Pengembangan Program Madrasah Berbasis Riset STEM Potensi Lokal di Lereng Gunung Muria
Abstract
Sebagai upaya menanamkan kecintaan siswa madrasah terhadap riset dan optimalisasi pemanfaatan potensi lokal di lereng gunung Muria dapat dilakukan dengan cara mengembangkan madrasah berbasis riset. Melalui program madrasah berbasis riset STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic), diharapkan masyarakat di sekitar madrasah lebih memahami cara mengoptimalkan potensi lokal tersebut. Sampel pengabdian yang dipilih yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs) NU Raden Umar Said yang berlokasi di lereng gunung muria. Metode pengabdian dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pengabdian yang diperoleh 1) limbah kulit jeruk pamelo dapat dijadikan bahan dasar pembuatan sabun dan biobaterai, 2) para siswa antusias dalam pembelajaran riset STEM, tetapi keterampilan menggunakan alat praktikum masih rendah, dan 3) madrasah membuat program ekstrakurikuler riset STEM berbasis potensi lokal di gunung Muria. Melalui kegiatan ini, MTs NU Raden Umar Sa’id dapat menjadi pioner madrasah riset di gunung Muria. Dengan demikian, diharapkan dapat mencontoh madrasah di sekitarnya.
References
Abidin, M., Hafidh, A. F., Widyaningsih, M., Yusuf, M., & Murniati, A. (2020). Pembuatan Biobaterai Berbasis Ampas Kelapa dan Tomat Busuk. al-Kimiya, 7(1), 28–34. https://doi.org/10.15575/ak.v7i1.6511
Amrullah, A. (2013). Kemenag Luncurkan Program Madrasah Riset. Https://Republika.Co.Id/. Https://republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/13/09/04/mskqz4-kemenag- luncurkan-program-madrasah-riset.
Aprizal, Y. (2023). Pendampingan Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) Melalui Aplikasi E-RKAM Pada Madrasah di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Meuseuraya - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39-51. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v2i1.1957
Astuti, E., Wulandari, F., & Hartati, A. T. (2021). Pembuatan Sabun Padat Dari Minyak Kelapa Dengan Penambahan Aloe Vera Sebagai Antiseptik Menggunakan Metode Cold Process. Jurnal Konversi, 10(2), 7-12. https://doi.org/10.24853/konversi.10.2.7-12
Bustami, B., Muhammad, M., Yunizar, Z., Rosnita, L., Meiyanti, R., Afrillia, Y., Hafidh Rafif, T. M., & Harahap, I. T. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Online Dan Perakitan Komputer Pada Sekolah Di Desa Paloh Lada Kecamatan Dewantara. Meuseuraya - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 78–87. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i2.1436
Efendi, S., & Pally Taran, J. (2022). Pemberdayaan Potensi Warga Gampong Ujong Drien – Aceh Barat Melalui Optimalisasi Penggunaan Sistem Informasi Gampong (SIGAP). Meuseuraya - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i1.1059
Ismiati, I. (2020). Pembelajaran Biologi SMA Abad ke-21 Berbasis Potensi Lokal: Review Potensi di Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2), 222. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.218
Jumriani, J., & K. Prasetyo, Z. (2017). Important Roles of Local Potency Based Science Learning to Support the 21st Century Learning. European Journal of Engineering and Formal Sciences, 1(1), 6. https://doi.org/10.26417/ejef.v1i1.p6-16
Ningsih, I. Y., & Suryaningsih, I. B. (2022). Pemberdayaan Kelompok Petani Terong di Desa Dawuhan, Bondowoso melalui Pengolahan Kulit Terong. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 5(4), 424. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i4.7804
Nurazizah, I. R., Suwarma, A. J., & Kaniawati, I. (2018). Implementation of STEM Learning: A Study Of Student Achievement. Pros. Semin. Nas. Fis, 126-130.
Prasetyo, D. R., & Aji, M. P. (2014). Uji Kualitas Minyak Goreng Berdasarkan Indeks Bias Cahaya Menggunakan Alat Refraktometer Sederhana. Jurnal Fisika, 4(1). https://doi.org/10.15294/jf.v4i1.3866
Pratama, A. T., Limiansi, K., & Anazifa, R. D. (2020). Penggunaan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) terintegrasi pembelajaran berbasis proyek untuk mahasiswa. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 9(2), 115-121. http://dx.doi.org/10.33477/bs.v9i2.1627
Situmorang, R. P. (2018). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA negeri 2 wonosari. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 4(1), 51-57. https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57
Sukri, S., Kasih, D., Afriyani, M. P., Rinawati, R., Efendi, S., Saputra, E., & Era, N. (2023). Sosialisasi dan Pemetaan Potensi Desa Sebagai Arah Pembangunan Yang Berkelanjutan. JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 3(1), 19–27. https://doi.org/10.37249/jpma.v3i1.599
Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-Stem Project-Based Learning: Its Impact to Critical and Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754
Thibaut, L., Ceuppens, S., De Loof, H., De Meester, J., Goovaerts, L., Struyf, A., Boeve-de Pauw, J., Dehaene, W., Deprez, J., De Cock, M., Hellinckx, L., Knipprath, H., Langie, G., Struyven, K., Van de Velde, D., Van Petegem, P., & Depaepe, F. (2018). Integrated STEM Education: A Systematic Review of Instructional Practices in Secondary Education. European Journal of STEM Education, 3(1). https://doi.org/10.20897/ejsteme/85525
Tresnawati, N., Saleh, I., Kurniawan, D. T., Sudarmin, S., & Wardani, S. (2020). Learning Science Through STEAM Approach (Science Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Integrated Ethnoscience in the Context of Batik Culture for Pre Service Teachers of Primary Education. Proceedings of the International Conference on Agriculture, Social Sciences, Education, Technology and Health (ICASSETH 2019). International Conference on Agriculture, Social Sciences, Education, Technology and Health (ICASSETH 2019), Cirebon, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200402.056
Widowati, A., Wibowo, Y., & Hidayati, S. (2013). Pemanfaatan potensi lokal sekolah dalam pembelajaran biologi SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1), 74-82. https://doi.org/10.21831/jpms.v1i1.12481
Yuniarti, I., Khusnaa, U., & Setyawan, M. A. (2022). Kaderisasi Tenaga Pendidik Madrasah Diniyah di Desa Penujah. Meuseuraya - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 128-134. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i2.1433
Copyright (c) 2023 Hanik Malichatin, Dody Rahayu Prasetyo Prasetyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.