Pengembangan Program Madrasah Berbasis Riset STEM Potensi Lokal di Lereng Gunung Muria

  • Hanik Malichatin IAIN Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Dody Rahayu Prasetyo Prasetyo Institut Agama Islam Negeri Kudus

Abstract

Sebagai upaya menanamkan kecintaan siswa madrasah terhadap riset dan optimalisasi pemanfaatan potensi lokal di lereng gunung Muria dapat dilakukan dengan cara mengembangkan madrasah berbasis riset. Melalui program madrasah berbasis riset STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic), diharapkan masyarakat di sekitar madrasah lebih memahami cara mengoptimalkan potensi lokal tersebut. Sampel pengabdian yang dipilih yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs) NU Raden Umar Said yang berlokasi di lereng gunung muria. Metode pengabdian dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pengabdian yang diperoleh 1) limbah kulit jeruk pamelo dapat dijadikan bahan dasar pembuatan sabun dan biobaterai, 2) para siswa antusias dalam pembelajaran riset STEM, tetapi keterampilan menggunakan alat praktikum masih rendah, dan 3) madrasah membuat program ekstrakurikuler riset STEM berbasis potensi lokal di gunung Muria. Melalui kegiatan ini, MTs NU Raden Umar Sa’id dapat menjadi pioner madrasah riset di gunung Muria. Dengan demikian, diharapkan dapat mencontoh madrasah di sekitarnya.

References

Abidin, M., Hafidh, A. F., Widyaningsih, M., Yusuf, M., & Murniati, A. (2020). Pembuatan Biobaterai Berbasis Ampas Kelapa dan Tomat Busuk. al-Kimiya, 7(1), 28–34. https://doi.org/10.15575/ak.v7i1.6511

Amrullah, A. (2013). Kemenag Luncurkan Program Madrasah Riset. Https://Republika.Co.Id/. Https://republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/13/09/04/mskqz4-kemenag- luncurkan-program-madrasah-riset.

Aprizal, Y. (2023). Pendampingan Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) Melalui Aplikasi E-RKAM Pada Madrasah di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Meuseuraya - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39-51. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v2i1.1957

Astuti, E., Wulandari, F., & Hartati, A. T. (2021). Pembuatan Sabun Padat Dari Minyak Kelapa Dengan Penambahan Aloe Vera Sebagai Antiseptik Menggunakan Metode Cold Process. Jurnal Konversi, 10(2), 7-12. https://doi.org/10.24853/konversi.10.2.7-12

Bustami, B., Muhammad, M., Yunizar, Z., Rosnita, L., Meiyanti, R., Afrillia, Y., Hafidh Rafif, T. M., & Harahap, I. T. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Online Dan Perakitan Komputer Pada Sekolah Di Desa Paloh Lada Kecamatan Dewantara. Meuseuraya - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 78–87. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i2.1436

Efendi, S., & Pally Taran, J. (2022). Pemberdayaan Potensi Warga Gampong Ujong Drien – Aceh Barat Melalui Optimalisasi Penggunaan Sistem Informasi Gampong (SIGAP). Meuseuraya - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i1.1059

Ismiati, I. (2020). Pembelajaran Biologi SMA Abad ke-21 Berbasis Potensi Lokal: Review Potensi di Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2), 222. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.218

Jumriani, J., & K. Prasetyo, Z. (2017). Important Roles of Local Potency Based Science Learning to Support the 21st Century Learning. European Journal of Engineering and Formal Sciences, 1(1), 6. https://doi.org/10.26417/ejef.v1i1.p6-16

Ningsih, I. Y., & Suryaningsih, I. B. (2022). Pemberdayaan Kelompok Petani Terong di Desa Dawuhan, Bondowoso melalui Pengolahan Kulit Terong. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 5(4), 424. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i4.7804

Nurazizah, I. R., Suwarma, A. J., & Kaniawati, I. (2018). Implementation of STEM Learning: A Study Of Student Achievement. Pros. Semin. Nas. Fis, 126-130.

Prasetyo, D. R., & Aji, M. P. (2014). Uji Kualitas Minyak Goreng Berdasarkan Indeks Bias Cahaya Menggunakan Alat Refraktometer Sederhana. Jurnal Fisika, 4(1). https://doi.org/10.15294/jf.v4i1.3866

Pratama, A. T., Limiansi, K., & Anazifa, R. D. (2020). Penggunaan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) terintegrasi pembelajaran berbasis proyek untuk mahasiswa. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 9(2), 115-121. http://dx.doi.org/10.33477/bs.v9i2.1627

Situmorang, R. P. (2018). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA negeri 2 wonosari. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 4(1), 51-57. https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57

Sukri, S., Kasih, D., Afriyani, M. P., Rinawati, R., Efendi, S., Saputra, E., & Era, N. (2023). Sosialisasi dan Pemetaan Potensi Desa Sebagai Arah Pembangunan Yang Berkelanjutan. JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 3(1), 19–27. https://doi.org/10.37249/jpma.v3i1.599

Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-Stem Project-Based Learning: Its Impact to Critical and Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754

Thibaut, L., Ceuppens, S., De Loof, H., De Meester, J., Goovaerts, L., Struyf, A., Boeve-de Pauw, J., Dehaene, W., Deprez, J., De Cock, M., Hellinckx, L., Knipprath, H., Langie, G., Struyven, K., Van de Velde, D., Van Petegem, P., & Depaepe, F. (2018). Integrated STEM Education: A Systematic Review of Instructional Practices in Secondary Education. European Journal of STEM Education, 3(1). https://doi.org/10.20897/ejsteme/85525

Tresnawati, N., Saleh, I., Kurniawan, D. T., Sudarmin, S., & Wardani, S. (2020). Learning Science Through STEAM Approach (Science Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Integrated Ethnoscience in the Context of Batik Culture for Pre Service Teachers of Primary Education. Proceedings of the International Conference on Agriculture, Social Sciences, Education, Technology and Health (ICASSETH 2019). International Conference on Agriculture, Social Sciences, Education, Technology and Health (ICASSETH 2019), Cirebon, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200402.056

Widowati, A., Wibowo, Y., & Hidayati, S. (2013). Pemanfaatan potensi lokal sekolah dalam pembelajaran biologi SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1), 74-82. https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12481

Yuniarti, I., Khusnaa, U., & Setyawan, M. A. (2022). Kaderisasi Tenaga Pendidik Madrasah Diniyah di Desa Penujah. Meuseuraya - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 128-134. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i2.1433

Published
2023-12-01
How to Cite
Malichatin, H., & Prasetyo, D. R. P. (2023). Pengembangan Program Madrasah Berbasis Riset STEM Potensi Lokal di Lereng Gunung Muria. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 106-117. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v2i2.2260
Section
Articles