MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

  • Sy Rohana Rohana Sekolah Tinggi Agama Islam Teungku Dirundeng Meulaboh
Keywords: Pakem Learning Model;, PAI Subjects;, in Elementary Schools;

Abstract

This journal discusses the learning model in the subject of Islamic Religious Education in Elementary Schools. In the learning process, a model is very important, an Islamic Religious Education teacher in elementary school must be able to adjust the model and learning material. This writing aims to discuss learning models that are in accordance with the material taught by teachers, even though elementary schools generally use thematic learning models which are mandatory in the implementation of learning in all subjects in grades I – IV. The writing method used is library research by looking for books and discussions, theories that are relevant to the problem to be studied. The results of the study of this article show that the PAIKEM learning model is theoretically suitable to be applied in the learning process of Islamic Religious Education in Elementary Schools.

References

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasisi Kompetensi, Bandung: Remaja Rosada Karya, 2006.

Asep A. Aziz, Ajat S. Hidayatullah, Nurti Budiyanti, Uus Ruswandi, Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 18 No. 2 , Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, 2020 diunduh 02 Juli 2022.

Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2010.

Darsono, Belajar dan Pembelajaran, Semarang: IKIP Semarang Press, 2000.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain,Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Dr. Endang Mulyatiningsih, Diklat Peningkatan Kompetensi Pengawas dalam Menja-min Mutu Pendidikan Pembelajaran, Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan, Direktorat Jendral Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Jl. Raya Parung Km 22-23 Bojong-sari, Depok, Jawa Barat, 23-25 AGUSTUS 2010.

Dra. Husniyatus Salamah Zainiyati, M. Ag, Model dan Strategi Pembelajaran Aktif Te-ori dan Praktik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Putra Media Nusantara Surabaya & IAIN Press Sunan Ampel, 2010.

Drs. H. Aswan, M. Pd, Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM, Aswaja Pressindo, Ce-takan: II, 2016.

Eni Fariyatul Fahyuni, Nerdyansyah, Innovasi Pembelajaran PAI SD/SMP/SMA/ (Te-ori dan Praktik, Nizamia Learning Center, cet Pertama, 2012.

Hamzah B.Uno, Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan PAIKEM, (Jakarta: I BumAksara, 2012).

Hartono, dkk, PAIKEM, Jogjakarta : Zanafa Publis, 2012.

Himpunan Peraturan Perundang-undangan SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Fokus Media, 2010.

https://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-model-pembelajaran-pakem-pembelajaran-aktif-kreatif-efektif-menyenangkan/, diunduh tanggal 01 Juli 2022.

https://teks.co.id/wp-content/uploads/2020/02/PAI.png, diunduh tanggal 29 Juni 2022.

https://www.e-jurnal.com/2014/02/pembelajaran-berbasis-kompetensi.html, diunduh tanggal 29 Juni 2022.

Ibrahim, M. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Jakarta; Direktorat PendidikanLanjutan Pertama Depdiknas, 2003.

Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Research, ALUMNI, Bandung, 1998.

Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasisi Kompetensi. Bandung: Remaja Rosada Karya, 2006.

Mengajar yang Kreatif dan Efektif”. Jakarta : PT Bumi Aksara. Winataputra,2011.

Muhammad Afandi, dkk, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Unissula Press, 2013.

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran, 2008.

Nurdyansyah, M.Pd, Eni Fariyatul Fahyuni. M.Pd.I, Inovasi Model Pembelajaran (Sesuai dengan Kurikulum 2013), Nizamia Learning Center Sidoarjo. 2016.

Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan islam. Jakarta: Erlangga, 2007.

Roestiyah, Strategi .Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Roqib, Muhammad. Ilmu Pendidikan islam. Yogyakarta: LKiS, 2009.

Rusman, Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2008.

Saefuddin,A dan berdiati, pembelajaran Efektif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, I, 2014.

Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan era Rasulullah sampai Indonesia, Jakarta: Kencana, 2011.

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta,

.

Tohrin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Garafindo persada, 2006.

Udin S, Model-model pembelajaran inovatif. Universitas, 2001

Umar, Bukhari. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah, 2010.

Uno, Hamzah B, Model Pembelajaran “Menciptakan Proses Belajar

Zakiah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Zuhairini dkk. Methodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usana Offset printing, 1983.

Published
2022-12-30
Section
Articles