URGENSI PENDIDIKAN LITERASI MEDIA SOSIAL BAGI MAHASISWA

  • Sri Hardianty Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh
Keywords: Urgensi, Letirasi Media Sosial, Mahasiswa

Abstract

Dewasa ini, keberadaan gadget (smartphone) sebagai media komunikasi dan akses internet menjadi kebutuhan penting bagi mahasiswa. Hal tersebut menjadikan mahasiswa dianggap sebagai kaum yang paling rawan terhadap terpaan informasi di media sosial karena umumnya mereka memiliki karakteristik individu yang eksploratif dan mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi dan mudah terpengaruh, sehingga pada akhirnya mahasiswa menerima begitu saja isi pesan media tanpa mengetahui baik buruknya dampak yang akan ditimbulkan. Karakter mahasiswa tersebut mempengaruhi perilaku mereka dalam menggunakan dan memanfaatkan media sosial. Sebagai salah satu konsumen media sosial, mahasiswa harus memiliki kemampuan literasi media yang baik saat memilah dan memilih informasi di media. Dengan memiliki kemampuan literasi media, setiap mahasiswa diharapkan dapat menentukan informasi mana yang sebaiknya digunakan dan mana yang sebaiknya tidak digunakan serta dapat memberikan kesadaran bagi mahasiswa ketika berhadapan dengan media. Selain itu penyebaran informasi hoax juga dapat diminimalisir.

References

Apriyadi Tamburaka. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013.

Dedi Rianto Rahadi, Perilaku Pengguna dan Informasi Hoax di Media Sosial, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 5 No.1, 2017.

Eka Vidya Putra dan Reno Fernandes, Pendidikan Literasi Media dalam Rangka Menangkal Hoax Kepada Organisasi Kemahasiswaaan. Padang: UNP, 2017.

Gracia Rachmi Adiarsi, dkk., Literasi Media Internet di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Humaniora, Vol.6 No.4 Oktober 2015.

Juliana Kurniati dan Siti Baroroh, Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, Vol. 8 No.2 November 2016.

Roro Isyawati Permata Ganggi, Materi Pokok dalam Literasi Media Sosial sebagai salah Satu Upaya Mewujudkan Masyarakat yang Kritis dalam Bermedia Sosial. Jurnal ANUVA Vol. 2 No. 4, 2018.

Silvia Fardila Soliha, Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial dan Kecemasan Sosial. FISIP UNDIP: Jurnal Interaksi Vol. 4 No. 1, Januari 2015.

UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Yosal Iriantara, Literasi Media: Apa, Mengapa, Bagaimana. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2009.

Yuni Retnowati, Urgensi Literasi Media untuk Remaja sebagai Panduan Mengkritisi Media Sosial. Yogyakarta: AKINDO, 2015.

Published
2019-12-30
Section
Articles