PERSEPSI MAHASISWA PGMI TERHADAP LOMBA OMAMI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS UNTUK PERSIAPAN MENJADI GURU
Abstract
Lomba Bersama PGMI (OMAMI), sebagai ajang kompetisi akademik yang bergengsi, diharapkan dapat menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa PGMI terhadap perlombaan OMAMI dalam meningkatkan kreativitas untuk persiapan menjadi guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah melalui informan yaitu mahasiswa PGMI yang berpartisipasi dalam lomba OMAMI. Pengumpulan data dilakukan dengan mencatat hasil wawancara dari pewawancara ke informan yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dalam lomba OMAMI memberikan dampak positif terhadap peningkatan kreativitas mahasiswa dalam merancang pembelajaran yang inovatif. Mahasiswa mengungkapkan peningkatan ketrampilan dalam berpikir kritis, pemecahan masalah dan kemampuan berkomunikasi. Selain itu, lomba ini juga berfungsi sebagai motivasi bagi mahasiswa untuk lebih aktif dalam kegiatan akademik dan pengembangan diri mereka sebagai calon guru.
References
Baskara, A., & Sutarni, N. (2024). Kompetensi pedagogik guru sma di indonesia: sebuah systematic literature review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3481–3496. https://jurnaldidaktika.org
Bogdan, tylor. (2014). Metoda Penelitian. Bab III Metoda Penelitian, Bab iii me, 1–9.
Fatikhin, A. C., Budiyanto, M., & Qosyim, A. (2024). Persepsi Siswa terhadap Model Pembelajaran RADEC dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 7–11. https://doi.org/10.26740/jppms.v8n1.p7-11
Kumala, N. (2019). OMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE KETELADANAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 79 KOTA BENGKULU SKRIPSI. 1–23.
Mangalo, N. (2024). Peran Guru sebagai Fasilitator: Tekanan atau Tantangan? Balai Guru Penggerak. https://bgpsulawesiutara.kemdikbud.go.id/2024/09/11/peran-guru-sebagai-fasilitator-tekanan-atau-tantangan/
Mumpuniarti, M. (2021). Persepsi dan pengembangan peta kognitif mahasiswa dalam blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 140–150. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.25787
Nasution, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. In Harfa Creatif (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Nursyafitri, G. (2022). Kenali 3 Jenis Teknik Analisis Data Kualitatif Terupdate 2022. Kenali 3 Jenis Teknik Analisis Data Kualitatif Terupdate 2022
Oktavianti, I. N., & Prayogi, I. (2024). Korpus Pembelajar Sebagai Big Data dalam Pengajaran Bahasa Inggris Di Era Masyarakat 5.0. In Transformasi Pendidikan Abad XXI : Sebuah Bunga Rampai.
Pratiwi, E. (2015). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini Antara Manfaat Akademik dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak. Seminar Nasional Pendidikan, 278–283.
Sudarta. (2022). Metode Penelitian. 16(1), 1–23.
Wahyu, W. (2021). PERAN KREATIVITAS MAHASISWA HIMA PGMI DALAM MENUNJANG VISI DAN MISI PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS IAIN BENGKULU. https://dsm.telkomuniversity.ac.id/visi-dan-misi-program-studi/
Wandiniu, R. R., Sukma, E., & Damanik, D. (2024). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menggunakan Buku Teks Berbentuk Komik Pendahuluan. 13(3), 3313–3322.
Copyright (c) 2024 AL-IHTIRAFIAH: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.