Kaderisasi Tenaga Pendidik Madrasah Diniyah di Desa Penujah

  • Ines Yuniarti UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ulwiyatul Khusnaa UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
  • M. Adin Setyawan UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Pengabdian Masyarakat, Kaderisasi, Guru Madin

Abstract

Rendahnya taraf hidup masyarakat pedesaan berdampak terhadap pendidikan terutama generasi penerus bangsa. Berdasarkan data lapangan, sebagian besar masyarakat Desa Penujah berprofesi sebagai petani dan sebagian yang lain bekerja di perantauan. Tingkat pendidikan di Desa Penujah masih terbilang rendah, khususnya dalam bidang pendidikan agama. Kurangnya tenaga pendidik di madrasah diniyah Desa Penujah merupakan sebuah masalah, dengan hal ini mahasiswa UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengadakan kegiatan kaderisasi tenaga pendidik di Desa Penujah. Hal ini bertujuan memberikan edukasi kepada pemuda Desa Penujah untuk menyiapkan diri menjadi kader tenaga pendidik madrasah diniyah di masa yang akan datang.

References

Andhika, M. R., Marizah, Sonya Anggi Yani, Dian Fahera, Lia Indah, Fadhila Nurisma, Cut Wirda Nilasari, Ida Nisa, & Aswandi. (2022). Menumbuhkan Kesadaran Dini Terhadap Pendidikan di Gampong Gempa Raya Kecamatan Woyla Kabupaten Aceh Barat. Meuseuraya - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 39–45.

Anwar, N. (2021). Provincial Government Policies in Improving the Quality of Madrasah Diniyah Teachers in East Java. Halaqa: Islamic Education Journal, 5(1), 89–95.

Bekti, Wulandari. 2013. “Pengaruh Problem-Based Learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK”. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178- 191.

Efendi, S., & Taran, J. P. (2022). Pemberdayaan Potensi Warga Gampong Ujong Drien–Aceh Barat Melalui Optimalisasi Penggunaan Sistem Informasi Gampong (SIGAP). Meuseuraya-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1-7.

Masmuadi, A. Rachmawati, A. M. 2007. Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis pada Remaja. Naskah Publikasi.

Nizah, N. (2016). Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu Tinjauan Historis. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1), 181–202.

Sholihah, A.N. 2012. Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis dan Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Ponsel pada Remaja. Jurnal. Universitas Setia Budi.

Siman, N. (2008). Upaya kepala madrasah diniyah dalam mengembangkan kualitas pendidikan: Study kasus di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren “Raudlatul Ulum I” Ganjaran Gondanglegi Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Published
2022-12-29
How to Cite
Yuniarti , I., Khusnaa, U., & Setyawan, M. A. (2022). Kaderisasi Tenaga Pendidik Madrasah Diniyah di Desa Penujah. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 128-134. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i2.1433
Section
Articles