Pemberitaan Tentang Kekerasan dan Perlindungan Anak di Sekolah Pada Portal Kompas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana portal Kompas menulis pemberitaan tentang kekerasan dan perlindungan anak di sekolah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis isi (content analysis) dengan mengkaji 3 (tiga) artikel pada bulan Mei 2025. Artikel yang dikaji dalam penelitian ini hanya yang berkaitan dengan isu kekerasan terhadap anak di sekolah yang ditulis oleh portal kompas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa portal kompas menulis pemberitaan terkait dengan gaya dan jenis berita straight news sehingga informasi tidak tergali lebih dalam. Adanya penggunaan framing yang mengarahkan berpihak kepada korban dan sekolah terkesan abai dalam isu kekerasan terhadap anak. Kajian ini juga menemukan minimnya penggunaan pedoman peliputan pemberitaan anak yang diterbitkan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) sebagai panduan dalam peliputan.
References
Hajar, Siti. “Fungsi Media Dan Partai Politik Di Dalam Pendidikan Politik Untuk Meningkatkan Keterwakilan Perempuan Di Legislatif.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.452.
Hikmalia, Wilda, Hafied Cangara, and Umaimah Wahid. “ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KEKERASAN SEKSUAL PADA PEREMPUAN DI MEDIA ONLINE,” n.d. http://ranahkomunikasi.fisip.unand.ac.id/.
Pamungkas, Ikbal. “Analisis Framing Robert N. Entman Terhadap Kasus Kronologi Penganiayaan Anak Di Bawah Umur Pada Media Online Kompas.Com.” Jurnal Ilmiah Multimedia Dan Komunikasi 8, no. 2 (December 19, 2023). https://doi.org/10.56873/jimk.v8i2.280.
“Pedoman Peliputan Dan Pemberitaan Anak,” n.d.
“UU Nomor 35 Tahun 2014,” n.d.