PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Aidil Saputra Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh
Keywords: Media, Prestasi Belajar, Hasil

Abstract

Islamic education serves as an effort to educate Islamic religion and its values to be the way of life for students. Media is one of the important parts inIslamic learning practice used as means of delivering instruction in the teaching and learning activities to help students understand about Islamic religion. Satisfying learning achievement is a goal and desire for every educator and student. For students, the satisfying achievement is the result of the effort they have done during the teaching and learning activities. Whereas for educators, satisfying achievement is a measure of success in the learning activities. The impact of the use of instructional media used
by Islamic Education teachers on student achievement achieves good results. In conclusion, from the results of this study, it is proven that the media is very influential on student learning achievement, can improve independent behavior, easier to understand and get good experience in the learning process.

References

Abd al-Rahman al- Nahlawi, (1995) Uhsu al-Tarbiyah al-Islamiah fi Baiti wa al- Madrasah wa al- Mujtama, Ter. Shihabuddin, Jakarta Gema Insani
Abdulhim Ibrahim, (1962), Almuwajjih Alfanniy limudarrisiy Luqat Al-A’rabiyah, Kairo, Darul Ma’rif
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, (1999), Psikologi Belajar , Jakarta: Rineka cipta.
Ahmad Rohani, (1997), Media Instruksional Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad Tafsir, (2005), Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Cet. VI, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Amir Hamzah S, (1985 ) Media Audio Visual Untuk Pengajaran,Penerapan dan Penyeluruhan. Jakarta: Gramedia.
Arief S. Sadiman, (2008), Media pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asnawari dan Basyiruddin Usman(2002), Media Pendidikan, Jakarta: Ciputat Pres.
Azhar Arsyad, (2007), Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bangbang Prasetyo, dan Lina Miftahul Jannah,(2006), Metode Penelitiann Kuantitatif, Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada.
Cece Wijaya, ddk, (1991), Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Cece Wijaya, ddk.(1992), Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung :Remaja Rosdakarya.
Cholid Narbuko, Abu Achmadi, (2009), Metode Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara.
Darwis A. Sulaiman, (1980), Mengajar kepada Teori dan Praktek, Jakarta: Depdikbud.
Departemen Agama RI., (2006), Undang-undang dan Peraturan Pemerintahan RI tentang Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.
Departemen Agama, (1993), Garis – Garis Besar Huan Program Pengajaran, Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.
Departemen Pendidikan, (2003), (Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cet. I, Jakarta: Fokus Media.
Departemen Pendidikan, 2003, Undang-Undang Republik Indonesia, No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara.
Dikutip dari hasil bacaan sebuah Skripsi Tehnik Elektro Fakultas Tekhnik Universitas Negeri Padang
Dirjen Perguruan Tinggi Agama Islam, (1988), Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, Jakarta: Depag. RI.
Eli Samana, (1994), Profesionalisme Keguruan. Dalam Samana (Yogyakarta: Kanisius, Samana) Samana, Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.
Hamzah B. Uno, (2008), Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Husein Umar, (2000), Research Methods in Finance and Bankin, Jakarta: PT. Gramadia Pustaka Utama.
Iman Ghozali, (2015), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: UNDIP.
John M. Echols dan Hasan Shadily, (1980), Kamus Inggris Indonesia, Jakarta, Gramedia.
Kemp dan Dayton, (1989) Pendidikan dan Media Pengajaran, Bandung: Rineka Cipta.
Livie dan Lainz, (1990), Media Pengajaran dan Fungsinya, Rineka Cipta.
Miarso Yusufhadi. dkk. (1986), “Media Pendidikan”. Dalam Miarso, Yusufhadi dkk.
Muhaimin, dan Abd Mujib (Mengutip Al-Ghazali),(1993), Pemikiran Pendidikan Islam (Kajian Filosofis dan Kerangka Operasionalnya, Bandung: Trigenda Karya.
Muhaimin, (2005), Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Oemar Hamalik, (1984), Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Bandung: Aditiya Bakti.
Oemar Hamalik, (1990), Evaluasi Kurikulum, Bandung; Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik, (1984), Mengajar, Asas, Metode dan Teknik, Bandung: Pustaka Martiana.
Poerdawarminta, (1976), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, (2008), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
R. Ibrahim dan Nana Syaodih Sukmadinata, (1996), Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Rahardjo, R. “Media Pembelajaran”,(1986), Dalam Miarso, Yusufhadi dkk.. Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Ramayulis (2002), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Rusman, (2012), Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, (Bandung: ALFABETA, 2012)
Rusyan, A. Tabrani dan Yani Daryani, (1993), Penuntun Belajar yang Sukses. Jakarta: Nine Karya.
Sardiman, (2007), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sudarwan Danim, (1995), Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudarwan Danim, (2013), Perkembangan Peserta Didik, Bandung: ALFABETA.
Sudirman, AM, (1996), Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru, Jakarta:Rajawali.
Suharsimi Arikunto, (2006), Prosedur Penelitian, Jakarta,Rineka Cipta.
Sumadi Suryabrata, (1991), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.
Teknologi Komunikasi Pendidikan. (1986). Jakarta: Rajawali.
W.A. Gerungan, (2003), Psikologi Sosial, Bandung: Eresco.
WJS. Poerwadarminta,(1976) Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Zuhairini, (1981), Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional.
Published
2019-12-19
How to Cite
Saputra, A. (2019). PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 11(2), 156 - 168. Retrieved from https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/264
Section
Articles