiasi. Ilmu Ushuluddin, 5(2), 155–166. https://doi.org/10.15408/iu.v5i2.12779
Rozi, F. (2020). Kritik Al-Ghazali Terhadap Pemikiran Para Filosof. PUTIH: Jurnal Pengetahuan Tentang Ilmu Dan Hikmah, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.51498/putih.v5i1.59
Ruswandi, Y., & Wiyono, W. (2020). Etika Menuntut Ilmu Dalam Kitab Ta’lim Muta’alim. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), 4(1), 90–100. https://doi.org/10.19109/jkpi.v4i1.5937
Shaliadi, I. (2015). Khawarij: Arti, Asal-Usul, Firqah-Firqah, Dan Pendapatnya. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(1), 16. https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i1.652
Siddiqui, S. (2019). Jadal and Qiyās in the Fifth/Eleventh century: Two debates between al-Juwaynī and al-Shīrāzī. Journal of the American Oriental Society, 139(4), 923–944. https://doi.org/10.7817/jameroriesoci.139.4.0923
Syafril, M. (2017). Pemikiran sufistik mengenal biografi intelektual Imam al-Ghazali. Jurnal Syahadah, V(2), 1–26.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Published
2024-07-11