STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS WARUNG KOPI SEBAGAI METODE DAKWAH

(STUDI ANALISIS DI PROPINSI ACEH)

  • Mukhsinuddin STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • Syarifah Rohana STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • Amrizal Hamsa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
Keywords: Strategi Komunikasi Bisnis, Metode Dakwah, Aceh

Abstract

Melihat kebiasaan unik dalam minum kopi di kalangan penduduk Propinsi Aceh, kita tidak akan menemukan hal serupa di luar wilayah Aceh. Di sana, masyarakat Aceh dengan antusias meluangkan waktu berjam-jam hanya untuk menikmati secangkir kopi bersama teman-teman atau keluarga mereka. Ini adalah salah satu aspek budaya yang membedakan masyarakat Aceh dari yang lain. Setelah Tsunami melanda Aceh pada tanggal 26 Desember 2004, warung kopi mulai bermunculan di seluruh Aceh, terutama di Kota Meulaboh Aceh Barat, Aceh Jaya, Banda Aceh, Blang Pidie, Nagan Raya, dan daerah lainnya. Ini menunjukkan bahwa usaha yang menyediakan kopi telah menjadi pilihan utama masyarakat Aceh. Warung kopi menawarkan berbagai jenis dan model minuman kopi, pelayanan yang baik, serta fasilitas seperti akses internet gratis (WiFi) untuk menarik pelanggan tetap. Tentu saja, dalam persaingan ketat dengan berbagai warung kopi lain yang menjual produk serupa, dibutuhkan metode modern yang nyaman untuk menjaga dan menarik konsumen yang setia.

References

Aggerholm, H. K., Andersen, M. A., Asmuß, B., & Thomsen, C. (2009). Management Conversations in Danish Companies: Communicating Corporate Values and Strategies. Corporate Communications: An International Journal, 14(3), 264-279. doi:10.1108/13563280910980050

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. (2012). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Canggara, H. (2009). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Crick, A. P., & Spencer, A. (2011). Hospitality Quality: New Directions and New Challenges. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 23(4), 463-478. doi:10.1108/09596111111129986

Dewi, S. (2007). Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Effendy, O. U. (1993). Human Relations dan Public Relations. Bandung: Mandiri Maju.

Ernawan, E. R. (2011). Business Ethics. Bandung: Alfabeta.

Fiske, J. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Hadi, A., & Haryono. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Haryani, S. (2001). Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: AMP YKPN.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif: Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahardjo, P. (2013). Kopi: Panduan Budi Daya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Bogor: Penebar Swadaya.

Sabirin, Jasafat, Juhari, & Muthalib, S. A. (2011). Dakwah Media Aktualisasi Syariat Islam. Banda Aceh: Dinas Syariat Islam.

Saefullah, U. (2007). Kapita Selekta Komunikasi: Pendekatan Budaya dan Agama. (N. S. Nurbaya, Ed.) Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Usman, A. R. (2009). Etnis Cina Perantauan di Aceh. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Published
2023-12-08
Section
Articles