Pemberdayaan Masyarakat Desa Krueng Tunong Aceh Jaya Melalui Usaha Kerupuk Udang Berbasis Komoditas Lokal

  • Sanusi Ismail UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia
  • Wendi Saputra UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Putra Baisan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Galih Faturrohman IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Aceh, Indonesia
  • Vanyza STAIN Bengkalis, Riau, Indonesia
  • Bintang Kartika UIN Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
  • S Musytiratul Padliyah UIN Sultan Thaha Saifuddin, Jambi, Indonesia
  • Suci Mulia Ananda UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia
  • Syaiful Kiram UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia
  • Nesha Alifia Jauzi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia
  • Elsyaddad Riayatsyah UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia
  • Khairul Abrar UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia
Keywords: Kerupuk Udang, Kewirausahaan, Pengembangan Masyarakat

Abstract

Amal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu rumah tangga Desa Krueng Tunong dalam produksi dan pengelolaan kerupuk udang. Permasalahan yang muncul adalah ibu rumah tangga Desa Krueng Tunong kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengolah hasil tambak berupa udang dan memanfaatkannya menjadi produk yang bernilai ekonomis. Tujuan dari program ini adalah membuat unit usaha untuk mengembangkan produk pangan berupa kerupuk berbahan dasar udang. Secara khusus merupakan program yang mengajarkan ibu-ibu rumah tangga di Desa Krueng Tunong cara membuat kerupuk udang. Pelatihan ini dimulai dari  pengolahan, pengemasan dan pemasaran. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan  adalah metode demonstrasi, diskusi dan pelatihan/konsultasi. Kegiatan tersebut melibatkan seluruh anggota Kuliah Kerja Nyata Melayu Serumpun III dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri se-Sumatera yang bertempat di Desa Krueng Tunong didampingi aparatur desa dan dikunjungi ibu-ibu rumah tangga yang ada di Desa Krueng Tunong. Luaran dari kegiatan ini adalah sekelompok ibu rumah tangga dari desa Krueng Tunong yang memiliki keterampilan  membuat kerupuk udang dan menjalankan usaha. Dari diskusi-diskusi yang diadakan terlihat bahwa para peserta mengalami peningkatan pengetahuan tentang pengolahan dan pemanfaatan udang serta bersedia memanfaatkan peluang yang ada untuk meningkatkan pendapatan mereka. Sekitar 90% peserta aktif memberikan komentar positif tentang keterampilan dan pengetahuan yang diberikan oleh mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata.

References

Agusta, F. K., & Ayu, D. F. (2020). Nilai Gizi Dan Karakteristik Organoleptik Nugget Ikan Gabus Dengan Penambahan Kacang Merah. Jurnal Teknologi Pangan, 14(1).

Ashari, U., Sahara, S., & Hartoyo, S. (2016). Daya Saing Udang Segar dan Udang Beku Indonesia di Negara Tujuan Ekspor Utama. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 13(1), 1-1.

Barus, M., & Adikahriani, A. Produk Kerupuk Pangsit Herbal Sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Pengusaha Home Industry di Kota Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 245-249.

Dirlanudin. 2010. Perilaku Wirausaha dan Keberdayaan Pengusaha Kecil Industri Agro: Kasus di Kabupaten Serang Provinsi Banten. Disertasi. Institut Pertanian Bogor.

Efendi, S., & Taran, J. P. (2022). Pemberdayaan Potensi Warga Gampong Ujong Drien–Aceh Barat Melalui Optimalisasi Penggunaan Sistem Informasi Gampong (SIGAP). Meuseuraya-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1-7.

Indraswari. (2003). Kerupuk Puli Masa Kini. Yogyakarta: Kanisius

Karyantina, M., & Kurniawati, L. (2011). Kualitas Kerupuk Udang Goreng Dengan Substitusi Tepung Ubi Jalar Selama Penyimpanan Quality Fried Shrimp Chips With Substitution of Sweet Potato Flour During Storage. Eksplorasi, 23(1).

Kusuma, T. D., Suseno, T. I. P., & Surjoseputro, S. (2017). Pengaruh proporsi tapioka dan terigu terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik kerupuk berseledri. Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi (Journal of Food Technology and Nutrition), 12(1), 17-28.

Martauli, E. D., Baga, L. M., & Fariyanti, A. (2016). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja usaha wanita wirausaha kerupuk udang di Provinsi Jambi. AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural Development Research, 2(2), 118-127.

Musthofa, Z. (2018). Analisis Usaha Terasi Udang Di Desa Tambaklekok Kabupaten Pasuruan (Doctoral dissertation, Universitas Yudharta).

Nugroho, T. S., & Sukmawati, U. (2020). Pengaruh Metode Pengeringan Kerupuk Udang Windu (Paneaus Monodon) Terhadap Daya Kembang Dan Nilai Organoleptik. Manfish Journal, 1(2), 107-114.

Rahmayati, R. (2015). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, Kalimantan Utara. Jurnal Galung Tropika, 4(1), 60-67.

Setiyorini, E. I., & Hadi, S. (2013). Pengaruh penambahan udang rebon dan jamur tiram terhadap hasil jadi kerupuk udang rebon. Jurnal Tata Boga, 2(1).

Suprapti & Lies. (2005). Kerupuk Udang Sidoarjo. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Zulfikar, R. (2016). Cara penanganan yang baik pengolahan produk hasil perikanan berupa udang. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 5(2).

Published
2022-12-29
How to Cite
Ismail, S., Saputra, W., Baisan, P., Faturrohman, G., Vanyza, Kartika, B., Padliyah, S. M., Ananda, S. M., Kiram, S., Jauzi, N. A., Riayatsyah, E., & Abrar, K. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Desa Krueng Tunong Aceh Jaya Melalui Usaha Kerupuk Udang Berbasis Komoditas Lokal. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 120-127. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i2.1383
Section
Articles