COMMUNICATION BETWEEN PARENTS AND CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS WITH AUTISM IN UNDERSTANDING THE PROBLEM OF WORSHIP

  • Rivi Amali UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Lare Annisa Agustin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • M. Ryamiraz Adam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Komunikasi, Orang tua, Anak berkebutuhan khusus autis, Ibadah

Abstract

Ibadah merupakan kewajiban bagi setiap pemeluk agama. Ibadah menjangkau semua lapisan dan kondisi masyarakat, termasuk anak autis. Masalahnya, anak autis terkenal sulit berkomunikasi, karena berbeda dengan teman normalnya. Untuk itu diperlukan perlakuan khusus dari orang tua agar komunikasi dapat berjalan dengan baik dan tercapai tujuan komunikasi dalam hal ini untuk beribadah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana orang tua berkomunikasi dengan anak autis dan hasil dari komunikasi ini dalam hal ini adalah menanamkan kesadaran akan kewajiban beribadah kepada anak autis. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah dua orang tua yang memiliki anak dengan gangguan autis ringan, beragama Islam dan juga kerabat peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara sebagai metode utama dan observasi sebagai metode pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal dan instruksional merupakan komunikasi yang dominan dilakukan dengan menggunakan bahasa verbal. Pengajaran ibadah dilakukan dengan cara memberikan keteladanan kepada anak dengan kesabaran dan tindakan persuasif. Orang tua juga terkadang memaklumi anaknya jika keadaannya sangat tidak memungkinkan untuk diminta atau diajak beribadah.

References

Ainnayyah, Refiana, dkk. Identifikasi Komunikasi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Interaksi Sosial. Jurnal Pendidikan Inklusi, 3(1), (2019).

Boham, S. E. Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak Autis (Studi pada orang tua dari anak autis di Sekolah Luar Biasa AGCA Center Pumorow Kelurahan Banjer Manado). Jurnal Acta Diurna, 2(4), (2013).

Djamarah, Syaful Bahri. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Effendy,Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Ghufron, M. Nur dan S, Rini Risnawira. Teori-Teori Psikologi, Jogjakarta: AR-RUZZ, 2012.

Hani’ah, Munnal. Kisah Inspiratif Anak-anak Autis Berprestasi, Yogyakarta: Diva Press, 2015.

Marhamah. Pola Komunikasi Anak Autis: Studi Etnografi Komunikasi Pada Keterampilan Interaksi Anak Autis Di Sekolah Cinta Mandiri Lhokseumawe, Jurnal Al -Bayan, 25(1), (2019).

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Muniroh, S. M. Dinamika resiliensi orang tua anak autis. Jurnal penelitian, 7(2).

Novarita, S. E., & Yamin, M. N. Pola Komunikasi Orang Tuaterhadap Anak Berkebutuhan Khusus Autis di Yogyakarta. Skripsi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Fakultas Agama Islam, 2018.

Nur Fu’adah, Euis dkk. Perintah Shalat pada Anak Perspektif Surat Luqman Ayat 17 (Telaah Pendekatan Normatif dan Filologi), Jurnal Kependidikan, 8(1), (2020).

Rachmah, I. M. Peran orang tua untuk meningkatkan komunikasi anak autis (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim), 2016.

Rachmayanti, S., & Zulkaida, A. Penerimaan diri orangtua terhadap anak autisme dan peranannya dalam terapi autisme. Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), (2011).

Reber, Arthur S. dan S. Reber Emily. Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Retnowati, Y., & Hubeis, A. V. S. Pola komunikasi orang tua tunggal dalam membentuk kemandirian anak (kasus di Kota Yogyakarta). Jurnal Komunikasi Pembangunan, 6(1), (2008).

Salsabila, & Ramadhana, M. R. Komunikasi Orangtua-Anak Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Perbandingan Komunikasi Kelekatan Orangtua Asuh Dan Orangtua Kandung). Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 8(1), (2021).

Setyowati, Y. Pola komunikasi keluarga dan perkembangan emosi anak (studi kasus penerapan pola komunikasi keluarga dan pengaruhnya terhadap perkembangan emosi anak pada keluarga Jawa). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), (2013).

Shalih, Su’ad Ibrahim. Fiqh Ibadah Wanita. Jakarta: Amzah Imprint Bumi Aksara, 2011.

Sudarsono. Pendidikan Ibadah Perspektif Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Studi Keislaman. 4(1), (2018).

Suharmini, Tin. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publisher, 2009.

Susanto, Agus. Mengapa Kita Harus Beribadah?. Banguntapan Yogyakarta: Safirah, 2012.

Tubbs, Stewart L& Sylvia Moss. Human Communication: Konteks-Konteks Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Yati, H., & Fadhli, K. Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Berinteraksi Dengan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Purnama Berazam. 1(1), (2019).

Zulkifli. Fiqh dan Prinsip Ibadah Dalam Islam. Jurnal Pemikiran dan pencerahan. 13(2), (2017).

Zulkifli. Rambu-Rambu Fiqh Ibadah. Depok Sleman Yogyakarta: Kalimedia, 2017.

Interview Sources

, Parent with autistic childen (2021, October 20th). Personal Interview.

, Parent with autistic children (2021, October 22nd). Personal Interview.

Published
2021-12-30
Section
Articles