AUTHOR GUIDELINES

Petunjuk Umum

Setiap penulis yang akan mengirimkan naskah, hendaknya mengikuti ketentuan penulisan sebagaimana panduan At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Ilmu Komunikasi Penyiaran Islam, ketentuan ini secara khusus dan spesifik menyangkut isi tulisan dan gaya penulisan (selingkung), khususnya penulisan kutipan dan rujukan. Diharapkan setiap penulis senantiasa membaca dengan seksama pedoman pengiriman naskah.

  1. Setiap artikel/ naskah yang dikirimkan, secara umum harus berisi seperti dibawah ini:
    • JUDUL: padat, jelas, dan mencerminkan substansi penelitian
    • IDENTITAS: nama penulis (tanpa gelar), institusi dan email.
    • ABSTRAK: ditulis rangkap dengan dua bahasa, satu abstrak berbahasa inggris dan satu abstrak menggunakan Bahasa Indonesia, terdiri dari 150 hingga 200 kata
    • KEYWORD: 3-5 kata, mengikuti ketentuan abstrak.
    • PENDAHULUAN: berisi latar belakang dan fokus masalah, pernyataan masalah yang jelas, literatur yang relevan tentang subjek, pendekatan atau solusi yang diusulkan, dan nilai baru penelitian yaitu inovasi.
    • METODE PENELITIAN: menguraikan pendekatan, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisisnya
    • HASIL DAN PEMBAHASAN: terdiri dari beberapa sub sesuai kebutuhan. Penyajian data dilakukan dalam bentuk narasi yang runtut dan sistematis yang isinya mengarah langsung pada temuan penelitian dan analisis peneliti berdasarkan perspektif teori yang digunakan.
    • PENUTUP : berisi kesimpulan
    • REFERENSI : memuat referensi yang digunakan. 
  1. Beri nomor semua halaman secara berurutan. Naskah juga harus diperiksa ejaannya oleh fasilitas yang tersedia di sebagian besar paket pengolah kata yang bagus, seperti Grammarly. Artikel dapat menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris
  2. Makalah harus jelas, tepat dan logis dan biasanya tidak melebihi 4.000 kata.
  3. Menjelaskan kronologis penelitian, termasuk desain penelitian dan prosedur penelitian. Uraian jalannya penelitian harus didukung referensi, agar penjelasannya dapat diterima secara ilmiah.
  4. Tabel dan Gambar disajikan di tengah.
  5. Kesimpulan yang baik harus memberikan pernyataan bahwa apa yang diharapkan, seperti yang dinyatakan pada bagian "Pendahuluan" pada akhirnya dapat menghasilkan bagian "Hasil dan Pembahasan", sehingga ada kesesuaian. Selain itu juga dapat ditambahkan prospek pengembangan hasil penelitian dan penerapan prospek studi lanjut ke selanjutnya (berdasarkan hasil dan pembahasan).
  6. Referensi harus dikutip dalam teks. Hanya referensi yang dikutip dalam teks yang harus dicantumkan di akhir makalah. Penggunaan alat seperti Zotero, Mendeley, atau EndNote untuk manajemen referensi dan pemformatan,

Satu penulis harus ditunjuk sebagai penulis terkait dan memberikan informasi berikut:

Alamat email           
Afiliasi                       
Nomor telepon       

Harap dicatat bahwa setiap makalah yang gagal memenuhi persyaratan kami akan dikembalikan ke penulis untuk diubah. Hanya makalah yang diserahkan dengan gaya yang benar yang akan dipertimbangkan oleh Editor.

Panduan penulisan jurnal ini (Author Guidelines) merupakan panduan terbaru tahun 2021, penyempurnaan dari periode tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka peningkatan kualitas dan pemutakhiran publikasi Jurnal At-Tanzir.