Pendampingan dan Pelatihan Santri Mengajar pada Balai Pengajian Al-Hidayah Desa Sukarejo Langsa Timur
Abstract
Di antara bentuk pengabdian kepada masyarakat ialah memberikan pelayanan berupa pendidikan baik non formal maupun informal. Salah satu lembaga informal di bidang pendidikan agama yang marak di masyarakat adalah Taman Pendidikan al-Quran. Tulisan ini merupakan hasil laporan dari kegiatan pengabdian berupa pendampingan di Balai Pengajian Al-Hidayah yang berlokasi di Desa Sukarejo Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa Provinsi Aceh. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini berupa metode pelatihan dan pemodelan, yaitu melatih para santri mengajar dan menganalisa kesalahan bacaan santri lainnya dengan memberikan model bacaan yang benar. Hasil dari kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa pemberdayaan yang dilakukan di Balai Pengajian Al-Hidayah terdiri dari pemberdayaan siswa dan pemberdayaan Orang Tua.
References
An-Nahlawi, A. (1989). Prinsip dan Metode Penelitian Islam. Bandung: Diponegoro
Mendoza, GA, dkk, (1999). Panduan Menerapkan Analisis Multikriteria dalam Menilai Kriteria dan Faktor. Jakarta: CIFOR
Rusdarti, R. (2010). Potensi Ekonomi Daerah dalam Pengembangan UKM Unggulan di Kabupaten Semarang. JEJAK, 3(2).
Rasidi, R, (2007) Sosiologi Pendidikan. Solo: Lembaga Pendidikan
Suryabrata, S. (2006) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Sabarudin, B. (2010). Peran Orangtua dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an di SD Negeri Depok Sleman Yogyakarta.
Suryanto, A., dkk. (2008) Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Umam, M. L. (2016). Metode Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Perkembangan Jiwa Keagamaan Anak (Studi Kasus Di TPQ Al-Ikhlash Jabung Talun Blitar).
Efendi, S., & Kasih, D. . (2022). Pengembangan Bakat dan Minat Serta Membentuk Karakter Islami Anak-Anak Gampong Layung Kec. Bubon Kab. Aceh Barat. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 361-372.
Shihab, M. Q. (2007). " Membumikan" Al-Quran: fungsi dan peran wahyu dalam kehidupan masyarakat. Mizan Pustaka.
Saputri, O. N., Nissah, K., & Arini, P. F. (2022). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Melalui Penguatan SDM di Desa Paron, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 75-81.
Copyright (c) 2023 MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.