PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

  • lisa oktapia Universitas islam Negeri Sumatera Utara
  • Syarifah Yunus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Rora Rizky Wandini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah memberikan pengetahuan bagaimana metode pendekatan RME ini masih jarang digunakan oleh tenaga pendidik, peneliti menggunakan metode pendekatan ini agar tenaga pendidik lebih mudah untuk mengajarkan matematika karena metode ini menggunakan suatu media yang nyata dan dekat dengan kehidupan sehari hari peserta didik. Penggunaan media atau alat peraga dalam pendekatan RME sangat penting untuk menjembatani antara materi dalam pembelajaran matematika dengan kehidupan nyata peserta didik. Peran guru yang sangat diperlukan dalam pendekatan RME ini adalah sebagai fasilisator dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplor lebih dalam lagi tentang matematika di kehidupan sehari harinya serta siswa dituntut untuk aktif bersama sama dalam menjalankan proses pembelajaran matematika

Referensi

Abdullah, A. A. (2016). Peran Guru Dalam Mentransformasi Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 4 Sipirok Kelas Vii Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Pmr). Eksakta: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Mipa, 1(1).
Aisyi, R., & Rohman, N. (2022). Persepsi Orang Tua Dan Guru Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Dimasa Covid-19 Di Desa Ranub Dong. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 81–92.
Azkia, N., & Rohman, N. (2020). Analisis Metode Montessori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sd/Mi. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–14.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.
Isma, C. N., Rohman, N., & Istiningsih, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa Kelas 4 Di Min 13 Nagan Raya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7932–7940.
Juliawan, R., Haris, A., Salahuddin, M., & Sari, I. P. (2022). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Matematika Education (Rme). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2605–2611.
Lilik, S. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Pada Materi Pengumpulan Dan Penyajian Data Untuk Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar [Phd Thesis]. Universitas_Muhammadiyah_Mataram.
Maulani, M. I. (2022). Pembiasaan Strategi Mencongak Sebagai Upaya Mengatasi Hambatan Berhitung. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1).
Obiarta, N., Sudiana, I. W., & Rasana, I. D. P. R. (2014). Penerapan Pendekatan Rme (Realistic Mathematic Education) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1).
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.
Rohman Et Al. (2019). Membumikan Pendidikan Karakter Dengan Paradigma Integratif Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi). K-Media Yogyakarta.
Rohman, N. (2021a). Analisis Teori Behaviorisme (Thorndike) Pada Pelajaran Matematika Dan Bahasa Indonesia Sdn Upt Xvii Mukti Jaya Aceh Singkil. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 223–236.
Rohman, N. (2021b). Analisis Teori Behaviorisme (Thorndike) Pada Pelajaran Matematika Dan Bahasa Indonesia Sdn Upt Xvii Mukti Jaya Aceh Singkil. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 223–236.
Sartika, I. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pendekatan Matematika Realitik Di Sekolah Dasar. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 101.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkarandi Sdn Tanggul Wetan 02kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), 165–174.
Trisyanti, R. (2020). Relevansi Dan Signifikansi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Serial Kartun Nussa Dan Rarra Dalam Pendidikan Akhlak Bagi Siswa Tingkat Mi [Phd Thesis]. Iain Ponorogo.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26.
Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Di Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Civics, 13(2), 188–198.
Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183–193.
Zubaidah, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Efficacy Matematik Siswa Smp Negeri 26 Medan Dengan Pendekatan Matematika Realistik [Phd Thesis]. Unimed.
Diterbitkan
2022-12-30
Bagian
Articles