Pengabdian Kepada Sekolah Melalui Kegiatan Edu Expo and Market Days (P5P2RA) Untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Siswa

  • Khusnul Fadilla IAIN Langsa, Aceh, Indonesia
  • Hatta Sabri IAIN Langsa, Aceh, Indonesia
  • Meri Maulina IAIN Langsa, Aceh, Indonesia
  • Cut Ria Alqifti IAIN Langsa, Aceh, Indonesia
  • Hilda Nurulliani IAIN Langsa, Aceh, Indonesia
  • Israwani IAIN Langsa, Aceh, Indonesia
Kata Kunci: Pengabdian, Edu Expo and Market Days, Kewirausahaan

Abstrak

Latar belakang penelitian ini yaitu untuk menampilkan hasil dari kegiatan yang dilakukan dalam Kurikulum Merdeka belajar yaitu project yang ada dalam Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil’alamin. Tujuan dari kegiatan Edu EXPO and Market Days (P5P2RA) ini yaitu untuk melatih siswa dalam kegiatan berwirausaha dan dalam kegiatan kreativitas, dan dapat memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya pendidikan wirausaha dan kreatifitas di masa sekarang ini. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu Participatory Action Research (PAR). PAR (Participatory Action Research) merupakan jenis penelitian yang melibatkan secara aktif seluruh pihak terkait dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung (dimana pengalaman mereka sendiri sebagai permasalahannya) guna melakukan perubahan dan perbaikan ke arah yang lebih baik. Dalam kegiatan ini, siswa dibagi menjadi 7 stand, yang mana disetiap stand terdapat 3 kelas yang akan mengisi stand. Setiap stand, siswa diminta untuk menjual beraneka makanan dan juga minuman. Siswa juga akan menjual barang kerajinan yang telah dibuat semasa kegiatan Projek dari Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, ada beberapa siswa yang menampilkan bakatnya, mulai dari tilawatil Qur’an, fashion show, drama, paskibraka, drum band, syarhil, dan masih banyak lagi. Sehingga berdasarkan dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan Edu EXPO and Market Days (P5P2RA) ini dapat membantu siswa dalam memahami pentingnya berwirausaha juga dapat membangun semangat siswa agar bisa menjadi siswa yang kreatif dan inovatif.

Referensi

Anwar, A., Ramli, R., Mafuzah, & Murzani, S. (2024). Praktik Magang Serta Kolaborasi Pengabdian Dosen dan Mahasiswa di SOS Children’s Villages Meulaboh. Zona: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 15–22.

Azhari, M., Jamal, A., Paisal, J., Anwar, Efendi, S., & Fisa, T. (2023). Optimalisasi Peran Dosen Melalui Khutbah Jum`at Sebagai Metode Dalam Mendidik Masyarakat. Meuseuraya-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 84–95.

Bara, A. N. A. B., Rambe, R. N., Anggraini, N., Hananiyah, A., Mawaddah, L., Fadillah, M. A., ... & Fadhillah, S. (2023). Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Melalui Program KKN di Desa Dalu XA: Identifikasi Isu-Isu, Implementasi Inovatif dan Dampak Sosial. Alamtana: Jurnal Pengabdian Masyarakat Unw Mataram, 4(2), 191-196.

Efendi, S., Hamdi, S., Saputra, F., Iqbal, M., SH, H., Safitri, A., Zulhendra, D., Kasih, D., & Ramli. (2023). Program Desa Binaan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh di Gampong Pasi Mesjid Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. GOTAVA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 26–33.

Erick, B., Rahma, I., Asy’ari, Farwili, I., Octavia, R., & Siagian, B. A. (2024). Optimalisasi Praktek Pengalaman Lapangan Mahasiswa STAIN Meulaboh di Pengadilan Negeri Meulaboh. Zona: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 33–41.

Hamdi, S., Efendi, S., MZ, H., Risardi, M., Kamisan, Alfianda, R., Sarioda, Amin, M., Maulida, R., & Albayani, A. Z. (2024). Pengabdian Masyarakat Melalui Aksi Gotong Royong di Gampong Peunaga Pasi Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Zona: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–32.

Hamdi, S., Efendi, S., Rahma, I., Anisah, Elita, A. D., Rahmawati, Widyana, Munirullah, A., & Rahmawati, O. (2024). Standar Operasional Prosedur Pelayanan Mediasi di Kantor Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue Nagan Raya. BEGAWI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–5.

Hendra, S. H., Efendi, S., Taran, J. P., Trisiyah, N. O., Nandar, A., Afriani, D., Gunawan, N., Sari, W. D., Fitriani, Wardah, R., & Asma, R. (2024). Optimalisasi Peran Dosen dan Mahasiswa Program KPM di Gampong Kuta Aceh Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Surya Edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 22–31.

Reza, D. Z. (2022). Pengenalan Rintisan Wirausaha Mahasiswa BINUS Melalui Kegiatan EBC Expo 2022. 1–6.

Soedjiwo, N. A. F. (2019). Implementasi mata kuliah par (participatory action research) di TPQ Al-Magfiroh Denpasar Bali. Widya Balina, 4(2), 9-19.

Syamsuar, F., Alam, A. M., & Sari, R. I. (2018). Meningkatkan pendidikan dan pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(4).

Wijaya, A. (2023, May). Eksplorasi Potensi Kewirausahaan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Melalui Kegiatan Expo. In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) (Vol. 2, pp. 726-731).

Zahra, T. L. (2022). Meningkatkan Wawasan dan Pengetahuan Bisnis Melalui Kegiatan EBC Expo 2022. 1–7.

Zulhendra, D., Kasman, A., Andhika, M. R., Nazhar, A., Firliansyah, H., Fajrianti, I., ... & Sari, W. D. (2024). Optimalisasi Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Tarbiyah dan Keguruan STAIN Meulaboh di MTsS Darul Hikmah Aceh Barat. Zona: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 42-50.

Diterbitkan
2024-06-11