MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

  • Sy Rohana Rohana Sekolah Tinggi Agama Islam Teungku Dirundeng Meulaboh

Abstrak

Jurnal ini membahas tentang model pembelajaran  pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Dalam proses pembelajaran sangat penting   sebuah model,  seorang guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar harus mampu     menyesuaikan antara model dan materi pembelajaran. Penulisan ini bertujuan untuk membahas model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan oleh guru, walupun di Sekolah Dasar secara unum menggunakan model pembelajaran tematik yang menjadi keharusan dalam pelaksanaan pembelajaran di semua mata pelajaran pada kelas I – IV.  Metode penulisan yang digunakan adalah kajian Pustaka dengan mencari buku-buku  dan pembahasan-pembahasan, teori-   teori  yang relevan dengan masah yang akan di kaji. Hasil kajian artikel ini      menunjukkan bahwa model pembelajaran PAIKEM secara teori cocok diterapkan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar.

Referensi

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasisi Kompetensi, Bandung: Remaja Rosada Karya, 2006.

Asep A. Aziz, Ajat S. Hidayatullah, Nurti Budiyanti, Uus Ruswandi, Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 18 No. 2 , Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, 2020 diunduh 02 Juli 2022.

Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2010.

Darsono, Belajar dan Pembelajaran, Semarang: IKIP Semarang Press, 2000.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain,Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Dr. Endang Mulyatiningsih, Diklat Peningkatan Kompetensi Pengawas dalam Menja-min Mutu Pendidikan Pembelajaran, Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan, Direktorat Jendral Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Jl. Raya Parung Km 22-23 Bojong-sari, Depok, Jawa Barat, 23-25 AGUSTUS 2010.

Dra. Husniyatus Salamah Zainiyati, M. Ag, Model dan Strategi Pembelajaran Aktif Te-ori dan Praktik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Putra Media Nusantara Surabaya & IAIN Press Sunan Ampel, 2010.

Drs. H. Aswan, M. Pd, Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM, Aswaja Pressindo, Ce-takan: II, 2016.

Eni Fariyatul Fahyuni, Nerdyansyah, Innovasi Pembelajaran PAI SD/SMP/SMA/ (Te-ori dan Praktik, Nizamia Learning Center, cet Pertama, 2012.

Hamzah B.Uno, Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan PAIKEM, (Jakarta: I BumAksara, 2012).

Hartono, dkk, PAIKEM, Jogjakarta : Zanafa Publis, 2012.

Himpunan Peraturan Perundang-undangan SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Fokus Media, 2010.

https://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-model-pembelajaran-pakem-pembelajaran-aktif-kreatif-efektif-menyenangkan/, diunduh tanggal 01 Juli 2022.

https://teks.co.id/wp-content/uploads/2020/02/PAI.png, diunduh tanggal 29 Juni 2022.

https://www.e-jurnal.com/2014/02/pembelajaran-berbasis-kompetensi.html, diunduh tanggal 29 Juni 2022.

Ibrahim, M. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Jakarta; Direktorat PendidikanLanjutan Pertama Depdiknas, 2003.

Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Research, ALUMNI, Bandung, 1998.

Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasisi Kompetensi. Bandung: Remaja Rosada Karya, 2006.

Mengajar yang Kreatif dan Efektif”. Jakarta : PT Bumi Aksara. Winataputra,2011.

Muhammad Afandi, dkk, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Unissula Press, 2013.

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran, 2008.

Nurdyansyah, M.Pd, Eni Fariyatul Fahyuni. M.Pd.I, Inovasi Model Pembelajaran (Sesuai dengan Kurikulum 2013), Nizamia Learning Center Sidoarjo. 2016.

Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan islam. Jakarta: Erlangga, 2007.

Roestiyah, Strategi .Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Roqib, Muhammad. Ilmu Pendidikan islam. Yogyakarta: LKiS, 2009.

Rusman, Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2008.

Saefuddin,A dan berdiati, pembelajaran Efektif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, I, 2014.

Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan era Rasulullah sampai Indonesia, Jakarta: Kencana, 2011.

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta,

.

Tohrin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Garafindo persada, 2006.

Udin S, Model-model pembelajaran inovatif. Universitas, 2001

Umar, Bukhari. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah, 2010.

Uno, Hamzah B, Model Pembelajaran “Menciptakan Proses Belajar

Zakiah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Zuhairini dkk. Methodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usana Offset printing, 1983.

Diterbitkan
2022-12-30
Bagian
Articles