Pendampingan dan Pelatihan Santri Mengajar pada Balai Pengajian Al-Hidayah Desa Sukarejo Langsa Timur

  • Hatta Sabri IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Aceh, Indonesia
  • Muhammad Nu'man Idris IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Aceh, Indonesia
  • Zefri Maulana IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Aceh, Indonesia
Keywords: Pendampingan, Pelatihan, Santri Mengajar

Abstract

Di antara bentuk pengabdian kepada masyarakat ialah memberikan pelayanan berupa pendidikan baik non formal maupun informal. Salah satu lembaga informal di bidang pendidikan agama yang marak di masyarakat adalah Taman Pendidikan al-Quran. Tulisan ini merupakan hasil laporan dari kegiatan pengabdian berupa pendampingan di Balai Pengajian Al-Hidayah yang berlokasi di Desa Sukarejo Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa Provinsi Aceh. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini berupa metode pelatihan dan pemodelan, yaitu melatih para santri mengajar dan menganalisa kesalahan bacaan santri lainnya dengan memberikan model bacaan yang benar. Hasil dari kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa pemberdayaan yang dilakukan di Balai Pengajian Al-Hidayah terdiri dari pemberdayaan siswa dan pemberdayaan Orang Tua.

References

An-Nahlawi, A. (1989). Prinsip dan Metode Penelitian Islam. Bandung: Diponegoro

Mendoza, GA, dkk, (1999). Panduan Menerapkan Analisis Multikriteria dalam Menilai Kriteria dan Faktor. Jakarta: CIFOR

Rusdarti, R. (2010). Potensi Ekonomi Daerah dalam Pengembangan UKM Unggulan di Kabupaten Semarang. JEJAK, 3(2).

Rasidi, R, (2007) Sosiologi Pendidikan. Solo: Lembaga Pendidikan

Suryabrata, S. (2006) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Sabarudin, B. (2010). Peran Orangtua dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an di SD Negeri Depok Sleman Yogyakarta.

Suryanto, A., dkk. (2008) Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Umam, M. L. (2016). Metode Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Perkembangan Jiwa Keagamaan Anak (Studi Kasus Di TPQ Al-Ikhlash Jabung Talun Blitar).

Efendi, S., & Kasih, D. . (2022). Pengembangan Bakat dan Minat Serta Membentuk Karakter Islami Anak-Anak Gampong Layung Kec. Bubon Kab. Aceh Barat. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 361-372.

Shihab, M. Q. (2007). " Membumikan" Al-Quran: fungsi dan peran wahyu dalam kehidupan masyarakat. Mizan Pustaka.

Saputri, O. N., Nissah, K., & Arini, P. F. (2022). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Melalui Penguatan SDM di Desa Paron, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 75-81.

Published
2023-06-23
How to Cite
Sabri, H., Idris, M. N., & Maulana, Z. (2023). Pendampingan dan Pelatihan Santri Mengajar pada Balai Pengajian Al-Hidayah Desa Sukarejo Langsa Timur. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 59-74. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v2i1.1745
Section
Articles