Pelatihan Penulisan Kreatif Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar

  • Rena Juliana STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh, Indonesia
  • Reni Juliani Universitas Teuku Umar, Aceh, Indonesia
  • Asmaul Husna Universitas Teuku Umar, Aceh, Indonesia
  • Yuhdi Fahrimal Universitas Teuku Umar, Aceh, Indonesia
  • Cut Asmaul Husna Universitas Teuku Umar, Aceh, Indonesia
Keywords: Pelatihan Penulisan Kreatif, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Teuku Umar

Abstract

Keterampilan  menulis  yang bersifat  produktif  sangat  membantu  kesuksesan belajar dan karir seseorang. Penulisan kreatif adalah salah satu kegiatan yang di dalamnya menyediakan keterampilan menulis sehingga tulisan yang dihasilkan menjadi lebih menarik. Pelatihan ini melibatkan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar.Peserta diharapkan semakin meningkatkan kemauandan  kemampuannya  dalam  menulis sehingga peluang  untuk mempublikasikan hasil tulisan kreatif merekan baik secara cetak maupun online semakin terbuka. Pelatihan inidilakukan secara menarik dan menyenangkan dengan penggunaan media laptop dan LCD. Pelatihan ini menggunakan metode ceramah  juga dilengkapi  dengan  pelatihanyang dilakukan  dengan  cara penyampaian yang persuasif, diskusi dan praktik langsung yang dibagi menjadi tiga sesi, yakni imajinasi, fiksi dan ekspresi. Setelah dilakukan pelatihan terlihat adanya  peningkatan  kemampuan  dan kemauannya  khususnya  di  bidang pembuatan puisi dan cerita pendek yang tercipta dalam waktu sangat singkat.

References

Aziz, R. (2009). Karakteristik Pribadi Kreatif dan Kemampuan Menulis Kreatif. Anime, Indonesian Psychological Journal, 24(2), 116-123.

Creswell, J. W. (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson Education, Inc.

Djunaedi, Fajar. (2015). Menulis Kreatif: Panduan Penulisan Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kern, J. (1990). Implementation of new technology—The regulator’s perspective. SAE Technical Papers, 7, 5–9. https://doi.org/10.4271/902340

Nayla, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif dengan Strategi Analisis Model dan Strategi Kerja Berpasangan Bermuatan Konteks Sosial pada Mata Kuliah Pembelajaran Menulis Mahasiswa Angkatan 2016/2017 Universitas PGRI Semarang. TEKS: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 11-17. https://doi.org/10.26877/teks.v3i1.2780

Nursalim, Misbah Priagu., Risnawati, Eris., dan Mubarok, Zaki. (2020). Penulisan Kreatif. Banten: Unpam Press.

Okafor, Jennifer. (2021). “How to Get into a Creative Mindset & Develop Creativity”, https://www.trvst.world/mind-body/how-to-get-into-a-creative-mindset/, diakses pada 17 September 2022 pukul 12.00.

Utami, Ayu. (2021). Menulis dan Berpikir Kreatif. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Utami, Ayu dan Yulius, Tandyanto. (2020). Menulis Kreatif dan Berpikir Filosofis. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Wicaksono, Andri. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.

Yarmi, G. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa melalui Pendekatan Whole Language dengan Teknik Menulis Jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 8-16, https://doi.org/10.21009/PIP.281.2

Published
2022-12-29
How to Cite
Juliana, R., Juliani, R., Husna, A., Fahrimal, Y., & Husna, C. A. (2022). Pelatihan Penulisan Kreatif Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 81-90. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v1i2.1278
Section
Articles