CONTENT COMMUNITIES BOOKSTAGRAMMER INDONESIA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PECINTA BUKU DI INDONESIA
Abstract
Bookstagrammer merupakan istilah yang digunakan untuk para pecinta buku yang aktif mengunggah foto dan menulis review buku di Instagram. Pada kajian ini, penulis menganalisa feeds (beranda) komunitas pecinta buku Gerakan One Week One Book dengan pendekatan kualitatif melalui metode wawancara tak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bookstagram Indonesia memanfaatkan Instagram sebagai sarana silaturahmi dengan pengguna yang memiliki kesamaan hobi, membangun komunikasi kelompok melalui sosial media, dan memaksimalkan fungsi komunikasi massa melalui sosial media.
References
Buku
Bambang Dwi Atmoko, Instagram Handbook, (Jakarta: Media Kita), 2012.
Komsahrial Romli, Komunikasi Organisasi Lengkap, (Jakarta: Grasindo), 2014
M. Djunaidi Ghony & Fauzan Almanshur, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2012).
Morissan, Teori Komunikasi Individu Hingga Massa, (Jakarta: Kencana), 2015.
Onong Uchjana Effendy, Dinamika Komunikasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008).
Prahastiwi Utari, Komunikasi 2.0: Teorisasi dan Implikasi, (Yogyakarta: Aspikom, 2011)
Jurnal
Annisa Azlina, Martha Tri Lestari, Dini Salmiyah Fithrah Ali, Pengaruh Aktivitas Pada Instagram Terhadap Sikap Mahasiswi Pengguna Instagram di Bandung (Studi Pada Instagram Fashion Blogger Sonia Eryka), dalam e-jurnal.
Akses Digital
“10 Bookstagrammer Indonesia yang Wajib Kamu Pantengin”, diakses melalui http://kubikelromance.com pada tanggal 30 Januari 2019.
“15 Bookstagrammer Indoneia yang Wajib Kamu Ikuti,” diakses melalui http://viva.co.id pada tanggal 1 Februari 2019.
“Instagram” Diakses melalui http://instagram.com pada tanggal 29 Februari 2019.
“Modul Perkualiahan Teori Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana”, diakses melalui http://studylibid.com
Copyright (c) 2019 At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.