Pendampingan Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) Melalui Aplikasi E-RKAM Pada Madrasah di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan

  • Yusuf Aprizal Universitas Jambi, Jambi, Indonesia
Keywords: Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM), BantuanOperasional Sekolah (BOS)

Abstract

e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik) merupakan sistem perencanaan dan pengelolaan anggaran dana BOS/ lainnya yang dikembangkan oleh Kementerian Agama, palform ini dikembangkan untuk mempermudah madrasah dalam melaksanakan Evaluasi Diri Madrasah (EDM), yang kemudian hasilnya akan dijadikan dasar dalam penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah. Implementasi penggunaan aplikasi e-RKAM ini dilakukan secara bertahap dimulai dari bimtek Tim Inti Madrasah (TIM) yang terdiri dari kepala madrasah, bendahara madrasah, dan operator madrasah, selanjutnya pasca bimtek dilakukan pendampingan secara tatap muka langsung di madrasah masing-masing yang menjadi sasaran pendampingan. Tujuan dilakukannya pendampingan ini adalah untuk memastikan setiap madrasah 1] Mampu melaksanakan dan menggunakan instrumen EDM sesuai dengan pedoman yang ada; 2] Dapat menyusun RKAM berdasarkan hasil EDM dengan menggunakan aplikasi e-RKAM; 3] kendala yang ditemui dalam proses penggunaan aplikasi dapat langsung dikonsultasikan dengan TIK (Tim Inti Kabupaten) yang mendampingi saat itu juga. Metode pelaksanaan kegiatan pendampingan dilaksanakan dengan pendekatan luring atau tatap muka melalui school visit/ kunjungan ke madrasah. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pendampingan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) melalui aplikasi e-RKAM ini setiap madrasah yang menjadi sasaran pendampingan yaitu sebanyak 21 madrasah dengan rincian 4 jenjang Madrasah Ibtidaiyah, 11 jenjang Madrasah Tsanawiyah, dan 6 jenjang Madrasah Aliyah, Madrasah seluruhnya telah dapat mengerjakan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dengan menggunakan aplikasi e-RKAM, dan juga telah dapat menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) dengan memanfaatkan aplikasi e-RKAM.

References

Adoe, M. H. (2016). Pengaruh karakteristik tujuan anggaran terhadap perilaku, sikap, dan kinerja aparat pemerintah daerah di Propinsi Nusa Tenggara Timur (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Aminulloh, F. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Darwata Glempang Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia)).

Anwar, H. (2017). Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Perspektif Pengelolaaan Madrasah Aliyah Swasta. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 15-27.

Ardiyanto, A. D. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis IT Di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Sukosari Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang Tahun Anggaran 2020 (Doctoral dissertation, IAIN Jember).

Chuang, S. C., Lin, F. M., & Tsai, C. C. (2015). An Exploration Of The Relationship Between Internet Self-Efficacy And Sources Of Internet Self-Efficacy Among Taiwanese University Students. Computers in Human behavior, 48, 147-155.

Davies, B., & Ellison, L. (2003). The new strategic direction and development of the school: Key frameworks for school improvement planning. Psychology Press.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, (2021), Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) Versi 2.0.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, (2021), Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bimbingan Teknis Penerapan EDM dan e-RKAM.

Fuad, N. (2015). Manajemen Berbasis Sekolah. UNJ Press

Griffin, R. W. (2020). Management 5th. Delhi: AITBS Publisher.

Matin. (2013). Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan. PT Raja Grafindo Perkasa

Muhtasar, M. (2022). Manajemen evaluasi diri dalam menyusun anggaran menggunakan aplikasi edm e-rkam pada madrasah sasaran proyek realizing education’s promise-madrasah education quality reform (REP-MEQR) Kabupaten Lombok Timur (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Nurhattati, N., & Ripki, A. J. H. (2021). Partisipasi Guru Dalam Penetapan Rencana Kegiatan dan Anggaran di Madrasah Ibtidaiyah Swasta. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 19(3), 286-302.

Nurhattati. (2015). Manajemen Sekolah. LPP Press Universitas Negeri Jakarta, FIP UNJ.

Permendiknas. (2007). Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sa’idu, N. U. R. (2021). Implementasi Aplikasi EDM dan E-RKAM dengan Menggunakan Aplikasi G-Suite for Education pada Madrasah Sasaran Proyek Realizing Education’s Promise-Madrasah education Quality Reform (Rep-Meqr) IBRD Loan Number: 8992-ID Th. 2020-2024. Strategy: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 1(2), 193-199.

Sekaran, U. (2006). Research Method and Business, edk 4, Salemba Empat.

Tapscott, D. (2017). The Digital Economy, Promise And Peril In The Age Of Networked Intelegence. Mc Graw-Hill

Published
2023-06-23
How to Cite
Aprizal, Y. (2023). Pendampingan Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) Melalui Aplikasi E-RKAM Pada Madrasah di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39-51. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v2i1.1957
Section
Articles