Pelatihan Penyusunan Proposal Skripsi Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Tadulako

  • Rizqy Alfiyaty Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Israwati Suriady Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Stephanus Bo’do Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah, Indonesia
Keywords: Pelatihan, Proposal, Tugas Akhir

Abstract

Bentuk pelatihan yang dilakukan adalah terkait Penyusunan Proposal Skripsi bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako. Pengabdian ini bertujuan untuk (1) Menekan jumlah mahasiswa DO dan (2) Membantu mahasiswa agar lebih efektif dan efisien dalam penyusunan Tugas Akhir. Sasaran pelatihan ini adalah mahasiswa sejumlah 40 orang dari angkatan 2016-2019 pada Prodi Ilmu Komunikasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini direncanakan selama delapan satu hari yakni sejak bulan April hingga November tahun 2022. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilaksanakan secara tatap muka dengan mengedepankan Protokol Kesehatan yang ketat yaitu pembatasan jumlah peserta sebanyak 40 mahasiswa dan panitia sebanyak 4 orang, pembagian masker dan menyediakan handsanitiser. Teknis pelaksanaan adalah dengan pemberian materi terkait penyusunan proposal Skripsi hingga simulasi penyusunannya. Luaran yang diharapkan berupa publikasi di jurnal pengabdian lokal dan sertifikat yang diberikan kepada seluruh peserta agar dapat digunakan sesuai kebutuhan para mahasiswa tersebut. Kemudian dengan terlaksananya kegiatan ini dapat menunjang terkait percepatan lulusnya mahasiswa serta efektifnya dan efesiennya penyusunan agar lebih di pahami oleh mahasiswa. Hasilnya bisa dilihat dengan melihat beberapa mahasiswi bimbingngan dari ibu Rizqy Alfiyaty dapat menyelesaikan proposal skripsi dengan tepat waktu dan juga dengan target yang sudah ditentukan.

References

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya edisi kedua. Jakarta: Prenada Media Grup.

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif edisi kedua. Jakarta : Erlangga

Satori, D., & Komariah, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

https://www.kompasiana.com/farahmiyaa/5c29dfe0aeebe1336f09b0f1/perananmahasiswa- sebagai-kaum-intelektual-dan-wajah-organisasi-kemafar-uh

https://www.medcom.id/pilar/kolom/5b2lZr4K-plagiarisme-dalam-perspektif-etika-dan hukum.

https://pauddikmaskaltim.kemdikbud.go.id/bahan-belajar-model-pengenalan-konsep

http://monkp.if.its.ac.id/PanduanMONKP.pdf. Di Unduh pada tanggal 25 januari 2021. Pukul 14.00 wita

http://shiftindonesia.com/teknik-problem-solving-5-langkah-temukan-akar-masalahdengan- rca/

http://fisip.budiluhur.ac.id/wp-content/uploads/2009/09/PANDUAN-Skripsi-HI.pdf.

Published
2022-12-29
How to Cite
Alfiyaty, R., Suriady, I., & Bo’do, S. (2022). Pelatihan Penyusunan Proposal Skripsi Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Tadulako. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 102-108. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i2.1327
Section
Articles