OPTIMALISASI TEORI KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN DIGITAL @maktabah_imamsyafii DI INSTAGRAM
Abstract
Perkembangan pesat teknologi komunikasi dan media sosial membuka peluang besar bagi usaha untuk memperkenalkan dan memasarkan produk secara digital. Artikel ini mengkaji strategi komunikasi pemasaran digital yang diterapkan oleh @maktabah_imamsyafii, sebuah penerbit dan distributor buku agama, yang memanfaatkan platform Instagram untuk meningkatkan pengenalan produk dan penjualannya. Sebelum beralih ke pemasaran digital, Maktabah Imam Syafii menggunakan metode pemasaran konvensional yang terbatas dalam hal jangkauan dan waktu. Sejak memanfaatkan Instagram pada Agustus 2016, mereka berhasil meningkatkan jumlah pengikut akun Instagram menjadi 5.000 orang dan mengalami peningkatan penjualan hingga 37%. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi pemasaran digital mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram sebagai saluran komunikasi yang interaktif dan persuasif telah memperkuat hubungan dengan audiens dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Konten yang informatif, promosi menarik seperti giveaway dan diskon, serta pendekatan personal dalam berinteraksi dengan pelanggan, terbukti meningkatkan engagement dan penjualan. Meskipun menghadapi tantangan perubahan tren konsumsi digital, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya strategi pemasaran yang adaptif dan berbasis data analitik untuk mempertahankan keberhasilan di era digital. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pelaku usaha lainnya dalam mengoptimalkan pemasaran digital di media sosial.
References
Buku & Jurnal
Adin, Zein, and Intania Hafni Yunia Izzati. “Dasar-Dasar Komunikasi Bisnis.” Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 2023, 33–42.
Andriano, Stefanus. “Peran Media Sosial Pada Komunikasi Pemasaran Aplikasi ‘Catch Me Up!’ Melalui Email News Letter.” Jurnal InterAct 10, no. 1 (July 30, 2021): 19–34.
Awardani, N. F., Santoso, P. K. P., Hardhika, P. A. P. ., Agustina, F. S., Faidah, L., Nurcholisoh, N. A. N., Sakinah, Y., & Billah, M. (2024). SOSIALISASI PEMASARAN PRODUK MELALUI PLATFORM DIGITAL (DIGITAL MARKETING) SEBAGAI OPTIMALISASI SANTRIPRENEURSHIP BERBASIS EKONOMI KREATIF DIGITAL. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 343–349. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/783
Erwin, Erwin, Loso Judijanto, Muzayyanah Yuliasih, Michael Adhi Nugroho, Neneng Nurbaeti Amien, and Fiandy Mauliansyah. Social Media Marketing Trends. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.
Gusnita, Aulia. “Pengelolaan Instagram Humas @ Diskominfojambi Dalam Memenuhi Informasi Publik.” Ilmu Komunikasi 01, No. 03 (2024): 380–85.
Halim, Eikal. “Komunikasi Pemasaran Terintegrasi Untuk Meningkatkan Kesadaran Merek Soto Kudus Pak Minto.” Jurnal Sosial Dan Sains 4, no. 9 (2024): 878–99.
Istiqomah, Nur Hidayatul. “Transformasi Pemasaran Tradisional Ke E-Marketing: Tinjauan Literatur Tentang Dampak Penggunaan Teknologi Digital Terhadap Daya Saing Pemasaran Bisnis.” Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam 4, no. 2 (2023): 72–87. https://doi.org/10.30739/jesdar.v4i2.2430.
Kriswanto Priasih, Finna Puspita, Solehudin, and Nunung Nurhasanah. “Kajian Analisis Media Sosial Instagram Dengan Pendekatan Teori Uses and Gratifications Sebagai Tolak Ukur Kepuasan Pengguna.” Jurnal Manajemen Bisnis Modern 6, no. 3 (2024): 169–81. https://journalpedia.com/1/index.php/jmbm.
Kurnianto, Yeri Tri. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pemasaran Minuman Di Banjarbaru (Studi Pada Akun Instagram @tempatbiasa.Kopi).” Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Kalimantan MAB, 2020.
Linda Asnaini, Muliza, and M. Rezki Andhika. “Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Preferensi Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Bank Syariah Indonesia (Bsi) Di Kabupaten Aceh Barat.” AL-IQTISHAD : Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Islam 1, no. 2 (2024): 132–46. https://doi.org/10.47498/iqtishad.v1i2.2477.
MARIA, VERA. “Peran E-Commerce Dalam Kewirausahaan Di Era Society 5.0.” Jurnal Inovasi Penelitian 4, no. 1 (2023): 121–27.
Muliza, Muliza. “Determinan Penggunanan Digital Banking Pada Generasi Y Dan Generasi Z Muslim Di Kota Banda Aceh.” Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 13, no. 02 (2024): 252–60. https://doi.org/10.34308/eqien.v13i02.1783.
Nursyamsi, Sari, Nita Dewi, and Destiana Marshelin. “Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Shop Blooming Bros Manual Brew Dalam Meningkatkan Konsumen Melalui Media Sosial Instagram.” Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 29, no. 3 (2023): 201–18. https://doi.org/10.37817/ikon.v29i3.3484.
Prasetia, Indra. Metodologi penelitian pendekatan teori dan praktik. umsu press, 2022.https://books.google.co.id/books?id=CaeBEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Pratiwi, Veronica, and Umaimah Wahid. “Strategi Pemasaran Digital Dalam Menigkatkan Penjualan (Studi Kasus PT.Bukku Media Integrasi (Bukku) Pada Masa Pandemi).” Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Penelitian 7, no. 2 (2021): 710–24. www.journal.uniga.ac.id.
Saadah, Muftahatus, Yoga Catur Prasetiyo, and Gismina Tri Rahmayati. “Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif.” Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika 1, no. 2 (December 24, 2022): 54–64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113.
Salsabila, Gina, Ummu Salamah, and Zikri Fachrul Nurhadi. “Model Komunikasi Persuasif Pada Pengikut Akun Instagram@ Infogarut Dalam Pemberitaan Citizen Journalism.” Jurnal Pustaka Komunikasi 7, no. 2 (2024): 443–55.
Sari, Ovi Hamidah, Arief Yanto Rukmana, Musran Munizu, Nurillah Jamil Achmawati Novel, Muhammad Fchrul Salam, Raden Marsha Aulia Hakim, Rani Sukmadewi, and Ratih Purbasari. Digital Marketing Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital. Sonpedia Publishing Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=yBjEEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA64&dq=%22pemasaran+digital%22&ots=x3zrLHA3iy&sig=Rvvbw6PucN5_SfPZm_JtZr7zwmE.
Setyawan, Antonius Ary, Betty Rahayu, Srifatmawati Ahmad, Muliza Muliza, and Ansri Jayanti. “PENGEMBANGAN BRAND LOKAL: MENGANGKAT CITRA DAERAH MELALUI MANAJEMEN PEMASARAN BERBASIS KOMUNITAS.” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5, no. 3 (2024): 4641–46.
Silviani, Irene. Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Marketing Communication (IMC) [Sumber Elektronis]. (N.p.): SCOPINDO MEDIA PUSTAKA. Scopindo media pustaka, 2021.
Solling Hamid, Rahmad, Peri A Manaf, and Abdul Choliq Hidayat. MANAJEMEN STRATEGIS (Konsep Dan Aplikasi Dalam Bisnis). PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023. https://www.researchgate.net/publication/376857441.
Susanto, A B, and H Wijanarko. Power Branding: Membangun Merek Unggul Dan Organisasi Pendukungnya, Jakarta, Penerbit: Mizan Publika Jakarta. Mizan Pustaka, 2004. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=MYVhZN_1JzYC&oi=fnd&pg=PA66&dq=reputasi+merk+kapabilitas+pemasaran+keunggulan+kompetitif+loyalitas+merk&ots=Lh9rSSWuIv&sig=WMfbZF_vVqFRQM5tzMSg7eBm8dE.
Wijaya, Berta Margareta Agustin, and Sheellyana Junaedi. “Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Merek: Kesadaran Merek Dan Citra Merek Sebagai Mediasi.” In PROSIDING SEMINAR NASIONAL EKONOMI DAN BISNIS, 52–63, 2021. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5154.
Hasil Wawancara
Hasil Wawancara dengan Aydil Fida Selaku Owner Maktabah Imam Syafii pada tanggal 18 Agustus 2024.
Hasil Wawancara dengan Muhammad Iqbal Selaku Admin Maktabah Imam Syafii pada tanggal 19 Agustus 2024
Hasil Wawancara dengan Jumaidi Selaku Pengelola Konten Maktabah Imam Syafii pada tanggal 22 Agustus 2024.
Copyright (c) 2024 AT-TANZIR: JURNAL ILMIAH PRODI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.