Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran bagi Pendidik

  • Maratul Qiftiyah STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Rina Rahmi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
  • Yanti Kusuma SDN Cepoko Jawa Timur

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat, dan hampir seluruh lapisan masyarakat termasuk dunia usaha dan lembaga pendidikan sudah terjangkau oleh teknologi informasi. Kenyataannya adalah perekonomian dan institusi pendidikan memerlukan informasi digital. Saat ini pendidik masih jarang menggunakan media pembelajaran di sekolah sehingga memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengajarkan materi. Era digitalisasi ini membutuhkan efisiensi waktu, maka media pembelajaran yang didukung dengan aplikasi canva dapat mengurangi beban pendidik dan membuat waktu pembelajaran menjadi lebih efektif. Canva merupakan aplikasi online yang bertujuan untuk membuat konten berupa informasi dengan cepat dan menerima respon yang cepat juga. Jika diterapkan di lembaga pendidikan pasti akan memudahkan kehidupan baik pendidik maupun peserta didik. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kreativitas pendidik dalam membuat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva. Kegiatan ini dilakukan melalui pemaparan materi dan praktik. Pendidik kemudian diberikan tugas untuk berlatih di rumah. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan diperoleh bahwa pendidik dapat membuat media pembelajaran yang interaktif sehingga berdampak pada motivasi pembelajaran peserta didik. 88% pendidik dan peserta didik pada SDN Cepoko sangat puas dan terdukung dengan pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan aplikasi canva.

References

Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam | Computer Based Information System Journal. CBIS Journal, 3(2), 1–13.

Ahmad, A. (2020). Media Sosial dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial. Avant Garde, 8(2), 134. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1158

Amalia, G., & Dewi, D. A. (2022). Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar di Tengah Pengaruh Negatif Globalisasi. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 120–127. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3488

Arifah, E. N., Suciptaningsih, O. A., & Geografi, P. (2016). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Smp Pgri 2 Singosari.

Desty Febrian, W., Geni, Y., & Harsari, R. N. (2023). Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Manajemen Sumber Daya Manusia yang Tertata dan Terkoordinasi Guna Membangun Wisata di Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta Improving the Quality of Human Resources Throught Organized . Jurnal Dan Relawan Pengabdian Masyarakat REDI |, 1(1), 9–12.

Febrian, W. D., & Solihin, A. (2023). Peningkatan Talent Manajemen, Performance Manajemen dan Motivasi Ekowisata di Kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta Improving Talent Management, Performance Management, and Motivation of Ecotourism in Kepulauan Seribu Regency, DKI Jakarta Provin. Journal Human Resources 24/7. Abdimas …, 1(2), 3026–3054. http://jhr247.org/index.php/JHR247AMAS/article/download/66/59

Ghufron, M. . (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.

Hendratri, G. B., Iswanto, J., Tohawi, A., & Yuli Dianto, A. (2023). Pengaruh Fluktuasi Harga Cabai Rawit dan Dampaknya pada Daya Beli Konsumen di Pasar Wage Nganjuk The Influence of Price Fluctuations of Cayenne Pepper and Its Impact on Consumer Purchasing Power at the Wage Nganjuk Market. Kolaboratif Sains, 6(11)(11), 1595–1600. https://doi.org/10.56338/jks.v6i11.4651

Hita, I. P. A. D., Lestari, N. A. P., Dewi, M. S. A., Astuti, N. M. I. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Media Kartu Bergambar: Apakah Berpengaruh TerhadapPeningkatan Keterampilan Anak Sekolah Dasar Dalam BermainBola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani Universitas Tanjungpura (MARATHON), 1(1), 2986–6898. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/mar athon

Kartika Lubis, R., Vinsensia, D., & Utami, Y. (2024). Peningkatan Ketrampilan Penggunaan Canva Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Sd N 104276 Serbajadi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 855–859. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2872

Komariah, N. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Ict. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.111

Kusuma, A. N., Km, S., Km, M. V., Candra, S. E., Grace, M. M. E., Silalahi, D. M., Irawan, M. S., Pd, S., Wahdaniah, M. M., Wenny, M. M., Febrian, D., Sani, M. M. I., & Simatupang, S. E. S. (2023). THE ART OF LEADERSHIP (be the Extraordinary Level Leader) PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Mardina, R. (2017). Literasi Digital Bagi Generasi Digital Natives. Seminar Nasional Perpustakaan & Pustakawan Inovatif Kreatif Di Era Digital, May 2017, 340–352.

Marhaeni, N. H., Fitri, I. A., & Fariha, N. F. (2023). Pelatihan Pembuatan Game Edukasi WordWall Bagi Guru SMA Dharma Amiluhur Yogyakarta. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 988–997. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i4.14772

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2). https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Mustamiroh, M., & Ramadhayanti, F. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Software Wondershare Filmora pada Mata Pelajaran IPA di SD. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 11(2). https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.514

Nahuda, N., Kunaenih, K., Yatin, R. M., Maulidya, Y., Haniefa, M., Aulia, A., & Putri, N. Z. H. (2023). Pelatihan Canva sebagai Strategi Meningkatkan Kreatifitas di SMA Negeri 1 Pare Kediri. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(5), 523. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.20363

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Nurfitriyanti, M., Nursa’adah, F. P., & Masruroh, A. (2022). Sosialisasi Penggunaan Canva Dalam Pembuatan Modul Pembelajaran. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1432–1437. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7818

Octalia, R. P., Rizal, N., Siswandari, H., Satrio, A., Jurusan, A., Matematika, P., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital BerbasisGame Challenges Untuk Meningkatkan ComputationalThinking Dalam Pembelajaran Mandiri Sebagai UpayaMewujudkan Merdeka Belajar. Kumpulan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional 2021, 1(1), 149–166.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Qiftiyah, M. (2023). Muatan HOTS pada Pembelajaran Tematik Materi IPA Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 28–38.

Qiftiyah, M. (2024). Pemanfaatan Media Berbasis ICT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas V. Center of Education Journal (CEJou), 5(1).

Qiftiyah, M., Kusuma, Y., & Kusainun, N. (2024). Urgensi Kemajuan Teknologi dalam Penerapan Kurikulum Merdeka : Pemanfaatan Aplikasi Wordwall sebagai Solusi Asesmen Pembelajaran yang Menyenangkan. Prosiding Seminar Nasional Paedagoria, 4, 517–525.

Qiftiyah, M., Yunianto, T., Hidayati, A. N., & Sari, T. M. (2023). The Influence of Batang Napier Media on the Learning Outcomes of Class III Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 10(1), 18–29.

Qothrunnada, N. A., Iswanto, J., Fitrotus, D., Hendrarti, B. G., & Subekan, S. (2023). Transformasi Digital Lembaga Keuangan Syariah: Peluang dan Implementasinya di Era Industri 4.0. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 4(3), 741–756. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/IJHSS

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Ratminingsih, N. M. (2016). Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi Di Kelas Lima Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 27. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, D. M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343. http://dx.doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6859

Ridwan, R. S., Al-Aqsha, I., & Rahmadini, G. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Penyampaian Konten Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 18(1), 38–53. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.37653

Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 1193–1202. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2750/2550

Rusdiana, R. Y., Putri, W. K., & Sari, V. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209–213.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Sukma, H. H. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200

Tampubolon, R., & Manurung, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII. Jurnal Inspiratif, 8(2), 67–85.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Wahyuni, D., Fitrianingsih, N., & Fitriati, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Wordwall pada Mata Pelajaran TIK untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Inventor: Jurnal Inovasi Dan Tren Pendidikan Teknologi Informasi, 1(3), 31–36.

Wicaksono, W. A., Salimi, M., & Suyanto, I. (2016). Model Berpikir Induktif : Analisis Proses Kognitif Dalam Model Berpikir Induktif. Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Wijaya, B. R., Siswoyo, A. A., Pritasari, A. C., & Telang, J. R. (2020). Media Pembelajaran Animal Metamorphosis dilengkapi Multimedia Interaktif dalam Menunjang Perkuliahan IPA SD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Trunojoyo Madura. CEJou, 01(01).

Wulandari, V., Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Infografis Sebagai Penguatan Kognitif Siswa X MIA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37–44. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index
Published
2024-12-03
How to Cite
Qiftiyah, M., Rahmi, R., & Kusuma, Y. (2024). Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran bagi Pendidik. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 124-137. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v3i2.3573
Section
Articles