IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN BUDAYA RELIGIUS DI SDN SUKALUYU 2 CIANJUR
Abstrak
Budaya religious pada umumnya hanya dijadikan sebagai objek formalitas saja di lembaga pendidikan, sehingga hal tersebut tidak mengaktulkan intisari dari peran budaya religious. Padahal, eksistensi buadaya religious tidak hanya sebagai formalitas belaka melainakn sebagai pemebntukan kepribadian yang sempurna memalui peribadhan kepada Sang Pencipta. SDN Sukaluyu 2 merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang terleak di desa Sukaluyu yang menerapkan budaya religious tidak hanya dijadikan formalitas belaka, melainkan dapat meningkatkan rasa ketaqwaan dan rasa kaish sayang sesame manusia, baik yang satu paradigma maupun yang berebda. Program budaya religious yang terdapat di Lembaga tersebut yaitu tadarus, ceramah dan menerapkan 3 S. SDN Sukaluyu 2 telah benar-benar mengktualkan substansi dari budaya religious, karena bisa dilihat dari hasil wawancara dengan siswa dan guru agama bahwa budaya religious tidak hanya dijadikan objek formil melainkan sebagai jalan ketaqwaan pada sang pencipta dan bisa meningkatkan karakter religious yang terdapat pada diri siswa seperti rasa kasih saying kepada sesame tanpa melihat bekron manusia itu sendiri.
Referensi
Abdul Madjid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Remaja Rosdakrya.
Alnashr, M. S. (2018). Integrasi Pendidikan Siaga Bencana dalam Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 6(2). https://doi.org/10.31942/mgs.v6i2.1779
Amiyah, F., & Subiyantoro, H. (2020). Membangun Budaya Religius Siswa Melalui Kegiatan Sekolah di Lingkungan SMA Sunan Ampel. Jurnal Ilmu Ilmu Sosial, 17(2), 346–357.
Arif, W. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Budaya Religius. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.24256/kelola.v5i1.1414
Azis, M. A., & Masrukin, A. (2019). Budaya Religius Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMP Islam Ulul Albab Nganjuk. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9(3), 377–386. https://doi.org/10.33367/ji.v9i3.1040
Baecker, D. (1997). The Meaning of Culture. Thesis Eleven, 51(1), 37–51. https://doi.org/10.1177/0725513697051000004
Ellya Novera, Daharnis, Yeni Erita, A. F. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.
Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28.
Hardiansyah, F., & Mas’odi, M. (2020). Implementasi Nilai Religius Melalui Budaya Sekolah: Studi Fenomenologi. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.49
Hidayat, A. W. (2020). Studi Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Model Kurikulum 2013. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 6(2), 172–188. https://doi.org/10.53627/jam.v6i2.3792
Isnaeni, F., & Fatimah, F. (2021). Efektivitas Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Sebelum Kbm Pendidikan Agama Islam Sebagai Bentuk Religiusitas Mahasiswa Universitas Pamulang. Jurnal Kajian Agama Hukum Dan Pendidikan Islam (KAHPI), 2(2), 1. https://doi.org/10.32493/kahpi.v2i2.p1-14.9445
Jailani, M., Widodo, H., & Fatimah, S. (n.d.). PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Kependidikan Islam, 11, 2021. https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i1.8886
Jannah, M. (2019). Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 77. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.178
Jendri. (2013). Hubungan Sains dengan Agama Perspektif Pemikiran Ian G Barbour. Tajdid, 18(1), 57–78.
Kozyref. (2007). Religious Culture As A School Subject. British Of Journal Religious Education, 45.
Kurikulum, I., & Pelajaran, M. (2022). PAI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMK. 8(1), 65–72.
Kusaeni, I., Amirudin, A., & Sittika, A. J. (2021). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2329–2338. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1134
Ma’rufah, A. (2020). Pengembangan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Edukasia, 1(1), 125–136.
Muhadjir, N. (n.d.). Ilmu Pendidikan Dan Perubahan Sosial Suatu Teori pendekatan. Rara Sarisin.
Nuraeni, I., & Labudasari, E. (2021). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa di SD IT Noor Hidayah. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 119. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.51593
Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985
Solihin, R. (2020). Akidah dan Akhlak dalam Perspektif Pembelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i5.92
Sunarso, A. (2020). Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Pendidikan Agama Islam (Pai) Dan Budaya Religius. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 155–169.
Ulfah, J., & Suyadi, S. (2021). Konsep Budaya Religius dalam Membangun Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 21–29. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.950
Wafi, A. (2017). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 133–139. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.741
Yunianto, T., Suyadi, S., & Suherman, S. (2020). Pembelajaran abad 21: Pengaruhnya terhadap pembentukan karakter akhlak melalui pembelajaran STAD dan PBL dalam kurikulum 2013. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6339
Yusuf, M., Ritonga, M., & Mursal, M. (2020). Implementasi Karakter Disiplin dalam Kurikulum 2013 Pada Bidang Studi PAI di SMA Islam Terpadu Darul Hikmah. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 49–60. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3437
Zulaikhah, D., Sirojuddin, A., & Aprilianto, A. (2021). Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 54–71. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.6
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##