Melatih Kreativitas Guru dalam Membuat Media Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Canva di TK Negeri Belegen Mulia Kota Subulussalam
Abstract
Tujuan kegiatan ini ialah meningkatkan kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva bagi guru-guru TK, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih guru-guru agar dapat menggunakan teknologi dalam Pendidikan khususnya dalam membuat media pembelejaran, sehingga kegiatan ini dapat melatih sekaligus meningkatkan kreativitas guru dalam menciptakan sebuah media pembelajaran yang menyenangkan dan tidak monoton, yang dimana media pembelajaran merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang tidak bisa diabaikan, artinya wajib bagi guru menyediakan media pemebelajaran agar mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini ialah tatap muka langsung dengan guru-guru TK, kegiatan ini juga menggunakan metode praktek langsung yaitu guru mendemonstrasikan hasil dari media yang telah dibuat dengan menggunakan aplikasi canva. Hasil dari penelitian ini ialah para peserta dapat menciptakan sebuah media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva, guru juga telah memahami dan dapat menggunakan aplikasi canva yang dimana sebelumnya para guru belum pernah menggunakan aplikasi tersebut dalam membuat media pembelajaran.
References
Afianti, D (2024) Penggunaan Aplikasi Canva dalam Proses Pembelajaran. EduTech Journal, 1(1), 9-16. https://doi.org/10.62872/mp5y5475
Arifudin, O., Wahrudin, U., Rusmana, F. D., & Tanjung, R. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10560
Arifudin, O., Rifky, S., Muhammad, I., & Kurniawati, K. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165-173.
Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Bustami, B., Muhammad, M., Yunizar, Z., Rosnita, L., Meiyanti, R., Afrillia, Y., Hafidh Rafif, T. M., & Harahap, I. T. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Online dan Perakitan Komputer Pada Sekolah di Desa Paloh Lada Kecamatan Dewantara. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 135-143. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i2.1436
Darmila, Lilis, Wahyuddin Nur Nst dan Rusydi Ananda. (2024). Pengembangan Media Busy Book Dalam Mengembangkan Bahasa Dan Kreativitas Anak Usia Dini Di Tk Islam Nurul Ahmad. Research and Development Journal Of Education. 10 (1), 52-60. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.20295
Efendi, S., Ramli, R., & Zulhendra, D. (2024). Strategi Pengembangan Profesionalisme Pendidik di Era Digital. Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 1(1), 53-66. https://doi.org/10.71153/arini.v1i1.105
Firmansyah, Dead an Muhibuddin Fadli. (2024). Implementasi Guru Kreatif dan Inovatif Era Digital di SMP Pada Pembelajaran PJOK. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan 4 (4), https://doi.org/10.17977/um065.v4.i4.2024.2
Kartika, Ika, Annisa Mayasari, and Opan Arifudin. "Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa." Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan 2.1 (2021): 36-46.
Kemendikbud. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan.
Liyana, Astien dan Mozes Kurniawan. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi 3 (1), 225-232 https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178
Mahrus, E. (2023). The Canva Application; Solutions For Development Of Learning Media for Islamic Religious Education at SDN 10 Perembang Gala, Indonesia. IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education), 4(1), 109-120. DOI: https://doi.org/10.37567/ijgie.v4i1.1814
Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 265-272.Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. Injosedu: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37 DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1923
Piaget. 1962. Play, Dreams, And Imitation In Childhood. New York: Norton.
Qiftiyah, M., Rahmi, R., & Kusuma, Y. (2024). Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran bagi Pendidik. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 124-137. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v3i2.3573
Rupnidah, R dan Dadan Suryana. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 49-58. 10.17509/jpa.v6i1.48199
Saribujang, Sukino, & Erwin Mahrus. (2023). The Canva Application; Solutions For Development Of Learning Media for Islamic Religious Education at SDN 10 Perembang Gala, Indonesia. IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education), 4(1), 109–120. https://doi.org/10.37567/ijgie.v4i1.1814
Sufrizal, Maulina, I., Mudasir, A., Salwa Afifah, I., Iqbal El Ache Muli, M., Adha Harahap, A., Lestari, L., & Amanda, L. (2023). Peningkatan Layanan Pendidikan Anak-Anak Melalui Program Rumah Les (RULES) Terhadap Masyarakat Desa Buket Tiga Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 142-151. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v2i2.2271
Syahputra, H. R., Meriza, I., Arianda, I., Hijrah, Junaidi, Khairina, U., & Tisa, M. (2022). Optimalisasi Media Sosial Pada Generasi Z Melalui Pelatihan Content Creator. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 114-119. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i2.1357
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1-9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63
Zuhri, A., Agus Pratama, Husna, F., Nova, M. A., Syam, F., Maulida Khairani, Havia Balqis Harahap, Fathia Rizki Amelia, Wira Siti Anisah Berutu, Syafitri Najmunnisa, & Syarifah Uswatun Miswar. (2024). Photo Editing Courses: Pemanfaatan Professional Graphic Design Software Dalam Mentransfer Editing Skills Dengan Mengadopsi Teknik TPS. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v3i1.2342
Copyright (c) 2025 Lilis Darmila, Erni Suyani, Abidah Ayu, Nastia Susanti, Sapiah Sapiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.