PENERAPAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI PENDIDIKAN DASAR: TINJAUAN SISTEMATIS TERHADAP DAMPAK DAN EFEKTIVITAS

  • Wildan Nuril Ahmad Fauzi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Yuli Setiawati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Kata Kunci: Teknologi Digital, Pembelajaran Aktif, Keterlibatan Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas integrasi teknologi digital dalam strategi pembelajaran aktif di sekolah dasar, serta mengevaluasi dampaknya terhadap keterlibatan dan prestasi siswa. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan teknologi digital di kelas. Melalui analisis terhadap beberapa literatur dan studi empiris, ditemukan bahwa teknologi digital seperti aplikasi konferensi video, platform pembelajaran daring, dan smartboard digital berperan signifikan dalam meningkatkan interaksi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Meskipun teknologi digital mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan fleksibel, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan keterampilan teknologi di kalangan guru masih menjadi penghambat utama dalam penerapannya. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan adanya dukungan infrastruktur yang lebih merata, pelatihan guru yang berkelanjutan, serta kebijakan pendidikan yang memastikan akses yang adil terhadap teknologi di seluruh wilayah. Dengan demikian, pembelajaran aktif berbasis teknologi dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.

Referensi

Abeysekera, L., & Dawson, P. (2015). Motivation and cognitive load in the flipped classroom: definition, rationale and a call for research. Higher Education Research & Development, 34(1), 1–14. https://doi.org/10.1080/07294360.2014.934336
Arifin, Z., & Setiawan, A. (2012). Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Skripta Media Creative.
Bell, D., & Kahrhoff, J. (2006). Active Learning Handbook. Copyright Webster University.
Choudhury, S., & Pattnaik, S. (2020). Emerging themes in e-learning: A review from the stakeholders’ perspective. Computers & Education, 144, 1–20. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103657
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Fidan, M., Debbağ, M., & Çukurbaşı, B. (2020). Technology proficiency self-assessments of teachers becoming professional in the 21st century: A scale adaptation study. Pegem Eğitim ve Öğretim Dergisi, 10(2), 465–492. https://doi.org/10.14527/pegegog.2020.016
Fitrah, A., Yantoro, Y., & Hayati, S. (2022). Strategi guru dalam pembelajaran aktif melalui pendekatan saintifik dalam mewujudkan pembelajaran abad 21. Jurnal Basicedu, 6(2), 2943–2952.
Fletcher, G., & Griffiths, M. (2020). Digital transformation during a lockdown. International Journal of Information Management, 55, 102185. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102185
Hatta, P., Aristyagama, Y. H., Yuana, R. A., & Yulisetiani, S. (2020). Active Learning Strategies in Synchronous Online Learning for Elementary School Students. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 4(2), 86. https://doi.org/10.20961/ijie.v4i2.46019
Hidayati, I. W., Azura, N., & Noviyanti, S. (2022). Strategi pembelajaran aktif pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 216–221.
Mun, S. H., Abdullah, A. H., Mokhtar, M., Ali, D. F., Jumaat, N. F., Ashari, Z. M., Samah, N. A., & Rahman, K. A. A. (2019). Active Learning Using Digital Smart Board to Enhance Primary School Students’ Learning. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 13(07), 4. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i07.10654
Nurdyansyah, & Fitriyani, T. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurdyansyah, & Widodo, A. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Nizamia Learning Center.
Silberman, Melvin. L. (1996). Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Yapendis.
Sivan, A., Leung, R. W., Woon, C., & Kember, D. (2000). An Implementation of Active Learning and its Effect on the Quality of Student Learning. Innovations in Education and Training International, 37(4), 381–389. https://doi.org/10.1080/135580000750052991
Stöhr, C., Demazière, C., & Adawi, T. (2020). The polarizing effect of the online flipped classroom. Computers & Education, 147, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103789
Turan, Z., & Akdag-Cimen, B. (2020). Flipped classroom in English language teaching: a systematic review. Computer Assisted Language Learning, 33(5–6), 590–606. https://doi.org/10.1080/09588221.2019.1584117
Wei, X., Cheng, I.-L., Chen, N.-S., Yang, X., Liu, Y., Dong, Y., Zhai, X., & Kinshuk. (2020). Effect of the flipped classroom on the mathematics performance of middle school students. Educational Technology Research and Development, 68(3), 1461–1484. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09752-x
Wibowo, G. A., Karim, A. A., Hasan, S. H., & Ruhimat, M. (2023). Use of Technology in Active Learning: Increasing Student Interaction and Engagement. Al-Hijr: Journal of Adulearn World, 2(4), 271–293. https://doi.org/10.55849/alhijr.v2i4.539
Diterbitkan
2025-08-20