KOMUNIKASI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KABUPATEN ACEH BESAR DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Putri Purnama Sari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Syahril Furqany Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Keywords: Marketing Communication, Covid 19 Pandemic, MSMEs

Abstract

This research focuses on marketing communications for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Aceh Besar during the Covid 19 Pandemic. It is very difficult to develop a business during a pandemic due to limited mobility. On the other hand, efforts must be made to sustain life. This research method uses a qualitative descriptive approach with a number of research informants as many as five MSMEs, namely Brownies Ratna, Crispy Udang Rebon Jihan, The Chip's By Zakiyah, Bungong Gallery and Tirta Kahveh Arabica Gayo Coffee. The results of the research of MSME actors in Aceh Besar continue to carry out prudok promotions by advertising through social media. Promoting various forms, for example giving tasters to potential customers and giving giveaways to regular customers. Provide the best service to consumers by getting used to providing correct and courteous information. In addition, Aceh Besar SMEs carry out promotions from one place to another to increase sales

References

Adburohim, Dindin. Strategi Pengembangan Kelembagaan UMKM, (Yogyakarta: CV. Bintang Pustaka Madani, 2020).

Ambar, Ruth, and Wulan Purnama Sari. “Komunikasi Pemasaran UMKM Dalam Beradaptasi Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Hello Cafe).” Prologia 5, no. 1 (March 4, 2021): 167. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10107.

Caropeboka, Ratu Mutialela. Konsep Dan Aplikasi Ilmu Komunikasi, Yogyakarta: Penerbit ANDI. 2017.

CNN Indonesia, Jokowi Imbau Masyarakat Bekerja dan Beribadah di Rumah, https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200315141316-32-483586/jokowi-imbau-masyarakat-bekerja-dan-beribadah-di-rumah, diakses pada tanggal 24 Mei 2021.

Firmansyah, Anang. Komunikasi Pemasaran, Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media, 2020.

Fitriani, Nur Indah. Tinjauan Pustaka Covid-19: Virtologi, Patogenesis, Dan Manifestasi Klinis, Jurnal Media Malahayati, Vol.04, No. 03. 2020.

Hadion, Wijoyo, et al. Digitalisasi UMKM, Sumatra Barat: CV. Insan Cendikia Mandiri, 2020.

Hasan, Word-of-Mouth Marketing Sebagai Bauran Komunikasi Pemasaran, Fak. Ekonomi Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Heriyoga, Reza, and Basuki Rachmat. Analisis Strategi Pemasaran UMKM Menggunakan Pendekatan Kualitatif Fenomonologi Dalam Era MEA, Jurnal of Business and Banking, Vol 05. No. 02. 2015.

Liputan 6.com, 4,8 Juta UMKM Telah Go Digital Pada Maret 2021, https://www.liputan6.com/bisnis/read/4544531/48-juta-umkm-telah-go-digital-pada-maret2021#:~:text=Bahkan%2C%20per%20Maret%202021% 2C%20jumlah,melonjak%20menjadi%204%2C8%20juta, diakses pada tanggal 24 Mei 2021.

Pritandhari, Meyta, Siswandari M. Stats, and Asri Laksmi Riani. Jurnal Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) untuk meningkatkan Loyalitas Anggota BMT Amanah Ummah Sukoharjo, Magister Pendidikan Ekonomi Program Pacasarjana UNS.

Prasetyo Nugroho, Bayu, and Nuriyati Samatan. “Strategi Komunikasi Pemasaran Toko @Xstyle.Id Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema 4, no. 1 (September 29, 2021). https://doi.org/10.24076/pikma.v4i1.595.

Purwana, Dedi, R. Rahmi, dan Shandy Aditya. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol.1, No 1. (2017).

Risanti, Yuliani Dewi, Renata Anisa, dan Puji Prihandini. “Pemasaran Empatik Sebagai Strategi Komunikasi Merek di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Manajemen Komunikasi 5, no. 2 (April 30, 2021). https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32745.

Rohim, Syaiful. Teori Komunikasi Perspektif, Ragam, dan Aplikasi, Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2016.

SINDONEWS.com, Persaingan Usaha Makin Ketat di Masa Pandemi, UMKM Butuh Riset, https://ekbis.sindonews.com/read/359754/34/persaingan-usaha-makin-ketat-di-masa-pandemi-umkm-butuh-riset-1615309418, diakses pada tanggal 24 Mei 2021.

Syahputro, Eko Nur. Melejitkan Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial, Jawa Timur: Caramedia Communication, 2020.

Tempo.co, Jumlah UMKM di Indonesia, https://data.tempo.co/read/1111/jumlah-umkm-di-indonesia, diakses pada tanggal 24 Mei 2021.

Published
2022-06-29
Section
Articles