Optimalisasi Media Sosial Pada Generasi Z Melalui Pelatihan Content Creator

  • Heri Rahmat Syahputra STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Iin Meriza STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Irsan Arianda STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Hijrah STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Junaidi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Ulfa Khairina STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Mutia Tisa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
Keywords: Content creator, Gen-Z

Abstract

Perangkat smartphone telah berubah menjadi kebutuhan dan gaya hidup bagi genarasi z (gen-z). Content-content yang disajikan dalam media sosial diharapkan dapat menjadi pendorong bagi dunia pendidikan dan kehidupan sosial. Namun tidak menutup kemungkinan segala hal yang dilihat dapat menjadi konsumsi yang tidak layak bahkan merusak. Masa depan gen-z hampir bergantung dengan kemajuan internet. Oleh karena itu mereka diharapkan tidak hanya menjadi pengguna dan penikmat content namun juga harus dapat menjadi seorang content creator. Melalui pengabdian ini, berupaya untuk memberikan pengetahuan mengenai pentingnya serta keuntungan menjadi seorang content creator yang menarik atau viral. Melalui kegiatan ini didapati hasil ternyata banyak gen-z dalam hal ini siswa/i MAN 1 Aceh Barat dan SMAN 2 yang pernah membuat content video namun belum maksimal. Mereka belum mendapatkan pengetahuan secara langsung (pelatihan) mengenai ide atau materi membuat content serta teknik-teknik dalam mengolah video menjadi menarik dan layak untuk diposting di media sosial.

References

Hermawan, D. (2018). Content Creator dalam Kacamata Industri Kreatif: Peran Personal Branding dalam Media Sosial. E-Jurnal Universitas Katolik Parahyangan, 1, 1–12. https://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/7824/maklhsc472_Daniel_Content creator-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Sundawa, Y. A., & Trigartanti, W. (2018). Fenomena Content Creator di Era Digital.Prosiding Hubungan Masyarakat, 4(2), 438–443. karyailmiah.unisba.ac.id

Adam, A. (2017, April 28). Tirto.id. Retrieved from Selamat Tinggal Generasi Milenial, Selamat Datang Generasi Z: https://tirto.id/selamat-tinggal-generasi-milenial-selamat-datang-generasi-z-cnzX

Katadata.co.id. (2018, February 1). Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia.Retrieved from Katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/01/media-sosial-apa-yang-paling-sering-digunakan-masyarakat-indonesia

Published
2022-12-29
How to Cite
Syahputra, H. R., Meriza, I., Arianda, I., Hijrah, Junaidi, Khairina, U., & Tisa, M. (2022). Optimalisasi Media Sosial Pada Generasi Z Melalui Pelatihan Content Creator. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 114-119. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i2.1357
Section
Articles