KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN PEMANGFAATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DI ERA DIGITAL

  • Muhamad Bisri Mustofa UIN Raden Intan Lampung
  • Amelia Rosnaida UIN Raden Intan Lampung
  • Siti Wuryan UIN Raden Intan Lampung
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Layanan Perpustakaan, Pustakawan, Era Digital

Abstract

Kemajuan teknologi yang sedang terjadi saat ini telah memberikan dampak yang signifikan dan kemajuan dalam berbagai sektor, terutama dalam bidang informasi dan komunikasi. Komunikasi, dalam beragam bentuknya, menjadi salah satu aspek yang terpengaruh oleh perkembangan tersebut, termasuk di dalamnya adalah komunikasi interpersonal. Hubungan erat antara komunikasi interpersonal dan perpustakaan dapat ditemukan. Perpustakaan, sebagai suatu bangunan, berfungsi sebagai tempat di mana berbagai kegiatan terkait pengelolaan, pengumpulan, penyusunan, pengorganisasian, dan pengolahan bahan pustaka dilakukan. Komunikasi interpersonal berperan penting dalam konteks perpustakaan ini. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dalam pengumpulan datanya dengan melakukan pendekatan literatur review yaitu "Komunikasi Interpersonal sebagai Strategi Peningkatan Pemanfaatan Layanan Perpustakaan di Era Digital". Data-data ini diperoleh melalui pengamatan secara online dari website-website yang mendukung dalam pengambilan data, dari buku maupun jurnal yang tersedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami peran yang dimainkan oleh komunikasi interpersonal dalam strategi penggunaan layanan di perpustakaan. Dalam penerapan komunikasi interpersonal, pustakawan harus memiliki sifat dan sikap sebagai berikut. 1. Empati 2. Dukungan 3. Sikap positif 4. Equality atau kesamaan 5. Keterbukaan. Komunikasi interpersonal digunakan sebagai bentuk komunikasi dalam konteks ini. Komunikasi interpersonal mencakup interaksi antara komunikator dan komunikan, baik secara langsung maupun melalui media atau perantara. Jenis komunikasi ini dianggap sangat efektif dalam pendekatan, mengubah pendapat, dan perilaku manusia sebagai strategi peningkatan pemanfaatan layanan perpustakaan di era digital.

References

A. DeVito, Joseph. The Interpersonal Communication Book. 16th ed. Pearson Education, 2022.
Afriyadi, Ferry. “Efektivitas Komunikasi Interpersonal Antara Atasan Dan Bawahan Karyawan PT . Borneo Enterprsindo Samarinda.” Manajemen Komunikasi 3, no. 1 (2015).
Agung, W Novalia. “The Impact of Interpersonal Communication toward Customer Satisfaction: The Case of Customer Service of Sari Asih Hospital.” MATEC Web of Conferences 150 (2018). https://doi.org/10.1051/matecconf/201815005087.
Aini, Vinka Cyntia. “MENGEMBANGKAN FUNGSI REKREASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN.” IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal) 16, no. 1 (2022): 31–43. https://doi.org/10.30829/iqra.v16i1.10313.
Amaliah, E., M. B. Mustofa, M. E. K. Kesuma, and ... “Peranan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Media Pelayanan Di Perpustakaan INSTIDLA.” Tik Ilmeu: Jurnal …, 2022. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/TI/article/view/5075.
Aziza Nur Persia, Yuli Rohmiyati. “Peran Perpustakaan Anak Di Rumah Sakit Kanker ‘Dharmais’ Jakarta.” Ilmu Perpustakaan 2, no. 3 (2013).
Cahyono, Teguh Yudi. “Fungsi Perpustakaan Sebagai Penyedia Informasi.” Jurnal Perpustakaan, 2017.
Demir, M. “Exploration of the Impact of Interpersonal Communication and Coordination Dynamics on Team Effectiveness in Human-Machine Teams.” International Journal of Human-Computer Interaction, 2022. https://doi.org/10.1080/10447318.2022.2143004.
Dewangga, Rio Cakra. “KAJIAN FASILITAS PERPUSTAKAAN DAN KENYAMANAN PEMUSTAKA: STUDI DESKRIPTIF FASILITAS PERPUSTAKAAN DI KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN KENDAL.” Tjyybjb.Ac.Cn 3, no. 02 (2007): 9.
Donovan, E. “Interpersonal Communication and Coping with Cancer: A Multidisciplinary Theoretical Review of the Literature.” Communication Theory 29, no. 2 (2019): 236–56. https://doi.org/10.1093/ct/qty026.
Endarti, Sri. “Perpustakaan Sebagai Tempat Rekreasi Informasi.” ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan 2, no. 1 (2022). https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6990.
Fahrizandi, Fahrizandi. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Perpustakaan.” Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 4, no. 1 (2020). https://doi.org/10.29240/tik.v4i1.1160.
Gilligan, C. “Interventions for Improving Medical Students’ Interpersonal Communication in Medical Consultations.” Cochrane Database of Systematic Reviews 2021, no. 2 (2021). https://doi.org/10.1002/14651858.CD012418.pub2.
Gumay, Syifa Aulia, and Agus Hermani Daryanto Seno. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Euro Management Indonesia.” Jurnal Administrasi Bisnis 7, no. 2 (2018). https://doi.org/10.14710/jab.v7i2.22691.
Huang, Y. “An Inventory for Assessing Interpersonal Communication Competence of College Students.” British Journal of Guidance and Counselling 46, no. 4 (2018): 385–401. https://doi.org/10.1080/03069885.2016.1237614.
Kesuma, Mezan El-Khaeri, Irva Yunita, and Feni Meilani. “PENERAPAN APLIKASI SLiMS DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI.” Jurnal Adabiya 23, no. 2 (2021). https://doi.org/10.22373/adabiya.v23i2.10346.
Kim, B. “How Can Health Professionals Enhance Interpersonal Communication with Adolescents and Young Adults to Improve Health Care Outcomes?: Systematic Literature Review.” International Journal of Adolescence and Youth 23, no. 2 (2018): 198–218. https://doi.org/10.1080/02673843.2017.1330696.
Luthfiyah, Fitwi. “ManajemenPerpustakaan.” El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2015).
Mustofa, M. B., M. E. K. Kesuma, I. Yunita, and ... “Pemanfaatan Media Pustaka Digital Dalam Membangun Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial Di Masa Pandemi.” … Dan Kearsipan (JIPKA …, 2021. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JIPKA/article/view/51150.
Mustofa, M. B., M. C. Putri, S. Wuryan, and ... “AKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA.” Nusantara Journal of …, 2021. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JILS/article/view/1293.
Mustofa, M. B., I. Silvia, and A. Basyori. “PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM LINGKUP PERPUSTAKAAN MELALUI MODEL KONSELING LAYANAN PEMUSTAKA.” Jurnal El-Pustaka, 2021. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/elpustaka/article/view/8769.
Mustofa, M. B., and S. Wuryan. “Urgensi Komunikasi Interpersonal Dalam Al-Qur’an Sebagai Pustakawan.” Al-Hikmah Media Dakwah …, 2020. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/hikmah/article/view/2544.
Mustofa, M. B., S. Wuryan, N. A. Sholiha, and ... “Kontribusi Komunikasi Interpersonal Dalam Perspektif Islam Di Lingkungan Organisasi UIN Raden Intan Lampung.” … : Journal of Islamic …, 2021. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/KPI/article/view/1839.
Nugraha, Hilman. “Perpustakaan Dan Pelestarian Kebudayaan.” Jurnal Perpustakaan 4, no. 1 (2013): 50–62.
Pradipta, Caesar Vioniken, and Endang Fatmawati. “PENGARUH KONSEP DIRI DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN HUBUNGANNYA TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH KOTA CIREBON.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 1, no. 1 (2012).
Rahayu, Sri. “MENGENAL PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI LEBIH DEKAT Sri” 57 (2017): 103–10.
Ridwan, Madinatul Munawwarah, Andi Muhammad Aminullah, Nurlaeli Jamaluddin, Elihami Elihami, and Prodi Perpustakaan. “Analisis Penerapan Komunikasi Interpersonal Dalam Melayani Pemustaka Di Perpustakaan UIN Alauddin Makassar.” Journal of Education, Psychology and Counseling 3, no. 1 (2020).
Ridwan, Ridwan, and Imam Tri Wahyudi. “PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENYEDIAKAN INFORMASI BAGI MASYARAKAT UMUM DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT.” JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN (JIPER) 1, no. 2 (January 29, 2020). https://doi.org/10.31764/jiper.v1i2.1742.
Rochmah, Erma Awalien. “PENGELOLAAN LAYANAN PERPUSTAKAAN.” Ta’Allum 04, no. 02 (2016): 284–91.
Saleh, Abdul Rahman. “Modul 1 Manajemen Perpustakaan,” 2014, 1–45.
Shinkuma, R. “Weighted Network Graph for Interpersonal Communication with Temporal Regularity.” Soft Computing 23, no. 9 (2019): 3037–51. https://doi.org/10.1007/s00500-017-2951-6.
Simahate, Tessa. “Penerapan Komunikasi Interpersonal Dalam Melayani Pengguna Perpustakaan.” Jurnal Iqra’ 7, no. 02 (2013).
Wilhelm, C. “Digital Visibility and the Role of Mutual Interaction Expectations: Reframing the Journalist–Audience Relationship through the Lens of Interpersonal Communication.” New Media and Society 23, no. 5 (2021): 1004–21. https://doi.org/10.1177/1461444820907023.
Xu, S. “Interpersonal Communication Competence and Digital Citizenship among Pre-Service Teachers in China’s Teacher Preparation Programs.” Journal of Moral Education 48, no. 2 (2019): 179–98. https://doi.org/10.1080/03057240.2018.1458605.
Yenianti, I. “Analisis Pemikiran Sulistyo Basuki Dan Wiji Suwarno Tentang Fungsi Perpustakaan Dalam Masyarakat.” Maktabatuna 3, no. 1 (2021): 108–24.
Yenianti, Ifonilla. “Problematika Pemanfaatan Perpustakaan Digital Pustabiblia Bagi Dosen IAIN Salatiga.” Daluang: Journal of Library and Information Science 2, no. 2 (2022). https://doi.org/10.21580/daluang.v2i2.2022.13357.
Zahara, Zurni. “Konsep Dasar Ilmu Perpustakaan,” 2016, 1–23.
Published
2024-12-07
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)