PENGARUH NILAI RELIGIUSITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 10 LUBUK ALUNG

  • Rahmi Mulya Universitas Negeri Padang
  • Sulaiman Sulaiman Universitas Negeri Padang
Keywords: The Value Of Religiosity, Learning Outcomes, Islamic Religious Education

Abstract

This study aims to determine the effect of religious values ​​on student learning outcomes in Islamic Religious Education classes IV and V at SDN 10 Lubuk Alung. This type of research is a quantitative research using associative research methods. The population in this study were grades IV and V at SDN 10 Lubuk Alung. The sample in this study was taken from the entire population of 31 respondents. The data collection technique uses a questionnaire and documentation. Data analysis used simple linear regression analysis, with religiosity values ​​as the independent variable and student learning outcomes as the dependent variable. The results of the study indicate that the values ​​of religiosity partially have a positive and significant effect on student learning outcomes in learning Islamic Religious Education. 

References

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Agus, Suprijono. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Alfadhil, M. (2019). Internalisasi Nilai Religiusitas pada Anak Dalam Keluarga. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 26-35.

Aviyah, Evi, & Farid. M. (2014). Religiusitas, kontrol diri dan kenakalan remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia 3.02, 127.

Daradjat, Zakiah. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Fatmawati, L. (2018). Pengaruh hasil belajar PAI terhadap akhlak siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Budaya Religius dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik dan Praktik Kontekstualisasi Pendidikan Agama di Sekolah. Yogyakarta: Kalimedia.

Hawi, Akmal. (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: rajawali pers.

Hidayati, S. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Religiusitas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMK Telkom Sandhy Putra Medan Tahun Ajaran 2009/2010. Tadrib, 2(1), 123-150.

Khaeriyah, U. (2019). Pengaruh religiusitas orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kajen (Doctoral dissertation, IAIN Pekalongan).

Khoerunnisa, K. (2017). Pengaruh pengetahuan tentang keberagamaan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Kountur, Ronny. (2003). Metode Penelitian. Jakarta:PPM

Muliawan, Jasa Ungguh. (2005). Pendidikan Islam Integratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Najib, M. A. (2018). Konsep Dan Implementasi Pembinaan Religiusitas Siswa Di SMA. Jurnal Tawadhu, 2(2), 556-571.

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika,11(01), 9-16.

Sjarkawi. (2008). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa SMK. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 25-30

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumantri, Mohammad. Syarif. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta:Rajawali Pers.

Syarnubi, S. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan. Tadrib, 5(1), 87-103.

Umar, M & Ismail, F. (2020). Buku ajar pendidikan agama Islam: konsep dasar bagi mahasiswa perguruan tinggi umum. Penerbit Cv. Pena Persada.

Umro, J. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Religius di Sekolah yang Berbasis Multikultural. Jurnal Al-Makrifat Vol, 3(2).

Uno, H. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

UU RI No.20 tahun 2003 Bab II pasal 3 tentang SISDIKNAS, Bandung: Fokus Media.

Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman nilai-nilai religius di sekolah dasar untuk penguatan jiwa profetik siswa

Published
2022-01-24
How to Cite
Mulya, R., & Sulaiman, S. (2022). PENGARUH NILAI RELIGIUSITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 10 LUBUK ALUNG. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 13(2), 171-185. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i2.695
Section
Articles