PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS V PADA MATERI BANGUN RUANG DI MI MIFTAHUL HUDA

  • Akhmad Fauzi IKHAC Mojokerto
  • Rani Rani Arnia Institut KH Abdul Chalim Mojokerto
Kata Kunci: Build Space, Mathematical Reasoning Ability, Monopoly Learning Media

Abstrak

Hasil skor PISA pada 2018, Indonesia menempati peringkat 72 dari 79 negara untuk bidang literasi numerik. Salah satu penyebabnya yaitu pembelajaran yang dilakukan Guru masih monoton. Media pembelajaran monopoli merupakan media permainan dimana siswa dapat berperan aktif saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran  monopoli terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas V pada materi bangun ruang. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain penelitian one group pretest posttest design. Dengan subjek penelitian berjumlah 20 orang siswa kelas V. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa meningkat dari skor pretest sebesar 61,00 menjadi 73,40 pada saat posttest. Kemudian menggunakan analisis data uji paired sample t-test diperoleh hasil sebesar 0,000 pada taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas V pada materi bangun ruang.

Referensi

A.HusnalM. (2009). Permainan lTradisional lIndonesia: lUntuk lkreativitas, lketangkasan ldan lkeakraban. Jakarta: lAndi lPublisher
Badan lStandar lNasional lPendidikan. (2016). Salinan lPP lNomor l22 lTahun l2016. Retrieved from lhttp://bsnp-indonesia.org,
Depdiknas. (2006). Kurikulum Standar Kompetensi Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas
Hasbi, Muh. & Hidayah,lNurul. (2017). Pengaruh lKemampuan lPenalaran lMatematis Tehadap lKemampuan lKoneksi lMatematis lMahasiswa lPendidikan lMatematika. FKIPlUniversitas lTadulak lAngkatan, lAKSIOMA lJurnal lPendidikan lMatematika, lVolume l6 lNomor l2 l
Irwan, Dede. (2017). Pengembangan Media Permainan (Game) Monopoli Pada Pembelajaran Fisika Materi Besaran Dan Satuan Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) (pp. 17).

Mikrayanti. (2016). Meningkatkan lKemampuan lMatematis lMelalui lPembelajaran lBerbasis Masalah, lSuska lJournal lof lMathematic lEducation, lVol.2, No.2
Muhson, Ali. (2010). Media Pembelajaran.Yogyakarta: Universitas Negeri, 1"VIII, No.2
Noviarni. (2014). Perencanaan lPembelajaran lMatematika ldan lAplikasi. lPekanbaru: Benteng lMedia (pp. l18).
Offirstson, lTopik. (2014). lAktifitas lPembelajaan lMatematika lMelalui lInkuiri lBerbantuan Software Cinderella. lYogyakarta: lCV lBudi lUtama
Sudijono, Anas. (2007). Pengantar Statistika. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono, (2017).lMetode lPenelitian lKuantitatif, lKualitatif lDan lR&D. lBandung: Alfabeta.
Sukirman ldkk,l(2008).lMatematika. lModul. lJakarta: lPenerbit lUniversitas lTerbuka.
Widayanti Numa Sa’adah, (2010). Peningkatan Kemampuan Penalara Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan matematika Melalui PMRI.
Widyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diterbitkan
2022-12-30
Bagian
Articles