Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Online dan Perakitan Komputer Pada Sekolah di Desa Paloh Lada Kecamatan Dewantara
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini secara tidak langsung juga “memaksa” kita untuk dapat mengikuti perkembangannya, bukan hanya bagi kita yang memang bergerak di bidang IT, namun juga bagi kita yang bergerak disemua bidang, salah satunya di bidang Pendidikan. Teknologi informasi menjadi kebutuhan primer bagi kita yang membutuhkan efisiensi dalam berkegiatan. Guru dan siswa juga merasakan langsung bagaimana teknologi berperan dalam kegiatan Pendidikan, pembelajaran secara daring di masa covid menjadi puncak dari pemanfaatan teknologi didunia Pendidikan. Salah satu point penting dari kegiatan pembelajaran daring adalah pemanfaatan media pembelajaran daring, misalnya google classroom. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu Guru dan juga siswa/I memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari dua kegiatan besar, yaitu Pelatihan pembuatan media pembelajaran online yang diberikan kepada para guru dan kegiatan pelatihan perakitan komputer dan instalasi komputer kepada para murid. Kegiatan ini dilakukan pada MTsS Jabal Nur dan MTsN 2 Aceh Utara, Kecamatan Dewantara, Kab. Aceh Utara. Output dari kegiatan ini adalah Jurnal yang di submit pada Jurnal Rambieden dan Publikasi media massa. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan pemahaman pada para guru dalam pemanfaatan media pembelajaran online dan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajran, sedangkan bagi siswa, kegiatan pelatihan ini memberikan pengetahuan pada mereka tentang perkembangan teknologi informasi.
References
Adelina, Masniladevi (2021). Pengembangan Media pembelajaran Berbasis Google Classroom Pada Materi Volume Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies. Vol 4 No 1 (Januari Juni2021).
Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9-20.
Adit ya, Charisma Wahyu. 2011. Awas Ada Maling! 30 Menit Membobol Komputer. Yogyakarta : Media Kom
A. Arsyad, Ashar. 2003.i. Jakarta: Raja Grasindo Persada
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemi in Georgia. Modestum, 5(4),1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/pr/7937
Deviyanti, Ekawarna, Yantoro. (2020). Pengembangan Media ELearning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di SMA Unggul Sakti Jambi, Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 1, no. 1: 303-316. (https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.264)
Fadlisyah. 2008. Pemrograman Mikroprosesor, Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta. (978- 979-756-352-3)
Faisal, Lisa. 2007. Hacking Windows dan Pengamannya. Jakarta : Info Komputer.
Gunawan, F.I. & Sunarman, S.G., (2018). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Peserta didik SMK Untuk Mendukung Pembelajaran, In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Hamka, Vilmala. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Melalui Aplikasi Google Classroom Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Journal of Education Informatic Technology and Science, vol. 1, no. 2: 145-154. (http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JeITS/art icle/view/1439/858)
H. Choudhury, & G. Khataniar. (2016). Featured Based Comparison and Evaluation of Elearning Platform in Academic Environment, International Journal of Digital Application & Contemporary Research, vol. 4: 1-7. (https://www.semanticscholar.org/paper/Features-Based-Comparison-andEvaluation-ofE-inChoudhuryKhataniar/86d0ad9c4b29b13ca1746a6094663a1761d186ab#paperheader)
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942
Miftakh, F., &Samsi, Y. S. (2015). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Mahasiswa, Jurnal ilmiah Solusi, 6(3), 17-24.
Oktavian, R., &Aldya, R. F. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763
Pratama, A., Fachrurrazi, S., Ula, Mutammimul. (2021). Perancangan Dan Aplikasi Model Sistem Informasi Sekolah. Jurnal tentang komponen PC, bagaimana merakit PC, serta pengetahuan tentang perkembangan teknologi dari masa ke masa. al Sistem Informasi. ISSN P : 2598-599X; E: 2599-0330
Ritza. (2020, April 3). Corona, kelas daring, dan curhat 2 guru untuk orang tua. TIM cnn indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gayahidup/20200330165053-284488368/corona-kelas-daring-dan-curhat-2-guruuntuk-orang-tua
Su’uga Hisyam Surya, (2020). Media E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 09 Nomor 03 Tahun 2020, 605-610
https://kominfo.go.id/content/detail/2227/baru-20-persen-penduduk-indonesia-yang-melek-internet/0/sorotan_media, Tanggal Akses 20 Februari 2022.
Copyright (c) 2022 MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.