PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Imam Wahyudi Institut Agama Islam Ngawi
  • Nurul Aulia Sari Institut Agama Islam Ngawi, Indonesia
  • Qodriyana Kusumastiti Institut Agama Islam Ngawi, Indonesia
  • Syifa Zakia Rahma Azizah Institut Agama Islam Ngawi, Indonesia
  • Siti Zulaikha Institut Agama Islam Ngawi, Indonesia
Kata Kunci: Merdeka Curriculum, Peran Kepala Madrasah Ibtidaiyah

Abstrak

Kurikulum merupakan modal dasar dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Saat ini, kurikulum di Indonesia sedang mengalami transisi dari Kurikulum 2013 menuju Kurikulum Merdeka. Proses transisi ini membutuhkan peran strategis Kepala Madrasah dalam mendukung implementasinya, yaitu sebagai Educator, Manager, Administrator, Supervisor, Leader, Innovator, dan Motivator. Tanpa peran-peran tersebut, implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah tidak dapat berjalan sesuai harapan, terutama karena Madrasah Ibtidaiyah memiliki ciri khas berbasis keislaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Legowetan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dengan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Legowetan, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Kepala Madrasah Ibtidaiyah Legowetan telah dijalankan sesuai dengan fungsinya secara aktif. Meskipun terdapat berbagai tantangan dalam pelaksanaannya, tantangan-tantangan tersebut tidak menjadi hambatan, melainkan menjadi pendorong keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Legowetan.

Referensi

Adha, Wahyu Arief, and Siska Fadhila. 2023. “Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” JURNAL BASICEDU 3(1):50–59. doi: 10.33507/ibtida.v3i1.1121.
Alfikri, Mochamad Yogie, Sri Handayani, and Chanifudin Chanifudin. 2024. “Tantangan Dan Peluang Implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah: Menuju Madrasah Unggul Yang Berdaya Saing.” HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation 1(2):698–702. doi: 10.57235/hemat.v1i2.2816.
Andriani, Sri, Inom Nasution, and Budi. 2024. “Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Di MTs. Negeri 2 Medan.” 2(4).
Ashari, Zakariyah. 2024. “Peran Kepala Madrasah Sebagai Educator Untuk Kompetensi Profesional Guru Di Mbi Ummah Pacet Mojokerto.” Indonesian Journal of Islamic and Social Science 2(1):1–15.
Gauri Zantia, Deyana Pratiwi. 2023. “PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN.” JOURNAL CERDAS MAHASISWA 5(2):130–41.
Khotimah, Siti, and Triana Rosalina Noor. 2024. “Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.” Nuris Journal of Education and Islamic Studies 4(1):33–42. doi: 10.52620/jeis.v4i1.64.
Mulyasa, H. E. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Bumi Aksara.
Nuryoso, Dwi Saputra, Muhammad M. Qawim, Ahmad Hariyadi, and Slamet Utomo. 2023. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar.” Equity In Education Journal 5(1):14–22. doi: 10.37304/eej.v5i1.8256.
Sudjiati, Sudjiati, and Muhdi Muhdi. 2024. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah 5(1):158–67. doi: 10.51874/jips.v5i1.204.
Vitri Nurhandayani, Kusnandi, Lilis Kholisoh Nuryani. 2024. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah Vitri Nurhandayani.” 2(3).
Walidaini, Faridlotul, Moch Bahak Udin By Arifin, and Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 2024. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Ibtidaiyah.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09(01):2548–6950.
Diterbitkan
2024-12-31
Bagian
Articles