IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS AQIDAH PADA SISWA SD RANTO PANYANG KECAMATAN MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT

  • Suroto STAIN TEUNGKU DIRUNDENG MEULABOH

Abstrak

Pendidikan bukan hanya bertujuan menciptakan manusia-manusia cerdas di bidang sains, teknologi, dan intelektualitasnya, tetapi juga harus mampu menumbuhkembangkan sikap dan semangat keagamaan yang terbuka (inklusif), karena keduanya tidak dapat dipisahkan. Berdasarkan hal tersebut mendorong penulis untuk membahasnya dengan judul SD Ranto Panyang Barat Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Baratâ€. Penelitian ini bertujuan pertama untuk mengetahui implementasi pendidikan berbasis aqidah pada siswa kelas I SDN Ranto Panyang,. Penelitian skripsi ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas (library research). Sampel dari penelitian ini adalah 27 murid kelas I dan guru SDN Ranto Panyang. Analisis data dilakukan dengan cara memeriksa kuisioner yang telah dijawab oleh murid sebagai responden, mengumpulkan hasil wawancara kemudian menghitung frekuensi dan persentase dari setiap alternatif jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Pendidikan Berbasis Aqidah pada Siswa Kelas I SDN Ranto Panyang  berjalan dengan baik. Implementasi pendidikan berbasis aqidah dengan menghubungkan materi pelajaran dengan nilai-nilai aqidah, dan menjelaskan nilai-nilai aqidah itu.

Diterbitkan
2021-12-31
Bagian
Articles