DAMPAK PERILAKU BULLYING TERHADAP PSIKOSOSIAL PESERTA DIDIK DITINJAU DARI PERKEMBANGAN EMOSI DAN MOTIVASI BELAJAR (STUDI KASUS DI MI MA’ARIF CEKOK BABADAN PONOROGO)
Abstrak
Bullying merupakan perilaku negatif yang dilakukan secara berulang-ulang oleh satu orang atau sekelompok orang dengan sadar baik secara fisik maupun verbal dengan tujuan untuk menyakiti korban. Perilaku bullying yang terjadi di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo menyebabkan suasana lingkungan yang kurang baik terhadap perkembangan emosi dan motivasi belajar peserta didik. Bentuk perilaku bullying yang ada di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo berupa fisik dan non fisik/verbal. Munculnya perilaku Bullying ini disebabkan karena adanya masalah kecil sehingga menimbulkan dampak terhadap psikososial baik bagi korban, pelaku, dan juga saksi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku bullying di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo; (2) mendeskripsikan dampak perilaku bullying terhadap perkembangan emosi peserta didik di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo; dan (3) mendeskripsikan dampak perilaku bullying terhadap motivasi belajar peserta didik di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik Pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan model analisis Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) bentuk perilaku bullying fisik yang terjadi di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo yaitu, dipukul, disembunyikan barangnya, didorong, dan ditarik bajunya. Sedangkan bentuk bullying non fisik/verbal yang terjadi yaitu memanggil-manggil nama orang tua, mengolok-olok, mengejek, dan menakut-nakuti; (2) dampak perilaku bullying yang ditimbulkan akibat perkembangan emosi peserta didik di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo yaitu korban bullying takut, menangis, pendiam, sedih, tidak nyaman. Sedangkan pelaku merasa senang dan saksi ada yang merasa kasihan; (3) dampak perilaku bullying yang ditimbulkan akibat kurangnya motivasi belajar peserta didik di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo yaitu kurangnya konsentrasi saat proses pembelajaran, kurangnya daya tangkap terhadap materi pembelajaran, peserta didik tidak memiliki semangat belajar, dan peserta didik tidak aktif saat proses pembelajaran.
Referensi
Amini, Yayasan Semai Jiwa. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT Grasindo.
Astuti, Ponny Retno. (2008). Meredam Bullying 3 Cara Efektif Mengatasi Kekerasan Pada Anak. Jakarta: PT. Grasindo.
Budhi, Setia. (2020). KILL BULLYING Hentikan Kekerasan di Sekolah. Universitas Lambung Mangkurat.
Bungin, Burhan. (2012). Analisis Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Chaplin, James P. (1999). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Detikedu, Kasus Bullying Marak Terjadi Ini yang Harus Dilakukan Oleh Orang Tua untuk Mencegahnya, https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6975340/kasus-bullying-marak-terjadi-ini-yang-harus-dilakukan-orang-tua-untuk-mencegahnya, diakses pada tanggal 5 Februari 2024.
Komariyah, Selvi. (2022). Dampak Bullying School Terhadap Perkembangan Sosial Remaja di SMK Al-Muhtadin Depok. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Kompasiana, Perilaku Bullying yang Terjadi pada Anak Sekolah Dasar, https://www.kompasiana.com/andininurpermata88/646efba508a8b560dd7df623/perilakubullying-yang-terjadi-pada-anak-sekolah-dasar, diakses pada tanggal 25 Desember 2023.
Muhammedi, dkk. (2017). Psikologi Belajar. Medan: LARISPA Indonesia.
Nasution, Fadhilah Syam. (2021). “Kasus Bullying ditinjau dari kecerdasan emosional dan kesehatan mental anak usia dini.” Jurnal Ilmiah dalam Pendidikan Dasar 4, no.2, 10.
Nurdahlia, Dwi Ulfa, Ratna Nila Puspitasari. (2023). “Bimbingan Klasikal Sebagai Pemahaman Dampak Perundungan Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Prosiding Konferensi Penguatan Kajian Islam di Era Diggital 3, no. 1, 229.
Putri, Elsya Derma. (2022). “Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah: Dampak Serta Penanganannya.” Jurnal Penelitian, Pemikiran dan Pengabdian 10, no. 2, 27.
Rochmah, Elfi Yuliani. (2014). Psikologi Perkembangan (Sepanjang Rentang Hidup). Ponorogo: STAIN Po PRESS.
Saldana, Miles, Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis. America: SAGE Publications.
Sartika, Nomi. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Hubungan Sosial Siswa di SMPN 17 Kota Jambi. Skripsi: Universitas Jambi.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta.
Suyanto, Bagong. (2010). Masalah Sosial Anak. Jakarta: Prenada Media Group.
Wiyani, Novan Ardy. (2012). Save Our Children From School Bullying. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##